Posted : 11 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Turut meramaikan dunia properti, model teras rumah minimalis pun kini semakin variatif. Berbekal lahan terbatas, keinginan orang untuk memiliki hunian dengan teras asri dan nyaman memang tak terbantahkan. Pasalnya, teras adalah komponen rumah yang akan menjadi titik poin penilaian, terutama oleh tamu maupun kerabat. Oleh karena itu, pembangunan teras juga harus mendapat perhatian lebih.

Model Teras Rumah Minimalis Terbaru

Tak harus berlebihan, saat ini sudah banyak desain teras sederhana, tetapi mampu memberikan kesan elegan, simpel, maupun unik. Berikut beberapa model teras minimalis yang dapat dijadikan sebagai bahan inspirasi:

1. Model Minimalis Sederhana

model teras rumah minimalis
Konsep teras sederhana

Teras model minimalis sederhana ini sangat cocok untuk rumah dengan ukuran kecil, seperti perumahan biasa (bukan kawasan elit). Agar tidak terkesan sempit dan mengganggu jalan, cukup berikan kursi santai saja. Biarkan teras menjadi area terbuka tanpa dinding maupun tiang, agar tidak menghabiskan lahan. Untuk menyiasatinya, tambahkan elemen menarik dan minimalis, seperti pot gantung maupun taman vertikal.

2. Model Lantai Kayu

Teras dengan lantai kayu ini cocok bagi orang-orang yang menyukai nuansa etnik maupun antik. Material kayu dapat memberikan kesan nyaman dan sejuk, seperti berada di daerah pedesaan. Namun, kayu memiliki karakteristik yang lebih licin dan rapuh, terutama saat terkena cipratan air. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih material berkualitas, agar kayu tidak mudah lapuk. 

3. Model Minimalis Clean

model teras rumah minimalis
Membuat teras minimalis dengan konsep yang benar-benar bersih

Ciri khas pada model teras ini ialah ketiadaan detail rumit maupun berlebihan, benar-benar bersih (clean). Meski terkesan monoton, model teras yang satu ini tetap tampak elegan dan indah dipandang. Penambahan ornamen batu alam pada dinding atau pot bunga dapat menjadi alternatif hiasan. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih asri, nyaman, dan tidak membosankan. 

4. Model Taman Rumput

Meski berukuran minimalis, bukan berarti rumah tidak dapat memiliki taman yang indah serta menarik. Tipsnya, jangan habiskan ruangan teras hanya untuk tempat duduk saja. Sisakan lahan untuk membuat taman, baik dengan cara taman vertikal, pot, sistem rak atau gantung, dan lain-lain. Jika memungkinkan, maka tidak ada salahnya untuk menanam rumput, baik asli maupun sintetis.

5. Model Industrial

model teras rumah minimalis
Membuat teras rumah dengan gaya industrial

Gaya industrial sangat identik dengan kesan unfinished yang terlihat dari beberapa material alami, salah satunya batu bata. Desain ini juga sangat cocok ditempatkan pada teras rumah minimalis. Agar tidak terkesan terlalu ramai, tempatkan batu bata ekspos di satu atau dua tempat saja. Jika dana yang dimiliki terbatas atau kurang, maka akali dengan penggunaan wallpaper

6. Model Cafe

Teras juga dapat difungsikan sebagai tempat penerima tamu atau bersantai bersama anggota keluarga dan teman. Teras dengan model cafe ini dapat menjadi alternatif cerdas, terutama bagi keluarga yang memiliki anak muda. Tak harus dengan furniture mewah, pemilik dapat memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat cafe sederhana. Agar semakin nyaman, tambahkan fasilitas musik atau karaoke. 

7. Model Monokrom

Konsep hitam dan putih tidak hanya cocok diaplikasikan pada ruang tamu atau kamar pribadi saja, tetapi juga pada teras rumah. Meski terlihat sederhana, konsep ini tetap dapat membuat rumah terlihat elegan dan menonjol. Untuk memperkuat gaya tersebut, tambahkan dekorasi dengan rak bunga besi. Pada bagian dinding, taruhlah hiasan berupa rak heksagonal atau berbentuk segi enam. Jika ingin menghemat tempat, bangku lipat dapat menjadi pilihan.

Model teras rumah minimalis di atas tidak bersifat pakem. Artinya, masih dapat menyesuaikan dengan lahan maupun kondisi keuangan. Pastikan Anda mempercayakannya pada tenaga ahli, agar teras impian dapat diwujudkan dengan maksimal.

Baca Juga : »