Posted : 07 Feb 2021
Category :
Baca Juga : «

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik rumah adalah dengan menambahkan panel dinding. Fitur panel ini tidak hanya berguna untuk mempercantik dinding saja tetapi juga menutupi bagian dinding yang rusak atau rapi akibat instalasi kabel listrik ataupun sistem pipa. Meski pemasangan fitur itu cukup sulit tetapi banyak yang memasangnya di rumah. 

Ada banyak desain panel yang bisa dipilih untuk mempercantik dinding. Salah saatnya desain panel yang terbuat dari bahan dasar kayu. Berikut beberapa inspirasi desainnya yang bisa dipilih.

Inilah 6 Inspirasi Panel Dinding Kayu Terbaik

1. Dinding dengan Panel Kayu Alami

panel dinding
Kesan kayu alami yang hangat

Tidak melulu menggunakan kayu yang sudah diolah sedemikian rupa, kayu alami juga dapat dijadikan sebagai panel dinding. Tentu saja ini akan memberikan kesan tersendiri seperti kayu alami yang memberikan suasana hangat dan natural.

Meskipun alami, Panel kayu alami yang dipasang di dinding juga akan memberikan kesan rustic yang menarik. Tekstur dan gradasi warna yang tidak rata akan menambah kesan lebih memikat dan unik. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan furniture kayu agar tampilan dan kesan natural lebih maksimal.

2. Dinding Kayu Bekas

Panel dinding bertema kayu natural juga bisa menggunakan reclaimed wood atau kayu bekas. Kesan berantakan dan lusuh akan memberikan kesan kontras pada ruangan dan tidak monoton. Pola ini juga membuat ruangan memiliki gaya natural dan elektrikal. 

Panel dengan kayu bekas akan membuat ruangan lebih hidup, berwarna/tidak monoton dan aksen yang lebih artistic. Pola panel dinding dengan kayu bekas seperti ini dapat digunakan pada ruang keluarga dan ruang tamu sebagai focal point.

3. Dinding Pola Chevron atau Herringbone

panel dinding
Dinding dengan pola chevron yang unik

Kayu memang memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya sebagai interior rumah. Kayu dapat dijadikan sebagai panel dinding yang dapat menambah nilai dan memberi kesan tersendiri. Tidak hanya dipasang dengan pola horizontal ataupun vertikal, panel dari kayu dapat dipasang dengan pola Chevron atau Herringbone. 

Pola Chevron atau Herringbone akan memberikan kesan dinamis dan mewah pada rumah. Gunakan pola ini pada salah satu sudut dinding ruangan saja dan bisa menjadi fokus utama. Pola ini sangat cocok diterapkan di kamar tidur sebagai headboard atau ruang tamu sebagai latar belakang tv.

4. Dinding Kayu Irisan

Kayu irisan dari batang pohon akan memberikan aksen sederhana, fenomenal dan alami pada dinding. Agar memiliki tampilan yang lebih maksimal, sebaiknya memilih kayu triplek atau plywood sebagai latar atau fondasi untuk menempelkan kayu irisan. Jika ingin menciptakan kesan otentik lebih maksimal, disarankan untuk melapisi potongan kayu dengan coating warna bening.

5. Dinding Kayu Tipis Vertikal Minimalis

panel dinding
Panel vertikal yang minimalis

Kayu yang dipotong tipis lalu dipasang secara vertikal dapat menjadi inspirasi panel dinding rumah selanjutnya. Desain panel ini dapat memberikan kesan tekstur unik dan minimalis. Untuk memperoleh hasil maksimal, tambahkan sentuhan lighting atau lampu modern. Perlu diperhatikan jika ingin menambahkan lampu sebaiknya  memilih lampu dengan pencahayaan redup dan berwarna kuning. Hal ini dapat memberikan suasana natural, lebih hangat dan homey.

6. Desain Dinding Kayu Mozaik

Kesan modern dan unik juga dapat diperoleh dari pola mozaik atau memasang kayu pada dinding dengan pola mozaik. Gunakan kayu dengan tekstur dan warna yang memiliki kontras dan gradasi warna yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk membuat tampilan unik dan jarang dijumpai. Tampilan dari pola ini dijamin akan membuat banyak orang terpana. 

Nah itulah 6 inspirasi panel dinding kayu perindah rumah terbaik. Diharapkan ulasan diatas bisa menjadi inspirasi bagi pembaca yang sedang bingung mencari desain panel untuk mempercantik dinding rumah. Semoga informasi ini bisa menambah inspirasi panel dinding rumah Anda ya!

Baca Juga : »