Posted : 29 Jun 2021
Category :
Baca Juga : «

Kutu kayu adalah salah satu jenis hama kayu yang perlu diwaspadai. Hewan kecil ini bisa merusak furniture yang terbuat dari kayu bahkan juga bangunan. Kutu kayu ini biasanya tidak bisa dilihat karena aktifnya di malam hari saja. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan singkat tentang hama ini dan juga dampak dari adanya kutu pada kayu tersebut.

Mengenal Kutu Kayu

kutu kayu
Mengenal jenis hama yang bisa menyerang kayu

Kutu kayu adalah salah satu jenis hama yang menyerang kayu. Jenis serangga yang sukanya memakan kayu ini gerakannya sangat lambat terutama pada saat pagi hingga sore hari. Namun pada saat malam hari hama ini akan bergerak sangat aktif.

Hama ini suka sekali dengan tempat yang lembab. Kayu yang lembab, tanaman, tumpukan daun kering, dan bagian bawah bebatuan bisa menjadi sarang kutu ini. Jika kutu ini dibiarkan menghabiskan kayu nanti lama kelamaan kayu yang dijadikan sarang dan makanannya akan habis. 

Bahaya Adanya Kutu Kayu

kutu kayu
Berbagai bahaya yang bisa diakibatkan dari kutu kayu

Hama tentu membawa dampak yang buruk untuk lingkungan sekitarnya. Pastinya kehadiran jenis hama ini mengganggu dan merugikan. Jika ada serbuk kayu halus di dekat perabotan atau di bagian bagunan yang terbuat dari kayu, maka disitulah sarang hama tersebut dan baiknya cepat dibasmi.

Hama yang menyerang kayu ini jika dibiarkan merajalela dan tidak segera diatasi akan membawa beberapa dampak yang buruk. Ini dia dampak atau bahaya dari hama isopoda ini.

1. Merusak Bangunan Rumah

Kusen jendela atau pintu biasanya terbuat dari kayu dan ini tentunya rawan dihuni oleh hama kayu ini. Jika kutu tersebut dibiarkan memakan kusen nanti bangunan tentu akan rusak bahkan bisa roboh. Ini bahaya bagi penghuni bangunan tersebut. Jika bagian kusen yang dimakan masih sedikit sebaiknya segera basmi hama tersebut agar tidak sampai memakan habis kusen tadi. 

Caranya adalah dengan membersihkan bagian kusen yang ditinggali kutu tadi sampai benar-benar bersih lalu menambalnya dengan semen. Bisa juga memberikan obat pembasmi kutu agar hama tadi tidak kembali lagi.

2. Merusak Furniture

Tidak hanya bagian bangunan rumah saja, furniture juga sangat rawan rusak karena kutu yang menyerang kayu ini. Kebanyakan furniture memang terbuat dari kayu. Jika letaknya pada bagian rumah yang lembap tentu akan mudah sekali dijadikan sasaran empuk dari berbagai hama ini. Sebaiknya rajin bersihkan furniture dan juga bagian rumah yang lembap. Bila perlu pindahkan letak furniture agar tidak terletak di tempat yang lembap.

3. Mengganggu Kesehatan

Selain bisa merusak bagian rumah yang terbuat dari kayu, jenis hama ini juga berbahaya untuk kesehatan seseorang. Jika kutu ini bersarang di tempat tidur tentu ini bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit, bahkan bisa masuk ke bagian tubuh seperti telinga. 

Oleh karena itu hama ini tidak bisa diremehkan. Jika melihat ada tanda-tanda kutu ini di dalam rumah baiknya segera bersihkan rumah secara menyeluruh dan berikan obat pengusir kutu pada sarang kutunya. Hal tersebut mencegah kutu datang lagi.

Paling penting lagi adalah menjaga kelembaban pada rumah. Gunakan silica gel untuk mengatasi area rumah yang memang lembab. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan terutama membuang kertas-kertas yang sudah tidak terpakai karena dari debu yang menumpuk itu bisa mengundang kutu yang merusak kayu masuk ke dalam rumah.

Nah. Itu dia sedikit ulasan mengenai kutu yang merusak kayu dan bahayanya jika dibiarkan begitu saja. Mari jaga kebersihan rumah mulai sekarang untuk menjaga rumah jauh dari serangan hama seperti kutu kayu. 

Baca Juga : »