Posted : 20 Sep 2020
Category :
Baca Juga : «

Memiliki hunian yang nyaman menjadi impian banyak orang. Salah satu hunian yang saat ini begitu diminati masyarakat adalah rumah minimalis yang terbuat dari bahan dasar kayu. Rumah kayu minimalis yang terbuat dari kayu terlihat begitu unik dan sederhana. Hunian yang terbuat dari kayu memang identik dengan rumah jaman dulu. Meski begitu bukan tidak mungkin memadukannya dengan desain rumah yang modern. 

Inilah 5 Tips Membangun Rumah Kayu Minimalis 

1. Memilih Lokasi yang Tepat

rumah kayu minimalis
Pilihlah lokasi untuk membangun yang tepat

Tips pertama yang harus dilakukan ketika akan membangun rumah adalah menentukan lokasi yang tepat. Membangun rumah yang terbuat dari kayu tidak bisa dibangun di sembarangan tempat. Jika lokasi yang sudah ada dirasa kurang cocok untuk konstruksi yang berasal dari kayu sebaiknya memilih lokasi lainnya.

Sangat tidak disarankan membangun rumah kayu minimalis di daerah yang dekat dengan laut atau tepi laut. Alasannya karena rumah yang dibangun memiliki potensi untuk rusak di kemudian hari. terlebih di daerah tersebut anginnya cukup besar.

2. Menghitung Kebutuhan Kayu yang Dibutuhkan 

Membangun rumah dengan bahan dasar kayu pastinya membutuhkan kayu yang jumlahnya tidak sedikit. Kebutuhan kayu yang dibutuhkan sebaiknya dihitung sejak awal karena berpengaruh pada anggaran yang harus dipersiapkan. Jika seluruh konstruksi rumah terbuat dari kayu tentu memerlukan detail dan rinciannya.

Jika ingin membangun rumah dengan kombinasi kayu juga tidak masalah karena jumlah kayu yang harus dipersiapkan tidak banyak. Pemilik rumah bisa menggunakan bahan pendukung lainnya untuk kombinasi, seperti bambu, rotan dan sebagainya. Perpaduan kayu dengan bahan lainnya akan tetap membuat rumah terlihat begitu unik dan menarik.

3. Membuat Rencana Anggaran 

rumah kayu minimalis
Buatlah rencana anggaran yang tepat

Saat membangun rumah diharuskan untuk membuat rencana anggaran. Hal ini dilakukan supaya memiliki perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Perlu diketahui saat membangun rumah tidak hanya mengeluarkan uang untuk bahan baku saja tetapi juga untuk kebutuhan lainnya, seperti membayar tukang. 

Jika belum memiliki desain rumah pastinya akan meminta bantuan yang ahli di bidang tersebut. Pastinya ini akan menambah pengeluaran. Maka dari itu, diharuskan untuk membuat rencana anggaran yang lebih rinci dan detail. 

4. Membuat Sketsa atau Gambar Rumah 

Salah satu bagian penting saat membangun rumah kayu minimalis adalah membuat sketsa atau gambar. Sketsa atau gambar nantinya akan menjadi acuan ketika realisasi pembangunan rumah. Untuk membuat sketsa atau gambar bisa meminta bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut supaya hasilnya bisa maksimal. 

Keberadaan sketsa atau gambar tersebut juga mempengaruhi hasil akhir bangunan rumah. Maka dari itu, buatlah sketsa atau gambar dengan sangat jelas supaya rumah impian benar-benar terwujud. Selain itu, keberadaan sketsa atau gambar bisa menjadi acuan anggaran yang diperlukan dan ketersediaan kayu yang dibutuhkan.

5. Memperhatikan Konstruksi Kayu 

rumah kayu minimalis
Perhatikan konstruksi kayu yang tepat

Sebelum proses pembangunan rumah kayu minimalis dilakukan berarti harus mempersiapkan kayu kang dibutuhkan. Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan, seperti kayu jati, mahoni, ulin, dan sebagainya. Biasanya sebelum diolah kayu-kayu tersebut terlebih dahulu akan diawetkan. 

Cara mengawetkannya yaitu dengan merendamnya atau dicat pada bagian permukaan kayunya. Tujuan dari cara ini adalah supaya kayu yang digunakan menjadi lebih aman dari serangan rayap dan pelapukan.

Nah itulah 5 tips membangun rumah kayu minimalis. Sangat disarankan sebelum membangun rumah impian untuk terlebih dahulu mempersiapkan perencanaan dengan baik, terutama anggaran yang dibutuhkan. Jenis kayu dan kebutuhan kayu yang dibutuhkan juga harus dipersiapkan sejak awal. 

Baca Juga : »