Klasifikasi Kayu Sungkai: Kelebihan dan Kekurangannya

15 Sep 2020

image kayu-sungkai

Tidak kalah dengan kualitas kayu jati, kayu sungkai juga memiliki kualitas mumpuni untuk dijadikan bahan baku kerajinan dan juga furniture. Selain itu, jenis kayu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan, seperti pintu, jendela rumah, konstruksi rangka atap dan sebagainya. Pohon sungkai itu sendiri biasanya ditemukan di Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan hampir seluruh wilayah di Kalimantan.

6 Fakta Menarik Kelebihan Kayu SungkaiĀ 

kayu sungkai
Berbagai kelebihan dari jenis kayu sungkai

1. Memiliki Serat yang Bagus

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh kayu ini adalah memiliki serat kayu yang sangat bagus. Serat yang dimilikinya yaitu kasar dan terkesan kesat ketika diraba. Alur dari serat tersebut berupa garis lurus dan beraturan. 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kayu ini dipilih sebagai bahan baku pembuatan furniture. Furniture yang dihasilkan akan semakin unik jika memilih konsep minimalis. Alasannya karena akan menonjolkan serat tersebut. 

2. Mudah Diolah 

Kelebihan selanjutnya yaitu kayu sungkai mudah diolah. Fakta ini tentu sangat menguntungkan pengrajin maupun pengusaha mebel. Alasannya karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk bisa mengolahnya. Tidak hanya waktu tetapi tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat mengolahnya menjadi bahan furniture.

3. Memiliki Bobot Lebih Ringan

Kayu jenis ini memiliki bobot lebih ringan jika dibandingkan dengan bobot kayu jatu maupun kayu ulin. Bobotnya yang ringan membuat produk furniture yang dihasilkan mudah untuk dipindahkan. Proses pembuatannya juga lebih mudah dibandingkan ketika menggunakan kayu lainnya.

4. Memiliki Warna yang Cerah 

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh kayu sungkai adalah didominasi oleh warna cerah. Dimana gubal pada kayu ini  berwarna putih hingga kuning pucat. Sedangkan bagian teras memiliki warna sedikit gelap. 

Warna pada gubal dan teras yang tidak terlalu kontras membuat furniture yang dihasilkan perlu menggunakan warna yang transparan. Hal ini dikarenakan perpaduan warna tersebut akan memberikan kesan elegan. 

5. Memiliki Tingkat Kekerasan yang Lumayan Tinggi 

Kelebihan berikutnya dari jenis kayu ini adalah memiliki tingkat kekerasan yang lumayan tinggi. Karakter keras yang dimilikinya membuat kayu ini tidak mudah pecah, retak dan lapuk ketika dijadikan bahan pembuatan furniture.

6. Harganya Terjangkau  

Berbeda dengan kayu jati yang dijual dengan harga yang cukup mahal, kayu sungkai dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak mengherankan jika banyak pengrajin yang beralih menggunakan kayu ini untuk dijadikan bahan pembuatan furniture. 

Kekurangan Kayu Sungkai

kayu sungkai
Jenis kayu yang kurang cocok untuk digunakan di luar ruangan

1. Tidak Cocok untuk Penggunaan Luar Ruangan

Meski memiliki banyak kelebihan bukan berarti kayu ini tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari kayu ini adalah tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan. Misalnya kayu ini dijadikan bahan baku untuk membuat kursi dan akan diletakkan diluar ruangan.

Berada di luar ruangan berarti kursi tersebut akan terkena sinar matahari secara terus menerus. Selain itu, juga akan terkena air hujan saat turun hujan. Tidak hanya itu saja, kayu ini juga tidak tahan dengan serangan hama rayap.

2. Tidak Awet dan Kuat 

Memiliki kelas keawetan III dan kelas kekuatan II menunjukkan jika kayu ini bukanlah kayu yang awet dan kuat. Kondisi ini membuat kayu sungkai tidak tahan engan serangan berbagai jenis hama, seperti jamur, rayap dan juga totor.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu sungkai. Diharapkan dengan penjelasan diatas pembaca menjadi tahu lebih dalam mengenai kayu jenis ini. Semoga bermanfaat ya !