Posted : 09 Apr 2021
Category :
Baca Juga : «

Pagar menjadi elemen penting dalam melindungi rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti untuk menghindari orang masuk sembarangan dan lain sebagainya. Pagar juga memiliki peran dalam mempercantik eksterior pada rumah. Penggunaan material kayu untuk membuat pagar juga banyak diterapkan. Dahulu pagar rumah kayu lebih populer karena proses pembuatannya yang mudah. 

Serta biaya pembuatannya juga relatif lebih murah. Namun untuk sebagian orang menilai penggunaan pagar yang terbuat dari bahan kayu kurang awet dan mudah lapuk. Namun bagi pemilik rumah kayu menggunakan pagar berbahan kayu akan lebih matching dengan desain rumahnya. Jika Anda sedang mencari referensi untuk membuat pagar rumah kayu. Berikut beberapa contoh yang dapat Anda tiru.

Inspirasi Model Pagar Rumah Kayu

1. Model Pagar Kayu Klasik Khas Eropa

pagar rumah kayu
Memberikan sentuhan Eropa pada pagar rumah

Model pagar kayu dengan gaya klasik cocok diterapkan pada halaman rumah. Selain itu juga dapat digunakan pada sekeliling rumah. Model pagar kayu ini dibuat dari kayu solid utuh tanpa dibelah dengan ujung berbentuk segitiga. Kemudian dirangkai dengan posisi berjajaran. 

Warna model pagar rumah kayu bergaya klasik Eropa ini umumnya menggunakan warna putih terang. Sehingga cocok dipadukan dengan desain rumah kayu minimalis artistik yang sedang banyak digemari. Namun bagi Anda yang menyukai nuansa rustic. Anda dapat mempertahankan warna asli kayu tersebut. Untuk mendapatkan nuansa natural yang kental.

2. Konsep Kayu dengan Kombinasi Besi

Jika Anda menganggap penggunaan material pagar yang sepenuhnya terbuat dari kayu. Terasa monoton dan kurang variatif. Anda dapat membuat pagar rumah dengan mengkombinasikan dengan besi. Untuk menciptakan pagar rumah dengan bentuk yang lebih segar dan unik. 

Kombinasi antara kayu dengan besi yang dibuat secara artistik dapat menambah tampilan eksterior pada rumah menjadi lebih menawan. Kombinasi warna antara kayu dan besi juga perlu disesuaikan dengan warna cat rumah. Untuk mendapatkan hasil yang indah.

3. Model Kayu Bentuk Horizontal

pagar rumah kayu
Membuat pagar dengan bentuk horizontal

Model pagar rumah kayu dengan bentuk horizontal terlihat simpel dan memberikan kesan yang elegan pada rumah. Model pagar rumah dengan konsep seperti ini cocok diterapkan untuk pecinta kesederhanaan. Dimana model pagar tidak memiliki banyak aksen yang rumit. Pagar kayu ini dibuat dengan pola yang mudah. Dimana kayu hanya disusun secara sejajar dengan arah horizontal. 

Untuk bagian penyangga dapat juga menggunakan material besi yang dipasang secara vertikal. Penggunaan besi sebagai penyangga lebih disarankan agar lebih kuat. Sehingga mempermudah proses pengerjaannya. Penggunaan warna asli dari kayu juga memberikan kesan alami yang menenangkan. Untuk melapisi pagar kayu tersebut. Anda dapat menggunakan vernish untuk melapisinya. 

4. Menerapkan Konsep Bergaya Britain

Jika Anda menginginkan model pagar rumah kayu yang lebih menawan. Dengan aksen pagar yang lebih artistik. Anda dapat meniru model pagar rumah khas Britania. Pagar dibuat dengan ukuran minimalis dengan ukuran yang rendah. Oleh karena itu pagar rumah yang terbuat dari kayu dengan model seperti ini hanya dapat digunakan sebagai pembatas antara halaman rumah dengan jalan raya.

5. Model Pagar Kayu Minimalis dengan Tanaman Hias

pagar rumah kayu
Mempercantik pagar dengan tanaman hias

Jika Anda hobi menanam tanaman hias atau bunga-bungaan. Model pagar rumah kayu dengan pot tanaman di sekelilingnya dapat Anda jadikan referensi. Pot tanaman dapat dibuat dari papan kayu yang mengelilingi pagar. Tampilan pagar rumah dengan jajaran tanaman membuat suasana depan rumah terasa asri dan menawan.

Bagaimana tertarik membuat pagar rumah kayu seperti referensi di atas? Semoga contoh-contoh pagar rumah tersebut dapat menginspirasi Anda ya!

Baca Juga : »