Posted : 04 Jul 2021
Category :
Baca Juga : «

Plafon menjadi salah satu elemen penting dalam rumah yang tidak boleh dilewatkan. Kebanyakan rumah saat ini mengusung model plafon minimalis dengan sentuhan yang simpel dan elegan. Tidak perlu menggunakan pola yang rumit untuk menutupi langit-langit rumah. Anda bisa menggunakan model plafon minimalis yang sedang populer saat ini.

Proses pengerjaannya juga cukup mudah dan tidak menyita waktu yang lama. Material yang digunakan juga bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Berikut ini beberapa inspirasi model plafon minimalis terbaik dan paling populer.

Inspirasi Model Plafon Minimalis

1. Plafon dengan Bahan Triplek

plafon minimalis
Bahan kayu triplek untuk membuat plafon

Triplek menjadi bahan plafon yang paling umum digunakan di rumah-rumah sejak dulu. Selain harganya yang tergolong terjangkau dan mudah dicari, proses pemasangannya juga mudah. Mungkin banyak orang yang mengira jika plafon yang terbuat dari bahan triplek kurang menarik dan terlihat monoton. 

Sebenarnya Anda bisa mengkreasikan bahan triplek menjadi model plafon minimalis yang cantik. Meskipun plafon berbahan triplek tergolong kurang tahan lama dan cepat rusak. Model plafon ini bisa dijadikan alternatif untuk budget yang terbatas.

2. Plafon dengan Gypsum

Plafon minimalis dengan bahan gypsum banyak ditemui di rumah-rumah yang mengusung konsep minimalis modern. Ada banyak sekali model plafon gypsum yang bisa Anda terapkan di rumah. Namun yang paling banyak digunakan adalah model plafon gypsum dengan bentuk simetris yang simpel dan tidak banyak ornamen yang rumit. Kesan dari model plafon gypsum ini terlihat sangat elegan dan modern. Akan lebih cantik lagi jika ditambahkan fitting lampu yang sesuai dengan konsep interior di dalam rumah.

3. Membuat Plafon Berbahan GRC

plafon minimalis
Jenis plafon yang terbuat dari GRC

Plafon berbahan GRC cocok untuk Anda yang menginginkan plafon rumah tahan lama dengan harga yang terjangkau. Glassfiber reinforced cement atau GRC ini merupakan material yang terbuat dari campuran serpihan kaca dan semen. 

Ketahanan plafon berbahan GRC tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya material GRC tahan terhadap air dan api. Namun dibalik kelebihannya tersebut, material GRC mudah retak walaupun terkena benturan ringan. Sehingga proses pemasangannya cukup sulit dan harus ekstra hati-hati. 

4. Plafon Minimalis Akustik

Plafon akustik dibuat dari material dasar berupa serat mineral rockwood. Material tersebut memiliki daya redam suara yang cukup baik pada ruangan. Model plafon akustik ini biasanya digunakan di ruangan yang membutuhkan peredam. 

Salah satunya seperti di auditorium, ruang musik, ruang rapat dan lainnya. Meskipun begitu Anda juga bisa menggunakan model plafon ini di rumah. Terutama untuk Anda yang gemar memutar musik dan sangat menjaga privasi. Agar tidak mengganggu tetangga di sekeliling Anda.

5. Bahan Plafon PVC 

plafon minimalis
Jenis plafon dari PVC yang banyak dipakai

Material PVC banyak digunakan  pada komponen bangunan. Termasuk untuk plafon rumah, proses instalasi plafon berbahan PVC juga cukup mudah dilakukan. Apalagi bobot dari plafon PVC ini sangat ringan dibandingkan dengan jenis plafon lain. Anda bisa dengan mudah memasangnya sendiri di rumah. Model plafon dengan bahan ini akan bertahan lama karena sifat PVC yang tahan air, anti rayap, dan tidak mudah terbakar.

6. Model Plafon Minimalis Berbahan Eternit

Plafon eternit banyak digunakan sejak dulu. Meskipun tidak sepopuler jaman dulu plafon berbahan eternit cukup baik untuk menutup langit-langit atap rumah. Plafon eternit termasuk cukup awet karena tidak mudah rusak saat terkena air dan juga tahan api. Namun bahan eternit mudah retak dan agak rapuh. Sehingga cukup sulit dalam proses instalasinya karena harus berhati-hati.

Itulah beberapa model plafon minimalis yang bisa Anda jadikan referensi untuk diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan membantu menemukan model dan bahan plafon yang sesuai.

Baca Juga : »