Posted : 25 May 2021
Category :
Baca Juga : «

Cara mendempul kayu haruslah Anda pahami, karena hal ini sangat penting. Jika terdapat kerusakan kayu pada bagian rumah Anda, seperti kusen dan yang lainnya, Anda bisa memperbaiki dengan mendempulnya. Tidaklah sulit untuk melakukan perbaikan tersebut, tinggal memanggil tukang dan menyiapkan segala peralatannya.

Namun tentunya Anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar tukang tersebut. Tapi beda lagi jika memiliki skill tersendiri, maka perbaikan tersebut bisa dilakukan sendiri sehingga bisa mengurangi biaya untuk membayar tukang.

Anda tinggal membeli peralatan yang dibutuhkan, asal mengikuti semua langkah dengan benar pasti kayu dapat di dempul sempurna. Agar mendapatkan hasil dempul yang sempurna jangan lupa untuk mengamplas terlebih dahulu bagian yang keropos tersebut.

Cara Mendempul Kayu Yang Benar

Berikut langkah-langkah dalam mendempul kayu yang bisa dipakai agar bagian yang keropos dapat tertangani. Lakukan setiap langkah dengan benar, agar nantinya dapat menghasilkan dempulan yang sempurna.

1. Pakailah Amplas Yang Sesuai

cara mendempul kayu
Memilih amplas yang sesuai dengan kayu

Sebelum melakukan pendempulan pada kayu yang keropos, Anda harus mengamplas bagian yang keropos tersebut. Siapkan dua jenis amplas yaitu amplas nomor 180 dan amplas nomor 240. Keduanya merupakan amplas yang bagus digunakan.

2. Siapkan Alat Untuk Mendempul Kayu

Selain amplas, Anda juga harus menyiapkan peralatannya lainnya, yaitu balok kayu dan juga bahan untuk pendempul kayu. Anda bisa mendapatkannya semua bahan tersebut di toko-toko bahan bangunan terdekat.

3. Pastikan Permukaan Kayu Bersih dan Halus

cara mendempul kayu
Memastikan permukaan kayu sudah benar-benar bersih dan halus

Sebelum melakukan pendempulan, Anda harus memastikan terlebih dahulu permukaan kayu yang akan di dempul sudah bersih dan kering. Pastikan juga permukaan kayu tersebut dalam keadaan halus. Untuk mendapatkan kayu dalam keadaan sedemikian rupa, maka Anda harus melakukan pendempulan pada seluruh permukaan kayu. Lakukan pengamplasan awal dengan menggunakan amplas kasar, yaitu amplas nomor 180. 

Apabila sudah selesai melakukan pengamplasan, jangan lupa untuk membersihkan serbuk amplasnya. Karena serbuk amplas yang menempel akan menjadikan pendempulan susah untuk masuk mengisi pori-pori dari kayu tersebut.

4. Aplikasikan Bahan Dempul Kayu Dengan Tipis

Ratakan bahan untuk mendempul yang Anda beli dengan menggunakan pisau scrape. Ratakan ke seluruh permukan kayu secara merata. Lakukan dengan tipis-tipis, jangan terlalu tebal. Tunggulah sampai kering (kira-kira 20 menit). 

Lakukan pengeringan tanpa dengan menjemurnya pada matahari. Jika sudah, maka amplas lagi bagian tersebut dengan amplas nomor 240. Sebaiknya ketika melakukan pengamplasan, dengan menempelkan amplas pada balok kayu, sehingga akan rata hasilnya ketimbang menggunakan tangan.

5. Cek Kembali Hasil Dempulan

cara mendempul kayu
Selalu cek kembali hasil dempulan yang sudah dilakukan

Cara mendempul kayu ditutup dengan mengecek kembali hasil dempul yang sudah dilakukan. Saat selesai melakukan pendempulan, nanti akan terlihat serat-serat kayunya. Namun jika masih kelihatan banyak lubang-lubang, lakukan pengisian kembali. Caranya yaitu dengan melakukan pendempulan memakai pisau scrape dan ulangi langkah nomor 4 di atas.

Apabila nanti kayu yang didempul sudah kering dan pengamplasan sudah selesai, barulah bisa melanjutkan ke langkah pewarnaan. Pilih warna sesuai dengan selera Anda, atau bisa juga hanya dengan plitur saja, jadi warna dari serat kayu tetap utuh.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilihlah bahan yang mempunyai tarikan panjang ketika diratakan dengan pisau scrape. Hal tersebut bertujuan agar supaya tidak terjadi cracking jika sudah kering. Tanda bahwa dempul masuk sempurna ke dalam pori-pori di dalam kayu yaitu ketika dilakukan pengamplasan maka terasa mudah.

Bagaimana, gampang bukan cara mendempul kayu? Anda bisa mengikuti alur langkah di atas supaya hasil dempulnya bisa maksimal dan sempurna. Pastikan memilih bahan produk dempul dengan ciri yang telah disebutkan. Anda dapat bertanya kepada tukang yang sudah ahli atau di toko bangunan, bahan dempul apa yang kualitasnya bagus. 

Baca Juga : »