Posted : 05 Dec 2020
Category :
Baca Juga : «

Mendengar istilah kayu reklamasi, mungkin akan terdengar awam bagi sebagian orang. Kayu reklamasi sendiri adalah kayu yang diambil dari perabot benda lainnya, atau biasa juga disebut dengan istilah reclaimed wood. Ternyata, kayu reklamasi ini bisa dijadikan beragam furniture cantik untuk menghiasi rumah. Apa sajakah itu?

5 Ide Dekorasi dari Kayu Reklamasi

1. Pajangan Dinding dari Kayu Reklamasi

kayu reklamasi
Bahan untuk membuat pajangan dinding yang aesthetic

Kayu reklamasi sendiri mudah didapatkan dimana saja, seperti bekas peti kemas, furniture kayu bekas, bahkan lantai atau dinding rumah. Jika kamu mempunyai bekas bahan dari kayu, jangan langsung serta merta dibuang jika kondisinya masih memungkinkan untuk dipakai. Kamu bisa mengubahnya menjadi pajangan dinding yang akan membuat suasana unik.

Tidak hanya itu, untuk membuat pajangan dinding dari kayu reklamasi ini juga cukup mudah. kamu juga bisa mengubah bentuk asli maupun warna asli kayunya dengan sentuhan cat warna sesuai dengan selera dan gaya ruangan yang diinginkan.

2. Sekat Ruangan

Dekorasi dari reclaimed wood selanjutnya bisa kamu jadikan sebagai sekat ruangan. Selain membuat fungsi ruangan jadi tertata lebih baik, menggunakan kayu reklamasi sebagai sekat ruangan juga merogoh kocek yang relatif terjangkau. Sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan kamu.

Tips yang bisa kamu lakukan jika memilih dekorasi yang satu ini adalah pastikan tidak membuat sekat terlalu tinggi, sehingga ruangan tidak tampak sempit. Selain itu, kamu juga bisa membuat sekat bermotif untuk menyuguhkan nilai estetika yang tidak kalah cantik..

3. Rak Gantung Gaya Industrial

kayu reklamasi
Pemanfaatan reclaimed wood sebagai rak gantung yang unik

Selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan dari reclaimed wood adalah dengan membuat rak gantung bergaya industrial.  Selain dapat mempercantik tampilan dapur, rak gantung ini juga bisa membuat dekorasi rumah kamu semakin modern dan kece.

Pembuatannya juga cukup mudah, kamu tinggal menyesuaikan ukuran dapur, maupun ruangan yang akan diberi rak gantung. Setelah itu, kamu bisa memberinya paku atau ornamen lainnya untuk menggantung.

4. Bar Kitchen

Selanjutnya ada bar kitchen kayu reklamasi yang menonjolkan kesan klasik meskipun terbuat dari bahan daur ulang. Selain akan membuat tampilan lebih menarik, penggunaan kembali bahan reclaimed wood juga bisa menjaga lingkungan sekaligus kamu menerapkan eco living yang dapat berdampak baik pada kesehatan lingkungan.

Penggunaan kayu sebagai aksen maupun hiasan, interior, dan furniture tengah marak di kalangan masyarakat. Karakteristik kayu yang awet, dan menyuguhkan tampilan klasik dan alami inilah yang menjadikannya digandrungi banyak masyarakat. Tidak usah heran jika sekarang banyak bermunculan kafe-kafe dengan nuansa alami dari bahan utama kayu.

5. Dinding Berlapis Kayu Bekas

kayu reklamasi
Menggunakan reclaimed wood sebagai dinding yang unik

Selain keempat pemanfaatan di atas, kamu juga bisa melapisi dinding rumahmu dengan kayu reklamasi. Dinding yang dilapisi kayu sendiri pastinya akan lebih awet, tidak merembes atau bocor saat hujan, dan pastinya lebih bernilai estetika tinggi. Singkirkan semua pigura, wallpaper, dan jam dinding rumahmu.

Dengan memanfaatkan reclaimed wood sebagai lapisan dinding, kamu juga bisa menyusunnya berdasarkan pola tertentu, sehingga membuat dinding rumahmu menjadi bertema dan tetap apik. Kamu juga bisa menambahkan sedikit hiasan dari tanaman plastik, atau lampu berwarna kecoklatan, sehingga menyuguhkan ruangan rumah yang tampak klasik.

Itulah lima dekorasi dari kayu reklamasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghias rumahmu. Kamu bisa menambahkan cat kayu atau melakukan finishing ulang agar kayu reklamasi tampak seperti baru. 

Baca Juga : »