Posted : 30 Jun 2021
Category :
Baca Juga : «

Jenis lantai memang bermacam-macam. Tidak hanya yang terbuat dari keramik atau marmer, lantai kayu justru sekarang banyak peminatnya. Selain karena faktor nilai estetikanya, lantai kayu ini juga dikenal memberikan kesan yang lebih nyaman dan hangat pada suatu hunian. Namun ada cara membersihkan lantai kayu yang harus diketahui agar bisa merawatnya dengan baik.

Mengenal Lantai Kayu

cara membersihkan lantai kayu
Mengenal jenis lantai rumah yang terbuat dari kayu

Lantai dari kayu merupakan salah satu jenis lantai yang banyak diminati karena memiliki tampilan yang lebih unik dan cantik. Namun ternyata tak hanya itu saja lantai kayu ini juga membuat ruangan jadi lebih hangat. Jika berdiri di atas lantai kayu pasti kaki akan terasa lebih hangat berbeda saat berdiri di lantai yang terbuat dari keramik atau marmer.

Lantai kayu ini sendiri bisa membuat hunian jadi terlihat lebih natural dan cantik. Tak heran jika banyak orang yang sekarang lebih banyak memilih lantai dengan material kayu. Rumah akan lebih nyaman untuk ditinggali.

Cara Membersihkan Lantai Kayu 

cara membersihkan lantai kayu
Berbagai cara agar lantai kayu bisa selalu bersih dan awet

Perawatan lantai kayu sendiri tentu sangat berbeda dengan lantai dari keramik atau marmer. Beda bahan material beda juga cara perawatannya. Lantai kayu ini perlu perawatan yang lebih detail agar bisa menjaga kualitas lantai tetap bagus dalam waktu yang lama. 

1. Rutin Menyapu Lantai 

Lantai kayu sangat sensitif dengan debu dan kotoran. Sebaiknya rutin sapu lantai menggunakan sapu agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel terlalu lama pada permukaan lantai kayu. Jika kebersihan tidak dijaga maka lantai kayu bisa diserang dengan hama kayu.

2. Mengambil Kotoran yang Masih Menempel

Biasanya meski sudah rutin menyapu masih ada kotoran-kotoran yang menempel pada lantai kayu. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja agar tidak merusak lantai. Bersihkan lantai kayu dari kotoran yang tidak bisa disapu atau menempel pada permukaan lantai. Caranya bisa dengan menggunakan lap khusus.

3. Menggunakan Penyedot Debu 

Selain menyapu bisa juga setiap tiga hari sekali menggunakan penyedot debu meski sudah menggunakan sapu. Ini tentu akan memberikan hasil yang lebih bersih bahkan bisa menjangkau bagian sudut ruang yang tidak bisa dibersihkan dengan sapu. 

4. Mengepel Menggunakan Air Hangat 

Lantai kayu memang istimewa, untuk mengepel lantai ini perlu menggunakan air hangat. Jika menggunakan air hangat maka permukaan lantai akan senantiasa terjaga. Permukaan lantai tidak akan mudah pudar. Lakukan pengepelan lantai ini secara rutin sama halnya dengan menyapu. Intinya menjaga kebersihan lantai sangat penting agar lantai kayu bisa tahan lama. Ini merupakan kunci cara membersihkan lantai kayu agar terlihat mengkilap.

5. Keringkan Lantai Dengan Kain Bersih

Jika sudah melakukan pengepelan secara rutin sebaiknya selesai mengepelnya langsung keringkan lantai dengan kain bersih. Kain yang bisa digunakan adalah handuk bekas. Ini menjaga kayu tidak lapuk karena terlalu lama basah, 

Agar lebih aman cara membersihkan lantai kayu ini sediakan peralatan khusus untuk membersihkan lantai dari material kayu ini. Tentu ada lap dan juga obat pel khusus untuk lantai jenis ini. Mengingat kayu adalah salah satu jenis material yang membutuhkan perawatan khusus agar bisa tahan lama.

Bagaimana?  Cukup mudah ya cara membersihkan lantai kayu, yang paling utama adalah menjaga kebersihan lantai dari segala macam kotoran. Segera bersihkan lantai saat ada kotoran yang menempel, segera keringkan lantai jika ada air yang tumpah di atas permukaan lantai. Menggunakan lantai kayu hunian akan terasa lebih nyaman dan memiliki tampilan yang lebih alami atau natural.

Baca Juga : »