Posted : 25 Aug 2020
Category :
Baca Juga : «

Cara mengecat kayu agar mengkilap memang terlihat mudah, namun pengaplikasiannya pun cukup rumit bila belum mengerti trik maupun tipsnya. Hal ini pun juga dikhususkan pada furniture yang berbahan kayu, karena ada hal yang perlu diperhatikan secara sempurna. Mulai dari tahap awal pemilihan cat sampai dengan tahap akhir, disertai pula perawatannya agar tahan lama.

Ada sebab mengapa Anda sangat perlu memperhatikan jenis ataupun merk cat, yang digunakan ketika sebelum melakukan proses pengecatan kayu. Salah satu sebabnya yakni, bila Anda sampai salah memilih cat maka tips dan trik yang diberikan pun bisa sia-sia begitu saja. Dengan begitu, maka waktu yang terbuang pun tidak membuahkan hasil bukan? Maka disarankan untuk membeli cat ini khusus di toko terpercaya dengan reputasi baik, ya!

Beberapa Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap yang Mudah Dipahami

Proses mengecat kayu ini pun terdiri dari langkah dasarnya, mengamplas halus kayu, memakai dan mengaplikasikan cat dasar, pemakaian pernis ataupun plitur, sampai dengan cara merawatnya agar tidak cepat rusak. Semua akan dibahas sebagai berikut!

1. Mengetahui Tips Dasar pada Umumnya

cara mengecat kayu agar mengkilap
Persiapkan berbagai bahan untuk mengecat

Cara mengecat kayu agar mengkilap yang pertama adalah ketahui trik dan tips pada umumnya, contohnya saja bila Anda hendak mengecat tembok, maka tutupilah benda serta furniture di bawahnya dengan kain, plastik, koran dan lain-lain.

Sama halnya pula dengan mengecat kayu, maka Anda harus menyiapkan sapu untuk membersihkan debu, kuas untuk mempermudah proses pengecatan, serta alat lainnya yang memang diperlukan.

2. Proses Gerinda dan Penggunaan Amplas

Proses dari cara mengecat kayu agar mengkilap yang satu ini, diakui cukup sulit. Sehingga disarankan untuk dilakukan oleh ahlinya jika Anda belum memahami dengan benar. Sebab bila kayu sudah di gerinda, maka proses pengecatan pun akan terasa lebih mudah dan mulus.

Namun bila memang tidak di gerinda, maka Anda bisa memakai cara alternatif lain seperti penggunaan kertas amplas. Sebab kertas amplas ini tidak bisa diremehkan, karena memiliki keunggulan tersendiri, yakni bisa dipakai untuk cat dengan lapisan yang tipis sekalipun. Di bagian ini, pilihlah kertas amplas yang cukup tebal supaya cat lama yang menempel mudah mengelupas.

3. Aplikasikan Cat Dasar dan Utama pada Kayu

cara mengecat kayu agar mengkilap
Jangan lupa memberikan cat dasar pada kayu terlebih dahulu

Cara mengecat kayu agar mengkilap berikutnya adalah bagian inti dari proses pengecatan. Jadi bila Anda menginginkan hasil maksimal untuk warna, maka jangan lupa untuk aplikasikan cat dasar terlebih dahulu sebelum cat utama pada kayu. Bagian cat dasar diakui cukup penting, apalagi bila Anda ingin merubah total warna yang menempel pada kayu sebelumnya.

Bisa dimisalkan pada cat dasar ini, Anda memilih warna putih, lalu untuk cat utamanya pilihlah yang kandungannya berbahan dasar minyak atau air. Tetapi perlu diingat, bahwa kedua cat ini pun tergantung pula dari jenis kayunya. Ada baiknya Anda pun mencari tahu terlebih dahulu.

4. Langkah Terakhir, Gunakan Pernis

Cara mengecat kayu agar mengkilap yang terakhir, pakailah pernis bila diperlukan. Memang bukan hal yang wajib, namun dengan menambahkan pernis pasti kayu pun akan semakin bagus dan mengkilap dari sebelumnya. Tambahkanlah pernis, saat Anda sudah memastikan bahwa cat benar-benar kering, dan lakukan dengan memakai kuas mulai 1-2 kali pengolesan.

5. Cara Perawatannya

cara mengecat kayu agar mengkilap
Merawat dan mempertahankan warna cat pada kayu

Cara perawatan kayu ini terbilang susah-susah gampang, karena Anda perlu memperhatikan tingkat kelembaban tempat, supaya cat tidak mudah rusak. Serta jangan pula di tempat yang terlalu terkena sinar matahari langsung, karena bisa memudarkan cat. Lalu sempatkan waktu untuk membersihkan debu yang menempel secara teratur.

Sekian penjelasan terkait cara mengecat kayu agar mengkilap serta perawatan inti, yang bisa dilakukan untuk membuat kayu awet. Semoga membantu Anda yang sedang mencarinya!

Baca Juga : »