Posted : 25 Aug 2020
Category :
Baca Juga : «

Jenis kayu untuk tangga memang tidak bisa sembarangan, karena selain sebagai pelengkap kemewahan dari suatu rumah yang bertingkat, tangga juga sangat penting untuk keselamatan kita saat sedang menaikinya. Sehingga kayu ini harus menjadi papan pijakan yang nyaman, kuat dan tidak licin.

Sebelum itu, maka akan diterangkan dulu bahwa jenis kayu sebenarnya ada 2 macam, dimana yang pertama adalah jenis papan pada tangga kayu yang menempel dengan beton. Lalu yang kedua, yakni jenis papan kayu yang hanya berdasarkan ketebalannya saja, maka jenis yg melayang ini dikategorikan lebih kuat daripada yang menempel di beton.

Jenis Kayu untuk Tangga dengan Kualitasnya Masing-Masing

Jika Anda bertanya seperti apa jenis kayu yang cocok untuk tangga, tentu ada bermacam, bahkan hampir semua jenis kayu semestinya bisa digunakan untuk pembuatan tangga. Namun berikut akan disebutkan mana saja yang paling kuat dan bertekstur indah! Dengan menggunakan jenis kayu untuk tangga yang recommended ini, dijamin Anda akan puas!

1. Kayu Kamper dengan Ketahanan yang cukup kuat

jenis kayu untuk tangga
Memakai kayu Kamper untuk tangga yang kuat

Jenis kayu untuk tangga yang satu ini, mempunyai ciri khas aroma yang berbeda dari kayu yang biasanya. Adapun beberapa kelebihannya antara lain yakni, kuat terhadap gigitan serangga, bertekstur indah dan halus, serta beratnya lebih ringan dari kayu jati, yang pasti pun memiliki harga yang lebih terjangkau.

Pada jenis kayu kamper sendiri pun juga bisa digunakan untuk pembuatan jendela dan pintu, sehingga bisa disimpulkan bahwa selain multifungsi, kayu ini juga memang punya daya tahan yang kuat bersamaan dengan harga yang hemat di kantong.

2. Kayu Kelapa, yang Telah Berumur 60 Tahun Ke Atas

Jenis kayu untuk tangga yang selanjutnya, merupakan kayu kelapa yang sudah berumur 60 tahun ke atas. Mengapa begitu? Sebab di usia tersebut, maka kayu sudah tidak dapat lagi menghasilkan kelapa, maka setelah ditebang maka baru bisa dijadikan material kayu untuk rumah kita

Beberapa kelebihan dari kayu jenis ini adalah, bisa dijadikan balok kayu yang kuat. Sehingga sangatlah cocok untuk tiang penyangga atap rumah. Adapun kayu juga cukup berpenampilan menarik dan estetik. Sehingga sangat baik juga bila digunakan untuk tangga supaya lebih menarik serta unik.

3. Kayu Meranti Merah, yang Baik untuk Railing Tangga

jenis kayu untuk tangga
Jenis kayu Meranti Merah yang cocok untuk railing tangga

Rekomendasi ketiga adalah kayu meranti merah yang tidak mudah menyusut ataupun memuai karena perubahan suhu. Sehingga diakui pula cukup kuat dan awet. Nah kayu yang satu ini, selain baik untuk railing tangga ternyata juga bagus untuk pembuatan parket lantai, kusen jendela atau pintu, rangka atap dan alas lantai rumah.

4. Kayu Merbau, yang Bisa Mematahkan Gergaji

Saking kuatnya, jenis kayu untuk tangga yang satu ini bisa mematahkan gergaji bila si penggunanya tidak hati-hati atau sedang ceroboh. Memiliki harga yang tidak semahal kayu jati, kayu merbau ini tetap saja termasuk agak mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan dua jenis kayu yang telah disebutkan di atas.

Adapun finishing alami pada kayu merbau ini, yaitu warna hitam yang tentu memberi kesan modern dan elegan pada setiap rumah. Jadi bila Anda merasa kesulitan mencari kayu jati, maka gunakanlah kayu merbau sebagai penggantinya, sebab ia bertekstur cukup stabil dan keras.

5. Kayu Jati, yang Selalu Menjadi Juara

jenis kayu untuk tangga
Memakai kayu jati untuk tangga yang kuat dan tahan lama

Jenis kayu yang terakhir adalah jenis kayu jati, yang tentu selalu berhasil mencuri hati sejak jaman dulu. Keindahan, kestabilan, kekuatan, dan ketahanan pada jamur maupun serangga sudah jadi ciri khasnya yang melekat. Bahkan bahan kimia dan suhu cuaca, juga bisa ditahannya dengan jangka waktu yang cukup lama

Sekian penjelasan singkat di atas terkait jenis kayu untuk tangga yang terbaik di atas. Semoga bisa menjadi referensi maupun ide inspirasi bagi Anda yang membutuhkan.

Baca Juga : »