Posted : 23 Jan 2021
Category :
Baca Juga : «

Lantai kayu kini menjadi favorit banyak orang sebagai material lantai rumah karena memiliki tekstur serat yang cantik dan terlihat natural. Tidak hanya itu lantai kayu dinilai dapat menambah keindahan dan kehangatan pada sebuah ruangan. Meskipun memiliki tekstur serat yang indah, dalam memaksimalkan keindahan dari lantai kayu juga diperlukan cara mempercantik lantai kayu agar tampilannya semakin memukau.

Selain harus memadukan perabotan rumah agar serasi dengan lantai kayu di rumah, Anda juga bisa mempercantik lantai kayu dengan beberapa cara seperti mengecat atau memadukan dengan lantai keramik atau batu-batuan agar terlihat semakin menarik. Agar Anda tidak merasa kebingungan tentang cara mempercantik lantai kayu di rumah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan!

5 Cara Mempercantik Lantai Kayu di Rumah

1. Melakukan Pengecatan

cara mempercantik lantai kayu
Mengecat permukaan lantai kayu untuk memperindahnya

Agar lantai kayu di rumah Anda semakin cantik, penggunaan cat pada permukaan lantai kayu juga dapat dilakukan agar tampilan lantai terlihat lebih menarik. Kebanyakan kayu memiliki warna dasar coklat agar tidak bosan coba gunakan warna putih untuk memberikan kesan minimalis dan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas.

Penggunaan bahan cat lantai kayu sebaiknya tidak asal memilih cat kayu agar terhindar dari permukaan lantai yang terlalu licin pilihlah cat khusus untuk lantai kayu agar lebih nyaman ketika dipijak.

2. Menggunakan Pernis

Jika Anda lebih suka dengan corak serat kayu yang menonjol sebaiknya gunakan pernis. Pernis dapat membuat permukaan kayu terlihat lebih halus dan berkilau. Penggunaan pernis dengan jenis polyurethane dapat menjadi pilihan karena dapat membuat lantai kayu di rumah Anda terlihat lebih berkilau.

Apalagi jika dibandingkan dengan jenis pernis lainnya. Tidak hanya itu juga akan membuat lantai kayu Anda tahan terhadap air sehingga lebih tahan lama dan terhindar dari lembab.

3. Memadukan dengan Keramik

cara mempercantik lantai kayu
Memadukan kayu dan keramik agar lebih indah

Ruangan yang sepenuhnya menggunakan lantai berbahan kayu mungkin bagi sebagian orang terlihat membosankan. Oleh karena itu perlu dilakukan kombinasi untuk memberikan variasi pada lantai di rumahnya. Salah satu cara mempercantik lantai kayu agar tidak terlihat biasa saja dan lebih terlihat unik yaitu dengan cara memadukannya dengan lantai keramik. 

Namun, pastikan agar Anda memilih corak atau motif keramik yang sesuai dan senada dengan lantai kayu agar terlihat indah. Jika Anda salah memadukan corak lantai kayu dengan keramik akan membuat ruangan Anda terlihat aneh dan malah membuatnya semakin buruk.

4. Memadukan dengan Batu-batuan

Selain menggunakan lantai keramik untuk menciptakan kombinasi yang unik dan cantik, cara mempercantik lantai kayu juga dapat dilakukan dengan memadukan antara lantai kayu dengan batuan. Teknik memadukan lantai kayu dengan bantuan biasanya dapat Anda temukan di tempat-tempat spa yang biasanya memiliki konsep ruangan yang alami dan nyaman. Jika tertarik menggunakan cara ini, Anda dapat menggunakan batu koral sebagai bahan kombinasinya.

5. Membuat Susunan Lantai Kayu yang Unik

cara mempercantik lantai kayu
Menyusun lantai kayu dengan unik

Jika Anda tidak ingin melakukan perpaduan dengan menggunakan lantai keramik atau batuan untuk mempercantik rumah Anda. Sebagai alternatifnya Anda dapat membuat pola susunan lantai kayu seunik mungkin agar terlihat berbeda dan lebih menarik. Anda dapat menyusun potongan-potongan kayu dengan motif yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara mempercantik lantai kayu yang dapat Anda lakukan. Selain mempercantik lantai kayu Anda juga perlu memperhatikan mengenai perawatan lantai kayu yang baik dan benar agar lantai di rumah Anda lebih tahan lama, salah satu cara diantaranya yaitu dengan menggunakan bahan anti rayap atau penggunaan pernis jenis polyurethane agar lantai kayu Anda kedap air sehingga lebih awet. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.

Baca Juga : »