Posted : 29 May 2021
Category :
Baca Juga : «

Hampir setiap bangunan memiliki plafon yang terletak pada bagian langit-langit. Berbeda dengan bangunan yang menerapkan konsep langit terbuka, lis plafon tidak akan dibutuhkan. Plafon ini berfungsi untuk menutupi rangka atap dan kabel yang berseliweran di bagian atas. 

Sedangkan lis adalah bagian yang digunakan untuk membuat plafon menjadi rapi dan bersih. Jika ingin menambah nilai estetika, berbagai macam lis untuk plafon yang cantik bisa digunakan. Paling sering digunakan adalah lis yang terbuat dari kayu.

Cara Memasang Lis Plafon Kayu yang Tepat

Lis kayu saat ini mulai banyak digunakan untuk memperindah tampilan ruang atau interior dan pelengkap perabot furniture dimana bahan yang digunakan berasal dari kayu. Untuk memasang lis ini dibutuhkan ketelitian dan pengalaman agar tidak terjadi kesalahan dan menyebabkan kerusakan. Berikut cara memasangnya;

1. Persiapkan Alat dan Bahan

lis plafon
Mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu

Pertama kali yang harus dilakukan tentu saja menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang. Bahan yang utama adalah lis yang terbuat dari kayu, sedangkan alat yang digunakan mulai dari bor kecil, sekrup serta peralatan lain yang biasanya dibutuhkan untuk memasang plafon.

2. Pilih Lis Profil yang Sejenis

Terdapat hal penting yang harus diperhatikan yakni pemilihan lis profil. Pilihlah jenis lis yang sama dengan kayu yang akan digunakan sebagai bidang penempelan. Misalnya saja akan dipakai untuk membuat ornamen kusen yang menggunakan bahan dari kayu jati, lis profil yang digunakan harus terbuat dari bahan jati juga.

Apabila tidak mendapatkan bahan yang sama, pastikan minimal tampilan seratnya tidak boleh terlalu berbeda. Kecuali jika kusen tersebut nantinya akan diberi cat warna, bisa memilih lis profil dari bahan lainnya yang masih bisa digunakan. 

3. Pilih Lis Profil yang Siap Pakai

lis plafon
Jangan lupa untuk memilih lis yang memang siap pakai

Hal terpenting lainnya adalah pilih lis profil yang bentuknya sudah halus dan siap pakai. Apabila terpaksa harus menghaluskan sendiri, pekerjaan ini lebih sulit dilakukan karena proses pengamplasan nya harus hati-hati. Jika tidak profil justru akan menjadi rusak.

4. Potong Lis Profil

Setelah bahan lis profil sesuai, maka lakukan pemotongan yang disesuaikan dengan plafon kayu yang digunakan. Pemotongan harus tepat dan presisi agar terlihat rapi. Proses pemotongan harus dilakukan dengan hati-hati agar lis tidak mengalami keretakan.

5. Pasang Lis Kayu dengan Lem atau Paku

lis plafon
Pemasangan lis bisa menggunakan lem atau paku

Agar lis kayu dapat menempel sempurna pada plafon, lis harus dipasang dengan cara dilem atau dipaku. Jika menggunakan lem, tampilannya bisa terlihat rapi dan seakan  menyatu dengan plafon kayu yang digunakan.

Lem yang digunakan harus berkualitas agar perekatannya merata dan kuat. Jika lemnya tidak bagus, lis kayu dapat berpotensi mudah terlepas dan rusak. Bisa juga usia penempelan tidak bertahan lama. Jadi, satu ini tidak boleh diabaikan.

Apabila memilih menggunakan paku, lis profil bisa melekat dengan erat, kuat dan tidak mudah lepas. Kelemahannya kadang tampilannya kurang bagus, kurang rapi dan bisa terjadi pecah jika pemasangannya tidak hati-hati. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jenis paku tembak dimana paku yang digunakan tidak terlihat dari luar.

6. Rapikan Hasil Pemasangan

Setelah terpasang, jangan lupa untuk merapikan kembali hasil pemasangan. Biasanya pada proses pemasangan terdapat sudut yang kurang rapi. Jika dirapikan tentu hasil pemasangan akan lebih rapi dan cantik.

Lis plafon semakin banyak digemari untuk mempercantik plafon kayu yang digunakan untuk menutupi langit-langit yang terbuka. Pemasangan lis yang sempurna, pastinya akan menghasilkan pemandangan yang sempurna pula. Jadi, lakukan cara pemasangan di atas dengan benar.

Baca Juga : »