Posted : 30 May 2021
Category :
Baca Juga : «

Rumah yang nyaman tidak hanya membuat betah para penghuninya, namun juga bagi tamu yang berkunjung. Teras depan rumah biasanya menjadi bagian pertama yang akan mencuri perhatian saat seseorang datang berkunjung ke suatu rumah. Model teras rumah Jawa modern saat ini banyak dipilih untuk mempercantik tampilan teras dan juga memberikan kesan klasik modern. 

Teras tidak hanya berfungsi sebagai pemanis bangunan rumah. Seringkali teras juga difungsikan untuk menerima tamu atau sebagai tempat bersantai para anggota keluarga. Desain teras yang tepat dapat memberikan kesan nyaman terhadap keseluruhan rumah. 

Mengenal 5 Model Teras Rumah Jawa Modern Yang Sering Digunakan

Saat ini banyak orang yang memilih konsep minimalis dalam membangun hunian. Meski demikian, desain modern dengan sentuhan klasik Jawa tetap dapat diaplikasikan pada konsep hunian yang minimalis. Berikut 5 model teras rumah bergaya Jawa modern yang dapat dijadikan inspirasi dalam membangun rumah. 

1. Teras Rumah Model Limasan Lambang Teplok

teras rumah jawa modern
Desain Limasan Lambang Teplok

Teras rumah model limasan lambang teplok dapat dilihat dari modelnya yang memiliki level sehingga terkesan seperti rumah panggung. Lima buah tiang penyangga dengan elemen dasar kayu akan dijumpai pada teras rumah model ini. 

Teras rumah dengan model limasan lambang teplok akan memiliki anak tangga yang berbentuk menyamping. Posisi tangga yang berada pada bagian samping teras menyebabkan anak tangga tidak langsung menuju ke pintu utama rumah. 

2. Teras Rumah Limasan Modern

Elemen kayu tidak lagi dimanfaatkan dalam pembuatan teras rumah model limasan modern. Batu bata ekspose menjadi bahan utama dalam pembuatan teras rumah model limasan modern. Anak tangga yang dibangun akan langsung menuju ke pintu utama, berbeda dengan model limasan lambang teplok dimana anak tangga ada di bagian samping.  

3. Teras Rumah Limasan Lamban Sari

teras rumah jawa modern
Desain Limasan Lamban Sari

Teras rumah dengan model limasan lambang sari memiliki desain yang unik dibandingkan dengan teras model limasan lainnya. Desain teras rumah limasan lambangsari akan memposisikan pintu utama pada bagian tengah rumah. Keberadaan taman yang luas menjadi paduan yang tepat bagi teras dengan model limasan lambang sari. 

Pencahayaan yang sesuai pada malam hari akan memberikan kesan mewah pada teras rumah model limasan lambang sari. Perpaduan pencahayaan dengan taman pada bagian depan rumah menjadi salah satu ciri khas dari teras rumah yang menggunakan model limasan lambang sari.  

4. Teras Limasan Trajumas Dengan Nuansa Modern

Teras rumah yang berkesan sederhana namun memesona dapat diperoleh dengan membangun teras bermodel limasan trajumas. Penggunaan elemen kayu jati atau kayu pengganti lainnya sebagai tiang penyangga dipadu dengan lantai keramik atau batu alam akan memberikan kesan klasik modern.

5. Teras Rumah Limasan Trajumas Lawakan

teras rumah jawa modern
Desain Limasan Trajumas Lawakan

Rumah yang menggunakan konsep teras model limasan trajumas lawakan akan memiliki empat buah teras. Keempat teras tersebut ada pada bagian depan, belakang, samping kiri, dan samping kanan rumah. Teras pada bagian depan dan belakang akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan teras samping kiri dan kanan. 

Bagian depan rumah merupakan bagian teras utama. Pada bagian depan ini akan dijumpai empat buah tiang penyangga. Penggunaan bata ekspos pada bagian dinding dan lantai semen menjadi paduan tepat pada desain teras ini sehingga minim penggunaan kayu. 

Desain teras yang memadukan arsitektur Jawa dengan model arsitek modern akan menghasilkan model teras yang cantik dan menarik. Penggunaan elemen kayu ataupun bata ekspos dapat menjadi pilihan dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Demikianlah 5 model teras rumah Jawa modern yang sering digunakan. Semoga berbagai model teras ini bisa menjadi inspirasi yang unik dan anti mainstream untuk hunian Anda. 

Baca Juga : »