Posted : 08 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Ada banyak style atau gaya dari arsitektur di seluruh dunia, beberapa di antaranya memang spesifik di daerah atau Negara tertentu dan beberapa juga dicontoh serta dipakai oleh orang di seluruh dunia. Salah satunya adalah model rumah minimalis Eropa klasik. 

Tipe rumah ini banyak disukai orang dan diadaptasikan oleh perancang bangunan di seluruh dunia. Akan tetapi, mengingat ‘rasa’ lokal yang diberikan kadang mampu membuat esensi dari klasik ala Eropanya hilang, beberapa ciri atau kriteria berikut ini bisa menjadi gambaran bagaimana style aslinya.

10 Ciri Desain Model Rumah Minimalis Eropa Klasik

Ciri-ciri berikut ini semacam pakem atau aturan dasar dalam mendefinisikan sebuah rumah apakah masuk sebagai rumah minimalis Eropa klasik atau tidak. Bagi Anda yang tertarik dengan gaya klasik nan unik ini, mari amati ciri berikut ini. 

1. Pintu Lebar

rumah minimalis eropa klasik
Ciri khas pintu lebar yang dimiliki rumah Eropa

Kriteria ini sangat khas, karena pintu lebar ini wajib ada. Meski  ada pintu lain, tetap haru ada satu yang paling lebar, besar dan tinggi.Pintu ini menjadi pintu utama, dan dapat didukung dengan ornamen-ornamen atau furniture khas Eropa klasik. Misalnya saja penggunaan hiasan atap khas Eropa atau pot-pot besar di samping pintu  tersebut. 

2. Ada Balkon

Satu hal yang menjadi ciri dari model ini adalah penggunaan balkon di setiap kamar atau ruang pada lantai atas. Selain itu, balkon juga berukuran mungil, tapi tetap cantik dengan sentuhan pagar besi khas gaya Eropa klasik.

3. Permukaan Dinding Natural

Jika bukan bata, maka bisa kayu atau batu. Penonjolan tekstur natural menjadi daya tarik tersendiri, karena ciri khasnya ada di sana. Permukaan dinding yang cantik dengan tonjolan serat asli batu bata atau kayu papan dan juga bisa batu. 

4. Bentuk Atap Miring dan Tinggi

rumah minimalis eropa klasik
Model atap yang miring dan tinggi khas Eropa

Atap yang tinggi dan miring, seperti rumah di Indonesia kebanyakan menjadi ciri gaya Eropa klasik ini. Hanya saja. Di ujung atap tidaklah memanjang seperti di sini, ada beberapa penambahan dan juga bentuk rangka yang berbeda. 

5. Memiliki Cerobong Asap

Meski nanti tidak banyak dipakai, tapi penggunaan cerobong asap menjadi khasnya model rumah minimalis Eropa klasik ini. Bisa juga hanya sebatas ornamen atau berfungsi sebagai pemanggang dari dapur atau ruang keluarga. 

6. Jendela Besar dan Tinggi atau Panjang

Jendela terbuka, dalam artian tidak hanya tersekat kaca, tetapi bisa dibuka total dan memasukkan udara dari luar ke rumah. Bentuknya haruslah besar, dalam artian ya lebar juga tinggi. 

7. Facade Detail

Ciri ini menjadi paling menonjol, karena fasad yang detail entah dengan ornamen atau kedatarannya. Jadi penampakan rumah secara menyeluruh baik bagian depan atau belakang atau samping, itu kalau ditarik garis lurus terlihat datar. Sedangkan ornament atau detailnya, memiliki ciri yang satu sama lain. 

8. Halaman Asri

rumah minimalis eropa klasik
Memiliki halaman yang terlihat asri dan luas

Halaman yang hijau dan rindang, menjadi ciri pelengkap rumah gaya Eropa klasik ini. Penempatan rumput yang rapi dan mengisi halaman baik depan atau belakang, haruslah diperhatikan agar kesan Eropanya dapat.

9. Pilar Besar

Hal yang menonjol dari bentukan rumah ini adalah keberadaan pilar-pilar besar yang menyokong rumah. Terutama di bagian pintu depan dan jendela-jendelanya. Ada pilar besar yang kokoh dan megah. 

10. Warna Natural

Wajib sekali ini, memilih warna natural. Seperti putih, merah bata, coklat tanah, abu muda dan sejenisnya. Jangan pilih warna menyala, agar nuansa Eropa klasiknya tetap ada. 

Demikianlah sepuluh ciri dari rumah minimalis Eropa klasik. Anda dapat mengadaptasi gaya ini pada rumah impian dengan tetap meninggalkan 10 ciri tersebut di atas. Sisanya? Tentu saja Anda dapat mengadaptasikan dengan kondisi geografis maupun kenyamanan Anda secara personal. Rumah adalah tempat ternyaman dan menjadi tempat untuk pulang, jadi tidak ada salahnya membuatnya senyaman mungkin meski memiliki model yang tidak seperti milik tetangga. 

Baca Juga : »