Posted : 01 Oct 2020
Category :
Baca Juga : «

Beton maupun batu bata merupakan material yang sering digunakan untuk membangun rumah atau gedung. Pemilihan material tersebut dikarenakan sangat kuat dan bisa tahan lama. Namun, seiring berjalannya waktu rumah masa kini banyak yang terbuat dari material kayu. Kayu dipilih menjadi material pembuatan rumah dikarenakan menimbulkan kesan unik, antik dan vintage. Desain rumah kayu minimalis juga sangat banyak sehingga bisa dijadikan inspirasi. 

Ini Dia 5 Inspirasi Desain Rumah Kayu Minimalis 

1. Desain Minimalis Modern 

rumah kayu
Model desain dengan sentuhan minimalis dan modern

Model rumah satu ini memilih desain compact sehingga cocok diaplikasikan bagi siapa saja menyukai hal-hal praktis. Desain rumah ini didominasi oleh warna coklat yang berasal dari material kayu yang digunakan sehingga memberikan kesan hangat. Selain itu, juga ada warna abu-abu cerah pada bagian dinding yang menonjolkan gaya modern dan mewah.

Desain rumah ini juga dilengkapi dengan bukaan jendela kayu dengan bingkai putih yang jumlahnya cukup banyak. Keberadaan bukaan jendela tersebut bisa memaksimalkan pencahayaan dan udara yang masuk ke dalam rumah. Supaya lebih cantik bisa ditambahkan tirai atau gorden dengan warna senada.

2. Desain Kontemporer 

Desain rumah kayu satu ini memiliki tampilan yang sangat unik karena memiliki bentuk trapesium. Kontemporer sangat cocok dibangun diatas permukaan tanah tidak rata atau menanjak. Alasannya supaya aliran udara maupun cahaya ke dalam rumah bisa optimal. 

Menariknya lagi, desain rumah ini didominasi oleh warna hitam sehingga memberikan kesan yang sangat elegan. Supaya penghuni rumah nyaman dan terhindar dari pengap maka ditambahkan dengan pintu kaca dan juga jendela kaca. 

3. Desain Rumah Kayu Geometris 

rumah kayu
Desain rumah proposional yang geometris

Bentuk rumah dari material kayu satu ini memiliki tampilan yang terlihat sangat apik. Bentuk desain rumah ini juga terlihat sangat proporsional sehingga bisa memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Supaya semakin terlihat unik maka ditambahkan dengan pintu dan jendela yang terbuat dari material kaya dan bingkai kayu putih. Adanya pintu dan jendela kaca membuat penghuninya bisa menikmati pemandangan alam dari dalam rumah.

Desain rumah ini dibuat dalam dua lantai. Dimana untuk lantai dua terdapat balkon bergaya unik yang bisa difungsikan sebagai tempat untuk bersantai. Balkon tersebut bisa menjadi tempat santai yang nyaman dengan tambahan kursi teras dan juga meja kopi. 

4. Desain Rumah Kayu Bergaya Kanada 

Desain berbahan dasar utama material kayu ini memiliki tampilan yang unik dan juga elegan. Rumah ini dibilang unik karena memiliki log yang menjamin elemen utamanya. Ukuran log tersebut cukup besar dan memiliki perpaduan warna coklat tua dan juga mudah sehingga membuatnya mirip dengan rumah lego.

Daya tarik dari rumah ini yaitu memiliki bentuk simetris. Desain rumah ini menggunakan material kayu yang memiliki warna berbeda-beda sehingga menciptakan kesan natural yang lebih kental.

5. Desain Rumah Kayu Bergaya Country

rumah kayu
Desain dengan sentuhan gaya country

Untuk desain rumah ini mengambil konsep bergaya country dan dibanding dengan bentuk berjenjang seperti rumah panggung. Dengan desain rumah seperti ini sangat cocok dibangun di daerah rawan banjir. 

Alasan cocok dibangun di daerah rawan banjir dikarenakan memiliki desain sedikit tinggi dan bagian kolong rumah bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan rumah. Pada desain rumah ini pemiliknya bisa menciptakan balkon yang bisa dijadikan teras untuk santai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. 

Nah itulah 5 inspirasi desain rumah kayu minimalis. Diharapkan penjelasan diatas bisa menginspirasi pembaca ketika berencana membangun hunian yang nyaman dan unik. Semoga bermanfaat.  

Baca Juga : »