Posted : 14 Dec 2020
Category :
Baca Juga : «

Membangun rumah terapung di atas sungai bisa jadi ide yang sangat bagus untuk mengatasi kurangnya lahan pembangunan yang tersedia. Di Indonesia sendiri, tepatnya di Kalimantan Selatan yang terkenal dengan julukan seribu sungai sudah lazim ditemui rumah apung yang dibangun berjajar di bantaran sungai.

Tidak hanya di Indonesia, rumah dengan konsep terapung juga bisa didapati di beberapa negara seperti contohnya di Belanda, mengingat luas wilayah negara tersebut yang terbilang tidak luas untuk mengakalinya mereka membangun rumah apung sebagai pemukiman. Konsep rumah apung ini juga diadopsi banyak negara, yuk intip beberapa desain model rumah terapung yang cantik dan unik berikut.

Inilah 5 Desain Model Rumah Terapung dari Berbagai Negara

1. Desain Rumah Exbury Egg

rumah terapung
Inspirasi rumah apung seperti bentuk telur

Jika dilihat rumah ini terlihat sangat unik, rumah ini didesain oleh orang bernama Stephen Turner. Rumah ini berbentuk seperti telur dengan bentuk atap dan alas seperti perahu. Selain itu juga rumah Exbury Egg ini memiliki mesin boat di dalamnya, sehingga memungkinkan untuk berpindah-pindah tempat dengan sesuka hati. Stephen Turner membuat rumah dengan gaya terapung ini dengan fungsi lain yaitu sebagai studio sungguh sangat inovatif bukan. Tujuan dia membuat rumah ini karena dirinya ingin bereksperimen untuk merasakan hidup yang minimalis.

2. Desain Muskoka Boathouse

Jika pada kebanyakan rumah umumnya memiliki garasi mobil di depannya, berbeda dengan rumah satu ini. Muskoka Boathouse memiliki ruangan khusus untuk menyimpan perahu dan boat di dalamnya. Rumah ini dirancang oleh Christopher Simmonds yang dibangun di tepi danau Muskoka di Ontario, Kanada. Sebagian besar struktur bangunan ini terbuat dari material kayu.

3. Desain Waternest 100

rumah terapung
Konsep perumahan apung di Inggris

Waternest 100 merupakan konsep perumahan terapung yang dibangun di atas permukaan sungai di Inggris.  Konsep perumahan Waternest 100 ini dibuat oleh Giancarlo Zema. Jika diperhatikan desain konsep Waternest 100 memiliki bentuk dan tampilan yang kental dengan nuansa futuristik. 

4. Desain Shore Vista Boat Dock

Shore Vista Boat Dock adalah rumah terapung yang didesain oleh sebuah studio arsitektur bernama Bercy Chen Studio. Shore Vista Boat Dock didesain dengan bentuk melingkar sehingga memungkinkan untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya dengan bentang 360 derajat. Pada rumah ini juga terdapat air terjun buatan dari lantai atas yang langsung mengalir ke danau.

5. Desain The Lake Union Floating Home

rumah terapung
Desain rumah apung yang cocok bagi pecinta alam

Nah desain rumah terapung selanjutnya adalah The Lake Union Floating Home yang dirancang oleh arsitek Vandeventer + Carlander. Rumah yang berdiri di atas danau ini merupakan tipe rumah bertingkat. Pada bagian bawahnya terdapat ruang tamu yang sangat keren dan ruang santai yang menghadap langsung ke danau.

Rumah ini sangat cocok bagi pecinta alam yang suka akan keheningan, disini bisa melakukan yoga dan meditasi dengan tenang dan nyaman. Pada sisi rumah yang menghadap ke danau dipasang jendela-jendela besar sehingga bisa memandangi pemandangan luar saat di dalam rumah tersebut. Selain itu tidak diperlukan kolam renang untuk diaplikasikan pada rumah ini, pasalnya ketika ingin berenang cukup pergi ke salah satu sisinya dan dapat langsung turun ke tepian danau.

Sangat unik ya, beberapa desain model rumah terapung pada pembahasan di atas. Semoga bisa menambah pengetahuan dan siapa tau bisa menjadi inspirasi rumah kamu! 

Baca Juga : »