Posted : 06 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Bagi pemilik rumah berlantai dua, pasti sudah tidak asing dengan istilah bordes tangga. Salah satu area pada tangga ini memang dianggap tidak terlalu penting. Sehingga membuatnya banyak diabaikan. Bordes sendiri merupakan area penyambung untuk model tangga berbentuk huruf “L”. Model tangga seperti ini biasanya dipilih untuk menghadirkan tangga yang tidak terlalu curam.

Inspirasi Desain Bordes Tangga Minimalis 

Area penyambung tangga ini sebenarnya perlu didesain dengan tepat. Agar tidak terlihat monoton dan membuat tampilannya lebih hidup. Untuk mengisi kekosongan pada area penyambungan tangga tersebut, bisa menggunakan dekorasi dinding. Seperti rak gantung, lukisan, atau pernak-pernik lainnya. Berikut ini akan ada inspirasi desain bordes minimalis yang bisa mempermanis rumah.

1. Bordes Tangga dengan Rak Buku Mini

bordes tangga
Tambahan rak buku supaya tangga lebih multifungsi

Ide desain dengan mengisi kekosongan menggunakan rak buku mini di area penyambung tangga bisa dijadikan panutan. Khususnya bagi penghuni rumah yang gemar mengoleksi buku. Anda bisa menggunakan rak dinding bersekat berukuran minimalis dan memasangnya di dinding area penyambung tangga. Jika di rasa koleksi buku yang dipunya cukup banyak dan tidak ada ruang untuk menyimpan. Anda bisa memasang rak dinding bersekat di sepanjang tangga untuk menyimpan buku-buku.

2. Bordes Tangga dengan Jendela

Jika Anda merasa ruangan di dekat tangga terasa kurang terang. Anda bisa memanfaatkan area penyambung tangga untuk menghadirkan pencahayaan alami dari luar rumah. Anda bisa menerapkan bentuk jendela memanjang untuk menampilkan kesan ruangan yang lebih tinggi. Atau bisa juga menggunakan model jendela kaca yang besar dan lebar untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih terang. 

Selain untuk tempat masuknya cahaya, Anda bisa menikmati pemandangan di luar rumah. Ketika naik atau turun dari tangga. Desain tangga juga perlu diperhatikan agar terlihat serasi dengan model  jendela.

3. Bordes Tangga Sebagai Mini Galeri

bordes tangga
Konsep mini galeri yang diterapkan pada tangga

Bagi pecinta seni lukis, mengoleksi lukisan menjadi hobi yang menjadi sebuah keharusan. Untuk mengisi kekosongan dan mendekorasi ulang bordes di rumah. Anda bisa memasang lukisan di ruang tangga tersebut. Agar lebih menarik, Anda bisa memasang lukisan di sepanjang dinding tangga dengan jarak yang tidak terlalu berhimpitan. Pastikan memposisikan lukisannya dengan tepat agar terlihat estetik.

4. Bordes Tangga dengan Tanaman Hias

Ingin menghadirkan nuansa alami di dalam rumah. Anda bisa mencoba meletakkan beberapa tanaman hias di area penyambung tangga. Mulai dari tanaman hias yang berukuran sedang atau tanaman hias berukuran mini. Seperti kaktus dan sukulen, untuk meletakkannya Anda bisa menggunakan ambalan kayu yang dipasang di area kosong pada tangga. Selain terlihat lebih indah, suasana di tangga rumah akan terasa lebih nyaman dan menyegarkan mata berkat adanya tanaman hias tersebut.

5. Bordes Tangga dengan Ornamen Etnik

bordes tangga
Tambahan aksen ornamek etnik yang cantik

Jika desain rumah Anda mengusung konsep tradisional. Maka lebih baik menggunakan dekorasi bernuansa etnik untuk mengisi kekosongan pada area bordes. Anda bisa menggunakan lukisan bertema etnik untuk menghiasi dindingnya. Atau bisa juga menggunakan senjata tradisional seperti busur panah dan anak panah untuk mengisi kekosongan bordes. Lebih cantik lagi jika anak tangga di rumah Anda  dibuat dari materinya papan kayu. Tentunya akan lebih menambah kesan unik pada tangga di rumah.

Bagaimana tertarik mencoba salah satu desain bordes tangga di atas? Meskipun terkadang dianggap menjadi area yang kurang penting. Bordes yang didesain dengan baik akan menambah kesan estetik pada interior di rumah. Jadi sebaiknya rencanakan dengan matang desain bordes yang cocok untuk interior di rumah.

Baca Juga : »