Posted : 08 Apr 2021
Category :
Baca Juga : «

Kayu menjadi elemen penting pada seluruh bagian rumah. Termasuk pada pembuatan tangga rumah. Model tangga kayu klasik umumnya digunakan pada bangunan rumah tua. Sebelumnya model tangga seperti ini memang jarang digunakan karena kebanyakan dari masyarakat lebih menyukai model tangga minimalis dan modern dengan railing atau pegangan semacam logam. 

Seiring berkembangnya waktu model tangga kayu klasik juga banyak peminatnya karena modelnya yang unik dan berbeda dari biasanya. Tanpa disadari model tangga juga ikut menentukan keindahan pada interior dalam rumah. Sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang. Agar tidak salah memilih model tangga yang sesuai. Berikut ini beberapa inspirasi model yang dapat Anda simak selengkapnya.

Inspirasi Model Tangga Kayu Klasik

1. Model Tangga Kayu Vertikal

model tangga kayu klasik
Bentuk vertikal untuk tangga kayu

Model tangga Kayu klasik pertama yang dapat Anda jadikan inspirasi adalah model tangga kayu vertikal. Ide tangga kayu ini dibuat untuk memberikan kesan simpel namun tetap terlihat elegan. Model tangga kayu ini cocok diterapkan pada rumah berkonsep minimalis. Dimana luas ruang untuk penempatan posisi tangga sangat terbatas. Agar tangga kayu model vertikal ini memberikan suasana yang hangat pada ruangan. 

Anda dapat menggunakan warna-warna natural yang soft seperti kombinasi warna putih dengan warna natural kayu. Atau dapat juga menggunakan warna asli kayu dengan sentuhan warna natural yang gelap lainnya. Tangga kayu klasik dengan model vertikal ini umumnya dibuat tanpa menggunakan railing pada pinggirannya. Sehingga kurang cocok diterapkan untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah.

2. Konsep Tangga Kayu Rustic

Membuat tangga bergaya rustic sangat cocok digunakan pada desain rumah kayu klasik yang sederhana. Tangga kayu bergaya rustic terlihat sangat simpel dan unik. Sehingga dapat menambah suasana yang hangat pada ruangan. 

Model tangga kayu bergaya rustic dapat dibuat dengan menggunakan batang kayu yang dipotong menjadi dua bagian. Batang kayu tersebut digunakan sebagai anak tangga. Sedangkan penghubung antara anak tangga menggunakan papan kayu.

3. Model Tangga Kayu dengan Bentuk Memutar

model tangga kayu klasik
Bentuk memutar yang cocok untuk rumah gaya vintage

Tangga kayu dengan bentuk memutar biasanya digunakan pada rumah-rumah mewah bergaya vintage. Model tangga kayu klasik dengan bentuk memutar kurang cocok digunakan pada rumah minimalis. Itu karena model tangga seperti ini memakan banyak ruang. 

Tangga kayu klasik dengan model memutar umumnya dibuat dengan railing atau pagar yang terbuat dari logam dan kayu. Namun akan lebih indah menggunakan logam dari stainless steel atau besi untuk railing tangga kayu. Selain lebih kuat akan terlihat kombinasi yang pas antara kayu dan logam.

4. Penerapan Gaya Industrial

Ide tangga kayu klasik dengan gaya industrial juga sedang banyak diminati. Model tangga kayu seperti ini biasanya digunakan pada bangunan cafe dan restoran. Namun tidak ada salahnya digunakan pada rumah Anda. Kesan simpel dan tegas dari aksen tangga bergaya Industrial. Membuat tampilan rumah menjadi lebih hidup.

5. Model Tangga Kayu dengan Bentuk Melengkung

model tangga kayu klasik
Gaya tangga melengkung yang cantik dan unik

Jika Anda menyukai aksen tangga dengan bentuk yang menawan. Model tangga kayu klasik dengan bentuk melengkung dapat diterapkan pada rumah. Bentuk tangga kayu yang melengkung membuat kesan unik dan juga mewah pada ruangan. 

Model tangga ini dapat menggunakan railing yang terbuat dari kayu. Atau dapat juga dengan menggunakan besi. Anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan yang sesuai dengan interior dalam ruangan.

Model tangga kayu klasik memang sangat menarik dan bisa menambah estetika interior pada ruangan Anda. Semoga inspirasi model tangga kayu di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat.

Baca Juga : »