Posted : 15 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Banyak orang tertarik pada desain rumah mezzanine yang selain tampak unik, juga memiliki keunggulan dari sisi pemanfaatan  ruang secara lebih optimal. Tipe desain mezzanine yang minimalis dan terkesan modern dapat membuat hunian sempit jadi punya ruang tambahan.

Mezzanine adalah semacam balkon terbuka dalam ruangan yang posisinya terletak di antara lantai dan langit-langit dengan luas hanya sepertiga dari keseluruhan ruangan. Memperhitungkan posisi tinggi mezzanine harus memperhatikan agar penghuni tetap dapat berdiri tegak.

Inspirasi Model Desain Rumah Mezzanine Modern dan Minimalis

Fungsi utama dari penerapan mezzanine adalah untuk menambah ruangan, tanpa harus membuat lantai bertingkat tambahan. Biayanya menjadi lebih murah dan tidak perlu melakukan perombakan terhadap rumah. Sebagai inspirasi modelnya, silakan simak desain berikut ini.

1. Ruang Keluarga Minimalis di Atas Dapur

rumah mezzanine
Kombinasi ruang keluarga dan dapur

Inspirasi yang pertama adalah membuat mezzanine di dapur. Penerapannya adalah meletakkan dapur dan ruang makan di lantai utama, sedangkan mezzanine berfungsi sebagai ruang keluarga. Pemilihan materialnya bisa menggunakan rangka baja yang tergolong kuat dan mudah dipasang.

Untuk mempertahankan kesan minimalis, pagar mezzanine didesain menggunakan besi ringan dan modelnya hanya teralis sederhana saja. Pilih cat warna putih atau warna-warna terang yang serasi dengan desain dapur. Agar lebih simpel, ruang keluarga ini bisa dibuat lesehan dengan banyak bantal empuk besar yang nyaman.

2. Ruang Kerja Modern 

Ide selanjutnya untuk rumah bergaya modern adalah membuat rumah mezzanine di atas ruang keluarga. Mezzanine ini nantinya dapat berfungsi sebagai perpustakaan, sekaligus ruang kerja. Pencahayaan optimal sangat diperlukan oleh ruangan ini, sehingga perlu jendela horizontal di sepanjang ruangan.

Bantuan lampu tambahan juga sangat perlu, sehingga saat membaca akan terasa nyaman. Pilihannya jatuh pada lampu baca dengan bahan logam berkaki panjang yang bisa diletakkan di sudut mezzanine. Agar tidak terkesan penuh, sebaiknya membuat rak buku built in pada dindingnya. 

3. Ruang Bermain di Atas Kamar Tidur

rumah mezzanine
Kombinasi tempat bermain dan kamar

Kamar tidur anak tidak terlalu luas, sementara tidak ada ruangan lain di rumah untuk tempat mereka bermain? Penerapan konsep rumah mezzanine sebagai ruang bermain bisa menjadi solusi yang tepat. penggunaan bahan kayu dengan finishing halus akan membuat ruangan semakin menyenangkan.

Pastikan memilih pagar dengan tinggi ideal, sehingga dari segi keamanan lebih terjamin. Hindari menggunakan furnitur yang tinggi. Pilih rak kayu rendah untuk menyimpan mainan anak. Apabila berfungsi sebagai ruangan bermain game, letakkan monitor dan console game pada rak kayu built in.

4. Walk in Closet di Atas Tempat tidur

Konsep rumah mezzanine juga bisa berfungsi sebagai walk in closet yang bisa diterapkan pada sisi berbeda dari posisi tempat tidur. Cara ini membuat kamar tidur terasa lebih lapang tanpa ada perabotan lain. Tak perlu menggunakan lemari pada mezzanine. Sebaliknya, gunakan gantungan baju dan rak pakaian minimalis dari logam ringan untuk memberikan kesan modern. 

Tambahkan cermin besar agar memudahkan saat ingin melihat keseluruhan penampilan. Pilih cermin dengan bingkai logam dan sudut melengkung agar tampak luwes. Sebagai tambahan privasi, gantungkan tiang besi untuk kamar pas. Pilih tirai dengan warna terang dan motif geometris untuk menambah kesan trendi.

5. Ruang Hobi dengan Desain Minimalis

rumah mezzanine
Membuat ruangan khusus hobi dengan desain minimalis

Mezzanine yang terletak pada ruang keluarga juga bisa dijadikan tempat untuk melakukan hobi. Misalnya ruangan untuk melukis, merajut, ataupun tempat meletakkan perangkat streaming Youtube. Agar tampak modern, pilih furnitur berbahan logam. Tambahkan hiasan dengan pigura logam di sepanjang dinding.

Itulah tadi empat ide model desain rumah mezzanine yang minimalis dan modern. Hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan pencahayaan dan ventilasi ruangan. Selain itu, sebaiknya memilih furniture yang simple dan fungsional agar ruangan mezzanine tidak terkesan sumpek. 

Baca Juga : »