Posted : 14 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Menggunakan decking kayu outdoor untuk eksterior dapat menambah nilai estetika rumah Anda. Rumah akan terasa hangat dan alami karena decking kayu akan memberi kesan menyatu dengan alam. Decking kayu sangat cocok dipasang pada bagian teras, pagar halaman, stepping di taman, atau di tepian kolam renang.

Decking kayu berfungsi sebagai penutup lantai, orang terkadang menyebutnya sebagai lantai kayu outdoor. Bahan yang digunakan untuk penutup lantai ini adalah kayu solid. Meski umumnya digunakan di luar ruangan, sebenarnya decking kayu dapat digunakan untuk pelapis tembok di dalam ruangan. 

Manfaat Decking Kayu

decking kayu outdoor
Bisa dimanfaatkan untuk teras rumah

Selama ini mungkin orang hanya mengetahui fungsi decking kayu sebagai penutup lantai outdoor. Akan tetapi, sebenarnya decking kayu dapat dimanfaatkan menjadi beragam fungsi. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Decking Kayu untuk Gazebo

Gazebo merupakan bangunan yang biasanya dipasang di areal terbuka. Gazebo dibangun dengan tujuan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan yang unik dan indah. Karena diletakkan di tempat terbuka, maka bangunan ini membutuhkan bahan yang tahan terhadap berbagai cuaca.

Pemanfaatan decking kayu sebagai bahan pembuatan gazebo sangatlah cocok karena kualitas kayu solid yang dipakai tergolong kuat dan tahan cuaca. Selain itu penggunaan decking kayu akan menambah nilai estetika bangunan dan lingkungan di sekitarnya.

2. Decking Kayu untuk Pagar

Menggunakan decking kayu sebagai pagar tentu memberi kesan tersendiri dibandingkan dengan pagar yang terbuat dari besi atau aluminium. Decking kayu menonjolkan kesan alami dan natural sehingga menambah keindahan eksterior rumah Anda. Tidak perlu khawatir menggunakan bahan ini karena decking kayu sangat kuat dan awet.

Perlu Anda ketahui, meski decking kayu terbuat dari kayu solid, akan tetapi tidak semua jenis kayu cocok digunakan untuk outdoor. Berikut adalah jenis-jenis kayu yang cocok digunakan beserta kisaran harganya.

Jenis-Jenis Kayu untuk Decking Outdoor dan Harganya 

decking kayu outdoor
Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk decking

Jangan sampai salah saat memilih decking kayu untuk outdoor. Anda harus memilih kayu keras (hardwood) yang awet, tahan terhadap perubahan cuaca, dan mampu menahan serangan jamur dan hama. Jenis kayu tersebut antara lain adalah:

1. Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai menjadi pilihan karena mudah dalam pengolahannya. Jenis kayu ini mudah dipotong, diserut, hingga diukir. Teksturnya sedikit kasar dan keawetannya bervariasi tergantung usia kayu tersebut. Kayu Bengkirai memiliki warna kuning kecoklatan dengan gubal yang berwarna lebih muda.

Kayu Bengkirai memiliki banyak penggemar, selain kekuatan dan keawetannya yang cukup baik, harga decking kayu Bengkirai juga paling murah dibanding lainnya. Anda bisa memperoleh decking kayu Bengkirai mulai harga Rp390.000,00 per m2.

2. Kayu Merbau

Kayu Merbau termasuk memiliki kualitas nomor 1 dan terkena tahan terhadap cuaca serta serangan jamur. Warnanya yang coklat kemerahan sangat serasi saat dijadikan lantai teras. Jika ingin memasang decking menggunakan kayu Merbau, Anda bisa membelinya dengan kisaran harga Rp450.000,00 per m2.

Apabila hendak menggunakan kayu ini, sebaiknya jangan ditempatkan di area yang sering terkena air. Hal ini disebabkan karena kayu Merbau akan mengeluarkan getah merah jika terlalu sering terkena air sehingga mengurangi keindahannya.

3. Kayu Ulin

Kayu Ulin atau kayu Besi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sebagai bahan decking. Tingkat kekerasannya tergolong kelas 1, sehingga sangat cocok digunakan untuk decking outdoor. Kayu Ulin tidak bisa dipaku, jika ingin melubanginya, maka Anda harus menggunakan alat bantu bor agar bisa menembus kayu.

Semakin terkena air, struktur kayunya semakin padat. Hal ini mengakibatkan kayu ulin sering digunakan sebagai decking lantai di dekat kolam renang. Jika ingin menggunakan decking kayu Ulin sebagai penutup lantai, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp550.000,00 per m2.

Demikianlah ulasan singkat mengenai decking kayu outdoor yang bisa disampaikan. Anda dapat memilih bermacam jenis kayu sebagai bahan decking, namun sesuaikan peruntukannya agar decking kayu tetap kuat dan terjaga kualitasnya.

Baca Juga : »