Posted : 12 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Salah satu cara membuat tampilan hunian menjadi beda dari lainnya adalah dengan mengaplikasikan pagar rumah kayu. Bahan yang menonjolkan sisi alami ini ternyata mampu tampil minimalis sekaligus elegan sebagai pembatas suatu lahan pribadi. Jadi, bagaimana ide desain yang menarik?

Inspirasi Desain Model Pagar Rumah Kayu yang Elegan

Saat memutuskan menggunakan pagar berbahan kayu, selain memilih jenis materialnya, perlu juga memperhatikan desain modelnya. Ada baiknya menyesuaikan dengan gaya tampilan rumah secara keseluruhan agar tampak selaras. Jadi, silakan cek beberapa ide desainnya.

1. Pagar Kayu Jati Berbingkai Besi Hitam

pagar rumah kayu
Penggunaan material kayu jati yang kuat

Desain ini mengusung konsep minimalis, tetapi menonjolkan sisi elegan dengan adanya garis batas tegas dari besi berwarna hitam yang membingkai kayu. Warna cokelat natural kayu berpadu dengan besi yang bercat hitam, membuatnya tampak kokoh. Kombinasi ini sangat sering menjadi pilihan untuk jenis pagar tinggi.

Oleh karena konsepnya adalah minimalis, kayu jati yang umumnya identik dengan karya ukiran, kali ini hadir polosan saja. Namun, agar motif seratnya yang khas tetap muncul, sebaiknya memilih jenis finishing stain. Pelapis warna transparan ini membuat tekstur kayu tampak menonjol.

Kayu jati yang kuat disusun rapat tanpa meninggalkan celah. Kemudian sebagai bingkainya, besi bercat hitam dipasang mengelilingi kayu tersebut. Pintu pagar menggunakan metode geser dengan rel untuk membuka dan menutupnya, sehingga terlihat simpel dan tidak memakan ruang.

2.  Menggunakan Kayu Bengkirai dengan Besi Ulir

Meskipun mengusung konsep minimalis, pagar kayu elegan juga bisa tampil dengan paduan besi ulir bermotif cantik. Pilihan kayunya kali ini adalah bengkirai yang juga cukup tahan untuk kegunaan luar ruangan. Kayu yang berasal dari Kalimantan ini tergolong dalam kelompok keras.

Kayu disusun rapat, kemudian padukan dengan besi ulir yang dicat warna hitam untuk membingkainya. Oleh karena tinggi pagar melewati kepala, di bagian tengah pintu pagar sebelah kanan dan kiri dibuat lubang oval untuk memudahkan pandangan. Di tengah lubang tersebut pun dihias besi ulir. Dengan demikian, tampilan pagar akan semakin elegan.

3. Pagar dengan Merbau Bergaya Countryside

pagar rumah kayu
Menggunakan kayu merbau yang unik dan bergaya countryside

Inspirasi desain berikutnya mengusung gaya elegan yang sederhana dari sebuah pagar kayu rumah pedesaan. Meskipun sederhana, pagar ini tampak elegan dan cukup berkesan ramah karena kayu merbau disusun dengan jarak tertentu untuk memberi celah. Dengan demikian, meskipun pagar cukup tinggi, masih bisa memandang ke luar melalui celahnya.

4. Pagar Ulin Rendah dengan Ukiran Sederhana

Kayu ulin terkenal dengan kekuatannya terhadap paparan cuaca, baik panas maupun hujan. Kayu khas kalimantan ini sangat cocok untuk penggunaan luar ruangan. Namun, karena kesannya yang berat, agar tetap tampil elegan, bisa dengan membuatnya menjadi pagar rendah. Aksen ukiran sederhana cocok untuk rumah minimalis dengan sentuhan etnik.

Selain sebagai pagar rumah, penerapan pagar ulin rendah ini juga bisa untuk membatasi beranda. Jadi, pagar ini dapat diaplikasikan pada jenis rumah terbuka seperti tipe cluster. Dengan demikian, masih ada batas antara rumah dengan halaman terbuka menggunakan pagar pada beranda ini.

5. Pagar Kayu Damar Laut Bergaya Melintang

pagar rumah kayu
Jenis kayu damar laut untuk pagar rumah

Desain pagar rumah kayu minimalis yang terakhir adalah menggunakan kayu damar laut. Keistimewaan kayu ini adalah warnanya yang menggelap ketiga penggunaanya di luar ruangan. Kayu yang umumnya disusun vertikal untuk pagar, kali ini ditata dalam susunan horisontal dengan sedikit celah. Penataan yang unik ini akan memberikan kesan menarik pada keseluruhan tampilan rumah.

Kelima desain pagar rumah kayu minimalis tersebut dapat menjadi inspirasi untuk menonjolkan kesan elegan pada rumah. Pemilihan material kayu yang tahan terhadap cuaca sangat penting untuk membuatnya awet. Selain itu, perawatannya pun akan menjadi lebih mudah. 

Baca Juga : »