Posted : 18 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Saat membangun sebuah rumah ada banyak komponen yang harus diperhatikan. Ada lantai, tembok, dan juga atap. Pada bagian atap ada sebuah penghias yang ada antara dinding dengan plafon yang disebut dengan lis plafon. Salah satu jenis lis plafon yang sering digunakan adalah lis plafon PVC. Untuk lebih jelas mari simak ulasan singkat tentang salah satu komponen bangunan atau rumah tersebut.

Mengenal Lis Plafon

lis plafon PVC
Memahami plafon yang terbuat dari bahan PVC

Lis plafon adalah penghubung yang letaknya di antara dinding dengan plafon bangunan. Fungsinya adalah menjaga dinding dan atap rumah tetap kokoh sehingga tidak ada retakan. Selain itu lis plafon ini juga digunakan untuk menjaga atap stabil dan tidak runtuh.

Lis plafon terbuat dari beberapa macam material. Ada lis yang terbuat dari gypsum, ada yang menggunakan PVC, ada juga yang memakai kayu asli. Untuk lis yang menggunakan gypsum biasanya motif lebih beragam karena diukir membentuk bentuk yang rumit dan unik sehingga cocok digunakan pada ruangan yang memakai style klasik atau mewah. 

Untuk lis plafon yang terbuat dari kayu sendiri biasanya digunakan untuk bangunan yang temanya tradisional sehingga terkesan rustic. Lalu bagaimana dengan lis plafon yang terbuat dari bahan PVC?

Model Lis Plafon PVC

lis plafon PVC
Berbagai model lis plafon

Lis plafon yang terbuat dari bahan PVC biasanya digunakan pada rumah dengan model minimalis. Hal ini karena plafon dari bahan PVC memang bentuknya simple atau sederhana. Tidak banyak variasi pada lis PVC. 

1. Lis Plafon PVC Siku

Lis plafon PVC yang sering digunakan adalah yang berbentuk. Meski tidak terdapat variasi yang mencolok tetap saja lis ini banyak peminatnya. Cocok untuk diletakkan dibagian ruangan mana saja agar terlihat minimalis dan modern. 

2. Lis PVC Sederhana

Style bangunan yang minimalis akan terlihat cantik meski menonjolkan desain yang sederhana. Lis PVC adalah ahlinya dalam hal ini. Bentuk sederhana dan simple adalah salah satu cirri khas dari lis dari PVC tersebut. Akan lebih baik jika memilih lis plafon dari pvc yang warnanya monokrom untuk membuat ruangan lebih terlihat style minimalisnya.

3. Lis Untuk Kesan Mewah

Meski rumah mengusung tema mewah, lis plafon pvc tetap bisa digunakan sebagai kombinasi agar rumah tidak terkesan membosankan. Lis plafon dengan bentuk sederhana mudah dipasangkan atau dikombinasi dengan model lain sebagai penunjang.

4. Lis PVC Untuk Kesan Antik

Selain menonjolkan kesan mewah, lis plafon dari pvc juga bisa digunakan sebagai kombinasi plafon kayu yang memang dipilih untuk membuat rumah terlihat antik. Kombinasikan plafon kayu dan pvc untuk membuat rumah terlihat lebih unik lagi.

Tips Memilih Lis Plafon

Saat akan membangun sebuah rumah tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah pemilihan lis plafon. Lis plafon yang terbuat dari pvc cocok untuk hunian minimalis dan bahannya sendiri juga tahan lama dan kokoh. Perawatan dan pemasangan pun juga mudah.

Namun tentu pemilihan lis ini harus disesuaikan dengan tema yang diusung pada sebuah hunian. Jika membutuhkan lis dengan ukiran maka sebaiknya pilih yang terbuat dari gypsum karena mudah untuk diukir. Jika ingin membuat rumah terkesan rustic maka pilih lis yang terbuat dari kayu asli. Tentunya harus siap dengan perawatan material kayu yang baik dan benar agar lis bisa tahan lama.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang model lis plafon yang sering digunakan dalam membangun sebuah hunian atau bangunan. Sudah memutuskan mau pakai model yang mana?

Baca Juga : »