Posted : 22 Jan 2021
Category :
Baca Juga : «

Dibalik penggunaannya yang makin banyak digemari, lantai kayu membutuhkan beberapa perlakuan khusus untuk menjaganya tetap indah. Meskipun begitu cara membersihkan lantai kayu terbilang mudah dan tidak terlalu merepotkan. Namun, memang membutuhkan perawatan khusus jika dibandingkan dengan penggunaan lantai porselen atau keramik.

Jika Anda menggunakan atau ingin memasang lantai kayu di rumah sebaiknya mengetahui lebih banyak lagi tentang cara membersihkan lantai kayu dengan benar. Dengan begitu, lantai kayu di rumah Anda tetap terjaga keindahannya. Simak cara lengkapnya berikut ini yuk! 

6 Cara Membersihkan Lantai Kayu dengan Mudah

1. Gunakan Sapu Bertekstur Lembut

cara membersihkan lantai kayu
Menggunakan sapu yang lembut untuk membersihkan lantai

Lantai kayu juga perlu disapu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di atas lantai. Dalam memilih alat sapu Anda harus menggunakan sapu yang memiliki tekstur lembut agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan lantai karena lantai yang terbuat dari kayu rentan terhadap goresan dari benda-benda keras termasuk penggunaan sapu yang tidak tepat.

2. Gunakan Sedikit Air Saat Mengepel

Cara untuk membersihkan lantai kayu yang benar yaitu harus menggunakan sedikit air ketika mengepel lantai. Itu karena penggunaan kain pel yang terlalu basah dapat membuat lantai kayu menjadi rusak. Kayu yang merupakan material yang sensitif terhadap kandungan air yang berlebihan. 

Ketika lantai kayu terkena banyak air dalam waktu yang lama akan menimbulkan gelembung dan membuat bahan perekat pada lantai kayu mudah terlepas. Tidak hanya itu penggunaan air yang berlebihan ketika mengepel dapat membuat lantai kayu di rumah Anda menjadi mudah rapuh dan berjamur. Untuk itu ketika Anda mengepel lantai sebaiknya peras kain pel dengan benar, pastikan kandungan air pada kain pel tidak terlalu banyak.

3. Pilihlah Pembersih Lantai yang Tepat

cara membersihkan lantai kayu
Memilih bahan pembersih lantai yang tepat

Dalam menggunakan pembersih lantai pada lantai kayu tidak boleh sembarangan memilih karena penggunaan bahan-bahan kimia tertentu dapat merusak tekstur dari permukaan lantai kayu. Hindari penggunaan cairan pembersih porselen, detergen, dan bahan pemutih. Tujuannya agar tekstur permukaan lantai kayu dapat terjaga seperti sedia kala.

4. Jangan Menggunakan Benda Tajam Saat Membersihkan

Ketika terdapat kotoran yang sulit dibersihkan di permukaan lantai pasti kebanyakan orang akan mencongkelnya menggunakan benda tajam. Contohnya seperti pisau agar hilang. Namun, sebenarnya cara tersebut tidak baik dilakukan karena dapat merusak permukaan lantai kayu. Sebagai alternatif untuk membersihkan noda membandel gunakan lap microfiber dan sedikit air. Kemudian gosok-gosokan pada permukaan yang kotor hingga kotoran tersebut terlepas.

5. Gunakan Cuka untuk Menghilangkan Noda

cara membersihkan lantai kayu
Menggunakan cuka untuk membersihkan lantai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang cara membersihkan lantai kayu dari noda atau kotoran yang membandel sebaiknya tidak menggunakan benda tajam. Sebagai alternatif lain gunakan larutan cuka untuk membersihkannya. Caranya campurkan 60 ml cuka ke dalam satu liter air dan gunakan larutan cuka tersebut untuk mengepel dan membersihkan noda atau kotoran yang sulit dibersihkan.

6. Gunakan Pelicin Khusus

Permukaan lantai kayu yang mengkilap akan membuat tampilan serat-serat kayunya semakin cantik. Untuk itu, Anda perlu menggunakan pelicin khusus untuk menciptakan kilau lantai kayu Anda. Penggunaan pelicin lantai tersebut tidak harus dilakukan setiap hari, Anda dapat melakukannya setiap dua bulan sekali untuk mengembalikan warna dan kilau alami lantai kayu di rumah Anda.

Itulah 6 cara membersihkan lantai kayu dengan mudah agar lantai kayu di rumah Anda selalu terlihat cantik dan tampak seperti baru dipasang. Mungkin bagi sebagian orang menggunakan lantai kayu terbilang ribet dan perlu banyak perawatan, namun sebenarnya tidak begitu. Cukup terapkan langkah-langkah di atas dan jangan lupa untuk menggunakan bahan anti rayap agar lantai kayu di rumah Anda lebih tahan lama.

Baca Juga : »