Posted : 16 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Dewasa ini, keberadaan pintu garasi kayu kembali booming, bahkan mengalahkan pintu besi. Hal tersebut seolah menunjukkan, bahwa bahan alam tidak pernah ketinggalan zaman. Apapun kebutuhannya, material kayu memang dapat menyesuaikan tempat dan keadaan. Mau mengangkat desain mewah maupun minimalis, kayu mampu menghadirkan nilai artistik tersendiri.

Model Pintu Garasi Kayu Minimalis Sederhana

Tak hanya untuk furniture di dalam ruangan, material kayu juga sangat cocok diaplikasikan pada bagian outdoor, salah satunya garasi rumah. Garasi adalah tempat penyimpanan kendaraan, baik roda dua maupun empat yang menempel atau tak jauh dari rumah. 

Oleh karena itu, banyak orang yang menyematkan desain tersendiri, agar dapat menambah nilai seni pada bangunan utama atau rumah. Pada tema minimalis, gaya pintu garasi berbahan kayu berikut ini dapat menjadi pilihan tepat:

1. Pintu Garasi Dua Layer

pintu garasi kayu
Penggunaan dua layer untuk garasi

Model pintu garasi ini termasuk gaya baru, di mana ada dua buah pintu kayu yang menggantung pada bagian atas. Untuk membukanya, pemilik dapat mendorong pintu ke bagian samping. Selain sederhana dan praktis, model pintu dua layer juga tidak memakan banyak tempat.

2. Garasi Letter L

Sesuai dengan namanya, pintu garasi yang satu ini menyerupai huruf L. Bukan daun pintunya, melainkan rel untuk membuka dan menutup pintu. Pemilik rumah dapat mendorongnya begitu saja untuk membuka pintu dan tinggal ditarik untuk menutup kembali. 

3. Pintu Garasi dari Atas ke Bawah

pintu garasi kayu
Model pintu garasi secara vertikal

Pernah melihat pintu garasi yang buka-tutupnya dengan cara ditarik ke atas maupun bawah? Ya, model ini sebenarnya sudah gaya lama, tetapi rata-rata terbuat dari besi atau yang biasa disebut rolling door.

Saat ini, ada pintu garasi dari atas ke bawah, tetapi menggunakan material kayu berkualitas. Pemilik tinggal menggeser daun pintu ke atas atau bawah untuk membuka maupun menutupnya. Cukup unik, bukan?

4. Membuat Pintu Horizontal

Tak hanya besi, bahan kayu pun dapat dimanfaatkan untuk membuat pintu garasi dengan pola horizontal. Selain bernilai seni tinggi, gaya ini juga dapat menambah kesan rumah yang luas. Pilihlah warna yang kontras dan cerah untuk memperkuat look tersebut.

5. Pintu Garasi Minimalis Satu Pintu

Dari namanya saja sudah ketahuan, jika model pintu garasi yang satu ini sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis. Selain tidak memerlukan banyak lahan untuk membuka garasi, gaya yang satu ini juga membuat rumah tampak lega dan elegan. 

6. Penggunaan Konsep Sliding

pintu garasi kayu
Konsep pintu yang bisa digeser

Gaya berikutnya yang tak kalah menarik, yakni pintu garasi sliding. Model ini juga sangat cocok untuk hunian minimalis, karena daun pintu cukup digeser lurus ke arah samping. Sedikit berbeda dengan model letter L yang relnya akan berbelok, sehingga menyerupai huruf L.  

7. Pintu Garasi Lipat Berengsel

Gaya pintu garasi yang satu ini memanfaatkan engsel yang menyatukan bilah-bilah daun pintu sebagai jalur buka dan tutup. Untuk rumah minimalis, mungkin bilahan kayunya dapat dibuat sedikit lebih kecil, agar tidak memakan banyak tempat. 

Kabar baiknya, pintu garasi lipat ini terus mengalami perkembangan, sehingga banyak inovasi yang bermunculan, seperti pintu garasi berventilasi. Pada gaya ini, daun pintu sengaja dibuat berlubang sebagai tempat pertukaran udara atau ventilasi.

Ada juga yang memadukannya dengan sedikit kaca, agar garasi bagian dalam memperoleh lebih banyak penerangan atau cahaya. Hanya saja, untuk buka dan tutupnya tetap menerapkan cara lipat. 

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, banyaknya model pintu garasi kayu pada lahan terbatas memang sangat menggiurkan. Satu hal yang harus diperhatikan, pastikan Anda menggunakan kayu terbaik. Meski harus mengeluarkan lebih banyak dana, tetapi hasilnya akan jauh lebih memuaskan dan tahan lama. 

Baca Juga : »