Posted : 28 May 2021
Category :
Baca Juga : «

Jendela kayu bisa menjadi pilihan model jendela rumah yang unik dan anti mainstream. Ada banyak model jendela yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan, di antara yang biasanya digunakan adalah model minimalis bergaya klasik. Meskipun mengusung nuansa klasik jendela dibuat dengan model minimalis dan terlihat modern. 

Agar tidak terlihat monoton dan ketinggalan jaman. Dalam memilih model jendela kayu yang tepat Anda perlu memadukan dengan desain rumah. Sebagai referensi, berikut beberapa contoh model yang dapat Anda tiru.

Inspirasi Model Jendela Kayu Minimalis

1. Model Wall Window

jendela kayu
Desain jendela yang berfungsi seperti dinding

Bagi Anda yang memiliki konsep rumah minimalis modern. Model jendela kayu wall window dapat Anda terapkan di rumah. Sesuai dengan namanya, wall window dibuat untuk menggantikan dinding yang biasanya dibuat dari beton. Namun tidak dipasang pada keseluruhan ruangan, melainkan dibuat sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan.

Wall window memiliki banyak fungsi diantaranya dapat digunakan sebagai sekat antar ruangan. Penggunaan wall window juga dapat membuat rumah menjadi lebih sehat karena bisa memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu Anda dapat melihat pemandangan di luar rumah dengan lebih luas.

2. Model Stationary Window

Konsep model stationary window termasuk desain jendela yang mengusung gaya kontemporer yang sesuai untuk rumah minimalis. Model jendela ini dibuat agar tidak bisa dibuka. Sehingga fungsi dari jendela ini hanya sebagai tempat masuknya cahaya matahari dan untuk mempercantik eksterior rumah. 

Agar rumah tetap memiliki tempat sirkulasi udara. Anda harus memasang saluran udara untuk tetap menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Penggunaan saluran udara atau ventilasi yang cukup menjadi hal utama yang harus Anda pikirkan ketika menggunakan model jendela kayu ini.

3. Model Picture Window

jendela kayu
Desain jendela yang bisa membuat ruangan terkena banyak sinar matahari

Model jendela kayu picture window terlihat menyerupai model jendela stationary window. Namun memiliki perbedaan pada ukuran, dimana model jendela picture window memiliki dimensi yang lebih luas. Sama halnya dengan model jendela stationary window, model jendela ini juga tidak bisa dibuka tutup, sehingga tidak bisa difungsikan untuk tempat sirkulasi udara.

Kelebihan dari penggunaan model jendela seperti ini, dapat membuat ruangan di rumah mendapat cukup cahaya matahari. Model jendela ini biasanya dipasang sebagai jendela di lantai dua. Penggunaan model jendela ini juga akan membuat ruangan terasa lebih luas dan indah. Apalagi jika pemandangan di luar rumah sangat asri akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di depan jendela.

4. Model Slide Window

Model jendela kayu minimalis bergaya klasik ini banyak digunakan karena terkesan simpel dan elegan. Meskipun termasuk model jendela klasik, tampilannya tidak terlihat monoton. Model jendela ini tetap memperlihatkan sisi modern pada rumah Anda. Berbeda dengan model jendela sebelumnya yang tidak bisa dibuka. Model jendela slide window ini dapat dibuka dengan cara digeser pada salah satu sisinya. 

Sehingga dalam proses pemasangannya tidak menggunakan engsel sama sekali. Umumnya jendela ini dibuat menjadi dua sisi yang salah satu sisinya hanya berupa jendela yang dipasang mati. Sehingga tidak bisa digeser. Model jendela ini cocok digunakan pada semua ruangan.

5. Model Garden Window

jendela kayu
Ide desain jendela yang cocok untuk berbagai jenis ruangan

Model jendela kayu garden window sangat cocok diterapkan untuk segala ruangan. Baik untuk jendela tempat makan, dapur, hingga kamar mandi. Jendela garden window dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan memiliki bentuk seperti kotak kaca. Anda dapat meletakkan tanaman pada jendela ini.

Bagaimana Anda tertarik menggunakan model jendela kayu minimalis di atas? Semoga beberapa model jendela tersebut dapat menginspirasi Anda dalam membuat tampilan rumah yang indah.

Baca Juga : »