Posted : 19 Sep 2020
Category :
Baca Juga : «

Kayu merupakan salah satu benda yang memiliki banyak kegunaan. Kayu biasanya digunakan untuk bahan bangunan, bahan furniture dan sebagainya. Alasan penggunaan kayu dikarenakan mempunyai tampilan alami dan memberikan kesan elegan. Namun, seiring berjalannya waktu keberadaan kayu berkualitas semakin terbatas. Jika ada harga jualnya juga sangat mahal. Kondisi seperti ini mendorong terciptanya bahan alternatif yang bernama kayu sintetis atau kayu komposit. 

8 Fakta Kayu Sintetis Beserta Ciri-Cirinya

1. Diproduksi Secara Massal

Kayu sintetis merupakan kayu buatan yang bahan baku pembuatannya didominasi oleh semen. Perlu diketahui jika kayu buatan ini diproduksi secara massal sehingga memiliki bentuk yang seragam. Menariknya lagi, ada beberapa kayu jenis ini yang sengaja dibentuk sedemikian rupa untuk keperluan tertentu. 

2. Memiliki Ukuran yang Lebar 

kayu sintetis
Cenderung lebih tahan rayap dan jamur

Kayu buatan ini memiliki ukuran relatif besar dibandingkan dengan kayu alami yang banyak dijual di pasaran. Ukurannya yang lebar akan mempermudah dalam proses pemasangannya. Jika ingin membuat perabotan dengan desain dan bentang yang lebar maka bisa memilih kayu buatan ini. 

3. Memiliki Warna yang Menarik

Supaya memiliki tampilan yang menarik dan tidak kalah dengan tampilan kayu lainnya, kayu sintetis di cat menggunakan warna alami. Hal ini tentu sangat menguntungkan penggunanya karena tidak perlu melakukan finishing lagi. Tanpa finishing furniture yang dihasilkan sudah sangat cantik.

4. Tahan dari Rayap dan Jamur 

kayu sintetis
Cenderung lebih tahan rayap dan jamur

Fakta lainnya yang perlu diketahui dari kayu ini adalah lebih tahan dari serangan rayap dan juga jamur. Serangan rayap dan jamur pada kayu biasanya akan membuatnya mudah keropos dan lapuk. Namun, kondisi ini tidak akan terjadi jika menggunakan kayu sintetis. 

5. Memiliki Tekstur yang Halus 

Kayu sintetis tidak hanya bisa digunakan untuk bahan bangunan maupun bahan furniture, tetapi juga bisa digunakan untuk dijadikan lantai rumah. Pemilihan kayu ini dikarenakan memiliki tekstur yang halus. Tekstur halus yang dimilikinya bisa dirasakan ketika dipijak. Penggunaan kayu ini untuk lantai tidak hanya membuat nyaman tetapi juga bisa membuat ruangan rumah terlihat semakin menawan dan menarik.

6. Lebih Awet dan Tahan Lama 

kayu sintetis
Cenderung lebih awet dan tahan lama

Dikarenakan tahan dari serangan jamur maupun rayap membuat kayu ini lebih awet dan tahan lama jika diolah menjadi benda yang berguna. Kayu ini tidak hanya tahan dari serangan jamur dan rayap tetapi juga tahan dari kelembaban sehingga tidak membuatnya mudah lapuk.

7. Bentuknya Tidak Mudah Berubah  

Saat musim hujan tiba, ukuran kayu akan bertambah lebar. Sedangkan saat musim kemarau justru akan menyusut. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya kandungan pori-pori air di dalam kayu. Namun, ini semua tidak akan terjadi jika menggunakan kayu sintetis. Alasannya karena kadar airnya sangat rendah. Maka dari itu, pengguna kayu ini tidak perlu khawatir kayu mengalami perubahan bentuk.

8. Harganya Lebih Terjangkau 

Seperti yang diketahui jika permintaan kayu yang berkualitas terus mengalami peningkatan. Permintaan yang terus meningkat tidak disertai dengan ketersediaannya. Fakta inilah yang kemudian membuat harga kayu semakin mahal. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan keberadaan kayu sintetis. 

Kayu buatan tersebut bisa dijadikan alternatif untuk bahan pembuatan furniture maupun lantai. Keindahan produk furniture dan lantai yang dihasilkan juga sangat cantik. Harga kayu tersebut di pasaran lebih terjangkau. 

Nah itulah 8 fakta kayu sintetis dan ciri-cirinya. Diharapkan dengan adanya penjelasan diatas pembaca menjadi lebih mengenal kayu buatan tersebut. Meski buatan kayu tersebut memiliki banyak manfaat.  

Baca Juga : »