Posted : 07 Mar 2024
Category :
Baca Juga : «

Setiap bagian bangunan memerlukan perawatan, termasuk bagian kusen pintu, utamanya yang terbuat dari kayu. Perlakuan ini diterapkan bukan hanya pada bangunan lama, tetapi juga bangunan baru sebagai langkah pencegahan. Mengingat, kusen pintu rentang diserang jamur karena lembab, juga rayap yang kemungkinan bikin keropos.

Cara merawat kusen pintu sendiri tidaklah rumit. Anda pun tidak perlu menghubungi layanan perawatan kusen buat itu. Adapun perlakukan merawat kusen pintu sendiri terbilang mudah. Lantas, bagaimana cara merawat kusen pintu agar bebas rayap dan jamur? Berikut langkah tepatnya!

Merawat Kusen Pintu dengan Membersihkannya dari Debu

Bisa jadi Anda sering membersihkan kusen pintu dari debu memakai kemoceng. Ini termasuk langkah yang benar. Namun, bagaimana jika terdapat noda membandel? Perlakuan termudahnya adalah mengelapnya dengan kain halus yang diberi sedikit air. Akan lebih baik jika airnya diganti cairan pembersih khusus.

Namun ingat, zat cair berpotensi menimbulkan kelembaban yang memicu hadirnya jamur. Agar ini tidak terjadi, sebaiknya lakukan pencegahan dengan mengelap kusen pintu dengan cepat. Awas, cairannya jangan sampai ke lantai vinyl karena khawatir turut menimbulkan noda, kecuali Anda pakai vinyl Courtina. Mengingat harga vinyl lantai di sana begitu kompetitif.

Merawat Kusen Pintu dengan Mengolesinya Pakai Zat Anti Rayap

harga vinyl lantai
cara merawat kusen pintu (pexels.com)

Kusen pintu Anda bermasalah? Sebaiknya cepat beli zat anti rayap, ya. Bisa melalui toko daring ataupun datang langsung ke toko. Praktik mengolesi kusen pintu dengan zat anti rayap ini pun terbilang gampang. Ya, Anda cukup mengoleskannya pada tiap sisi kusen. Supaya tidak diserang rayap, sebaiknya rutinkan untuk mengolesi produk ini. Setidaknya sebelum dan sesudah kusen pintu pertama dipasang.

Lebih lanjut, zat anti rayap ini terbilang efektif melindungi kusen pintu dari serangan rayap. Pembasmian rayap pun bisa dilakukan zat satu ini. Kalau khawatir lantai vinyl di rumah Anda diserang rayap, Anda pun boleh mengaplikasikannya juga. Namun, kemungkinan tersebut akan sulit terjadi jika Anda pakai lantai vinyl Courtina. Harga vinyl lantai di sana tidak hanya kompetitif, tetapi juga punya kualitas bagus.

Merawat Kusen Pintu dengan  dengan Mengaplikasikan Lapisan Pernis

Musuh kusen pintu bukan hanya jamur dan rayap tetapi juga hujan. Untuk diketahui, air hujan mengandung asam yang berpotensi membuat warna kusen cepat pudar. Nah, sebagai langkah pencegahan, coba aplikasikan lapisan pernis untuk langkah perawatan. Jika belum punya, silakan beli di toko online atau toko sebelah rumah.

Pengaplikasian lapisan pernis pada kusen kayu bisa Anda lakukan sendiri saking mudahnya. Cukup gunakan kuas lalu sapukan pada kusen pintu bangunan. Kusen rumah Anda bukan hanya aman tetapi juga akan berkilauan. Nah, jika dinding bangunan Anda pun berbahan kayu, bisa juga mengaplikasikan cara ini. Namun, ini tidak berlaku pada lantai vinyl, ya. Sebagai langkah pencegahan lantai vinyl bermasalah, selalu gunakan produk Courina. Sebab, tidak hanya estetik, harga vinyl lantai di sana bersaing, lho!

Merawat Kusen Pintu dengan Melakukan Pengecatan Ulang

harga vinyl lantai
cara merawat kusen pintu (pexels.com)

Melakukan pengecatan ulang pada kusen pintu terbilang cukup worth it. Langkah ini juga perlu dilakukan jika warna kusen rumah Anda mulai pudar. Namun jangan asal dalam melakukannya, ya. Terdapat cara-cara khusus yang penting diterapkan. Salah satu yang paling penting adalah melakukan pembersihan kusen dari debu dan noda yang menempel.

Tujuan pembersihan kusen pintu sebelum pengecatan sendiri adalah supaya cat yang dipakai dapat menempel secara maksimal. Setelahnya, jangan lupa buat olesi kusen dengan pernis agar bebas jamur dan rayap, plus warnanya berkilau. Kusen sudah cantik, pastikan lantai bangunan Anda cantik juga. Sebagai saran, segera cek harga vinyl lantai Courtina. Sebab, harganya kompetitif, begitupun pilihan warnanya banyak. Nah, jadi itulah beberapa cara merawat kusen pintu paling worth it dan bisa dicoba di bangunan Anda. Sekali lagi, pastikan dilakukan secara optimal agar permasalahan tidak muncul kembali. Jangan lupa juga menggunakan lantai vinyl Courtina yang terbukti berkualitas serta punya beragam pilihan corak cantik.

Baca Juga : »