Posted : 17 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Saat membuat sebuah hunian untuk rumah tinggal atau mendirikan bangunan untuk sebuah tempat kerja, kenyamanan adalah yang paling utama. Pemilihan lantai harus dipertimbangkan dengan baik untuk bisa mendapatkan kenyamanan yang diharapkan. Jenis lantai motif kayu adalah salah satu material yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih lantai sebuah bangunan.

Lantai kayu memang bisa memberikan kesan lebih hangat pada hunian, namun sayangnya perawatannya sedikit susah. Jenis lantai yang menggunakan bahan material kayu asli saat diinjak akan berderit, tidak tahan dengan air, serta mudah terserang kutu kayu. 

Lantai Motif Kayu Terbaik yang Bisa Dipilih 

Jadi sebagai solusi pengganti lantai kayu solid adalah menggunakan lantai motif kayu. Lantai dengan motif kayu tersebut tidak menggunakan material dari kayu asli jadi bisa lebih mudah perawatannya namun tetap terlihat sangat mirip dengan lantai kayu yang asli. 

1. Lantai Motif dari Keramik

lantai motif kayu
Memilih motif dari keramik

Lantai dari bahan keramik tentu sudah tidak asing lagi. Bahan keramik memang cocok digunakan di daerah tropis karena bisa memberikan kesan sejuk. Keramik sendiri mudah sekali dibersihkan dan tidak menyerap debu maupun air jadi awet. Keramik sendiri cenderung keras dan dingin saat diinjak jadi untuk daerah yang dingin kurang cocok menggunakan lantai keramik ini. 

Meski lantai keramik ada motif kayu yang bisa dipilih untuk menghadirkan kesan hangat seperti lantai kayu asli. Motifnya tidak kalah cantik dengan lantai kayu yang asli. Jadi meski terbuat dari keramik saat dipasang tetap terlihat seperti lantai dari kayu.

2. Menggunakan Lantai Vinyl

Selain keramik ada jenis lantai lain yang juga memiliki motif kayu yaitu lantai vinyl. Vinyl adalah bahan sintetis yang terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride atau dikenal dengan istilah PVC. Lantai jenis ini mulai banyak peminatnya karena pemasangannya lebih mudah daripada lantai keramik. Perawatannya juga lebih mudah serta ketahanannya pada air juga bagus. Dilihat dari segi harga pun lantai ini juga lebih murah dari lantai keramik.

Lantai vinyl ini memang motifnya didominasi dengan kayu. Saat dipasang lantai ini terlihat sangat mirip dengan aslinya. Seolah lantai yang digunakan adalah lantai dari bahan kayu asli. Keunggulan dari lantai jenis ini adalah pemasangannya yang mudah, harga murah, dan perawatan yang tidak ribet. Tidak heran jika semakin banyak orang yang tertarik menggunakan lantai vinyl dengan motif kayu.

3. Lantai Parket

lantai motif kayu
Menggunakan jenis lantai motif parket

Selanjutnya ada jenis lantai parket yang memang terbuat dari kayu asli namun disusun sedemikian rupa dan memiliki pelindung. Lantai ini saat dipasang juga memberikan kesan yang sangat natural. Ruangan terlihat lebih alami karena ada unsur kayu dari paket tersebut. 

Untuk memasang lantai ini harus memiliki keahlian khusus sehingga pemasangannya bisa baik. Lantai ini mudah dibersihkan dan terbuat dari bahan non allergen, serta tahan lama. Hanya saja kurang cocok diletakkan di ruangan yang lembab karena lantai ini tidak tahan dengan kelembaban yang tinggi.

4. Sticker Motif Kayu

Cara lain untuk menggantikan lantai kayu asli adalah sticker. Coba pilih sticker lantai yang motifnya kayu. Saat dipasang tentu orang akan mengira itu adalah kayu asli. Selain mudah dijumpai, stiker lantai ini juga murah dan mudah sekali pemasangannya. Meski berbentuk stiker, tetap tahan air dan juga anti gores. Hanya saja lantai ini mudah robek dan tidak tahan cuaca. Cocok digunakan di dalam ruangan.

Nah, itu dia lantai motif kayu yang bisa dijadikan pengganti lantai kayu asli yang perawatannya sedikit susah. Beberapa jenis lantai lain yang memiliki motif kayu di atas mudah dijumpai dan perawatannya jauh lebih mudah.

Baca Juga : »