Posted : 01 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Jenis lantai ada beragam tidak melulu menggunakan keramik atau ubin. Ada yang disebut dengan lantai parket yang tentu memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis lantai lain. Lantai parket ini adalah salah satu jenis lantai yang perlu dijadikan salah satu material untuk sebuah hunian idaman.

Mengenal Lantai Parket

lantai parket
Memiliki beberapa jenis yang berbeda

Parket merupakan flooring yang terbuat dari kayu asli. Sudah sejak lama sekali lantai parket dengan menggunakan material kayu asli ini digunakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi sekarang sudah semakin banyak jenis lantai kayu dengan memanfaatkan bahan lain. 

Sementara untuk harganya, lantai jenis ini dijual dengan beragam harga. Namun umumnya, harga yang dipatok berkisar dari Rp. 150.000 per meter perseginya hingga Rp 450.000. Ini dia beberapa jenis lantai parket yang perlu diketahui.

1. Lantai Parket Solid

Jenis dari parket ditentukan dari bahan yang dipakai untuk membuat lantai parket itu sendiri. Pertama ada parket solid dimana bahan yang digunakan adalah kayu asli. Jika ingin memiliki tampilan hunian dengan lantai kayu yang tahan lama maka jenis yang pertama ini sangat direkomendasikan. Dikarenakan menggunakan material kayu asli maka semakin lama dipakai maka semakin cantik tampilannya. 

2. Multiplex

Selain itu ada juga jenis multiplek atau engineered dimana lantai kayu jenis ini sifatnya tidak benar-benar alami karena material yang digunakan bukan kayu asli saja. Ada dua lapisan inti pada lantai kayu jenis ini. Pertama ada serbuk kayu dan yang kedua adalah kayu solid atau asli. Ini tentu berbeda dengan jenis yang pertama atau yang solid.

Untuk lantai kayu buatan ini ketahanannya pada suhu atau cuaca lebih kuat daripada kayu solid. Hal ini karena ada lapisan pelindung khususnya pada paparan sinar UV, suhu, dan kelembapan. Lantai kayu ini sangat cocok digunakan pada ruangan seperti taman indoor atau bisa juga pada area dapur.

3. Reclaimed

Selanjutnya ada lantai kayu parket olahan yang ramah lingkungan. Ini merupakan salah satu jenis lantai kayu yang sering dipilih untuk orang yang peduli dengan lingkungan. Lantai jenis ini dibuat dari material kayu bekas yang diolah kembali. Selain sangat ramah lingkungan harga dari lantai kayu ini tentu jauh lebih murah dibandingkan dua jenis lantai kayu sebelumnya. Lantai yang satu ini biasa digunakan pada restoran, kantor, atau ruang keluarga. Tampilan dari lantai parket reclaimed ini sangat unik karena memiliki pola, warna, dan bentuk motif tersendiri.

4. Lantai Kayu Parket Laminate

Selanjutnya ada lagi jenis parket lain yang tidak jauh berbeda dengan parket reclaimed. Ini juga biasa digunakan untuk lantai pada kantor atau area komersial. Hal ini karena lantai ini memiliki nilai estetika yang tinggi, tampilan dari lantai ini terlihat mewah meski harganya sangat terjangkau. Ketahanan lantai ini juga cukup lama meski tetap harus memperhatikan kelembaban ruang karena masih ada elemen kayu asli pada lantai jenis ini.

Keunggulan Lantai Kayu Parket

lantai parket
Termasuk jenis lantai yang mudah dibersihkan

Lantai parket ini selain cantik, unik, dan murah masih ada keunggulan lain yang perlu diketahui, antara lain:

1. Mudah Dibersihkan

Lantai kayu yang satu ini perawatannya cukup mudah. Untuk membersihkan lantai kayu  parket ini tidak ribet dan mudah sekali. Jaga kebersihan lantai dengan rajin menyapu dan mengepel setiap hari. Segera membersihkan lantai jika ada kotoran yang menempel atau ada tumpahan air. Maka lantai akan awet dalam jangka waktu yang cukup panjang.

2. Kokoh dan Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan lantai yang menggunakan kayu asli tentu lantai jenis ini lebih kokoh dan lebih tahan lama. Hal ini karena ada lapisan pelindung yang ada dalam lantai jenis parket ini. Meski menggunakan material kayu ada material lain yang membuat lantai ini jadi lebih kokoh.

3. Material dengan Bahan Anti Alergen

Lantai jenis ini juga aman sekali digunakan khususnya bagi yang mempunyai anggota keluarga yang masih bayi atau anak-anak. Bahan yang digunakan merupakan bahan non allergen jadi sangat aman untuk anak.

Itulah beberapa jenis lantai parket dan keunggulannya. Diharapkan dengan informasi ini, Anda bisa lebih mengetahui tentang kayu ini dan keunggulan serta harganya. 

Baca Juga : »