Posted : 08 Mar 2024
Category :
Baca Juga : «

Kamar tidur yang nyaman dan hangat adalah idaman semua orang, termasuk anak-anak Anda di rumah. Mengingat kamar tidur anak-anak identik dengan sesuatu yang lucu, tentu Anda perlu mendesain kamarnya menarik. Namun, sebaiknya tetap pertahankan nuansa nyaman dan hangat di sana. 

Nah, untuk mewujudkannya, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan warna, sorot cahaya, hingga pemakaian material kayu. Selain itu, furnitur di dalamnya harus dipikirkan, berhubung ini akan digunakannya dalam jangka waktu lama. Adapun desain kamar atau furnitur yang  digunakan tetap disesuaikan preferensi Anda. Nah, untuk praktiknya sendiri, silakan simak uraian berikut dengan saksama ya!

Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Memertimbangkan Kebutuhan Ergonomi

Kursi dan meja termasuk furnitur yang selalu ada di setiap kamar. Ini biasanya akan dipakai dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, pemilihannya kudu dipikirkan baik-baik, mengingat anak-anak akan bertambah besar setiap harinya. Setidaknya mulai dari sekolah dasar hingga menengah ke atas.

Untuk memilih kursi, sebaiknya sesuaikan dengan kenyamanan anak. Begitupun saat hendak memasang kursi, pastikan posisinya pas dan sesuai. Sebagai informasi, guna mendapatkan posisi duduk yang baik, penting agar lutut tidak tekuk kurang dari 90 derajat, kepala menghadap ke depan (bukan ke bawah), lengan atas berada dekat dengan badan, dan siku tekuk tidak kurang dari 90 derajat. 

Selain itu, pergelangan tangan harus tetap lurus (tidak membungkuk lebih dari 15 derajat), dan kaki harus diletakkan secara rata di permukaan. Penting juga untuk kursi memiliki penyangga punggung guna mendukung postur tubuh anak dengan baik. 

Agar tampilannya serasi dengan kamar, sebaiknya pilih warna meja dan kursi yang sama dengan nuansa kamar. Nah, jika kebetulan lantainya berbahan kayu, pastikan corak bagus dan bertekstur halus, seperti halnya produk Courtina. Mengingat, harga papan kayu di sana bersaing.

Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Menambahkan Zona Bermain dan Belajar

tips mendesain kamar tidur (pexels.com)

Untuk menciptakan nuansa nyaman pada kamar tidur anak, penting bagi Anda untuk menempatkan zona bermain di sana. Sebagai patokan, fokuslah pada gagasan bahwa tempat tidur seharusnya menjadi tempat untuk bersantai dan tidur. Jadi, tidak seharusnya, aktivitas bermain atau belajar turut dilakukan di tempat tidur.

Lebih lanjut, pertimbangkan menyediakan ruang yang memadai untuk ditempatkan meja belajar di sudut kamar. Dengan cara ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang mendukung konsentrasi dan fokus saat anak belajar. Ini termasuk cara menghindarkan si kecil dari godaan untuk mengerjakan tugas sekolah di tempat tidur. Agar kamarnya lebih estetik, pertimbangkan menggunakan lantai kayu Courtina. Bukan hanya cantik, harga papan lantai kayu di sana kompetitif.

Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Mengatur Pencahayaan yang Tepat

Memertimbangkan masuknya cahaya pada kamar, termasuk salah satu wujud perhatian Anda pada kesehatan mata anak. Langkah ini, melibatkan frekuensi cahaya alami yang memadai, lampu sebagai penerang kamar di malam hari, hingga lampu tidur jika memang diperlukan.

Beberapa anak mungkin merasa nyaman dengan adanya lampu tidur, yang umumnya mampu mengatasi kegelisahan atau ketakutan di malam hari. Namun, tidak sedikit juga anak-anak yang mulai mengerti atau terbiasa dengan lampu biasa, yang umumnya dihidupkan dan dimatikan dengan sakelar lampu.

Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Memilih Warna Dinding

tips mendesain kamar tidur (pexels.com)

Memanfaatkan warna dinding untuk meningkatkan kualitas tidur, konsentrasi, dan kenyamanan psikologis pada anak ternyata cukup worth it, lho. Sebagai informasi lebih lanjut, anak-anak bisa merasakan manfaat dari warna dinding yang cenderung lebih tenang, seperti putih atau warna-warna pastel. 

Sementara itu, kamar dengan warna terlalu cerah dan terkesan menyenangkan, justru akan membuat anak akan mengalami kesulitan dalam mencapai keadaan istirahat yang baik. Selain dinding, bisa juga Anda memertimbangkan untuk pasang papan kayu Courtina. Ini akan meningkatkan nuansa kamar anak jadi homey. Pilihan warnanya variatif dan cenderung kalem, harga papan kayu ini pun bersaing.

Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Menambahkan Papan Pin

Penempatan mading kamar atau papan pin memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menghias ruangan, dengan barang favorit mereka. Contohnya seperti peta dunia dapat atau to do list-nya. Ini akan mendorong mereka untuk memikirkan agenda yang menyengkan. Menurut desainer interior Nikki Hunt dari Design Intervention, memberikan anak Anda peran dalam merancang kamar mereka adalah hal yang penting. Ini memungkinkan anak untuk mengungkapkan kepribadian dan kreativitas mereka, serta mendorong rasa tanggung jawab terhadap pemeliharaan ruangan.

Nah, jadi itulah tips mendesain kamar tidur anak yang nyaman dan hangat. Guna menambah nuansa homey, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu terbaik dari Courtina. Motifnya cantik, awet, harga papan kayu di sana pun kompetitif.

Hubungi nomor ini untuk pemesanan dan juga informasi lebih lanjut!

Baca Juga : »