Posted : 21 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Tinggal di apartemen banyak dipilih kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Fasilitas lengkap, akses mudah, hingga keamanan 24 jam termuat di sana. Akan tetapi, tidak sedikit di antara mereka yang mengeluhkan ruangan sempit, mengingat kebanyakan apartemen hadir dengan konsep minimalis.

Untuk mengakalinya, Anda perlu menerapkan ilusi optik agar ruang apartemen terasa lebih luas. Sebut saja seperti memilih warna, mengatur keterangan, sampai menentukan furnitur yang hendak dimasukkan. Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa silahkan simak ulasan tips mudah menyulap apartemen sempit menjadi bernuansa luas berikut ini, ya!

Memilih warna cat tembok yang cerah

Anda perlu tahu jika cat dengan tone warna terang dapat mengilusi mata. Ya warna semacam ini mampu merefleksikan ruangan kecil seakan lebih terbuka dan lapang. Selain itu, warna terang membantu memaksimalkan efek cahaya alami. Tidak seperti warna gelap yang cenderung menyerap cahaya sehingga bikin ruangan terasa kecil.

Penerapan warna terang untuk memberi kesan luas pada apartemen dapat Anda aplikasikan pada tembok, langit-langit, hingga tiang. Nah, Adapun rekomendasi warna cat terang untuk memberi kesan luas tidak hanya putih, tetapi bisa juga warna-warna pastel biru, sage, merah muda, atau peach.

Memaksimalkan Masuknya Cahaya Alami

Seperti yang sudah disinggung, cahaya bisa bikin apartemen terkesan lebih luas. Bukan hanya cahaya lampu tetapi juga cahaya alami dari matahari. Apabila ukuran jendela apartemen Anda besar jangan segan-segan membuka tirai. Izinkan cahaya mataharinya masuk dan memenuhi ruangan. 

Namun, bila jendelanya kecil bagaimana? Tenang, Anda bisa menambahkan efek lampu gantung dengan warna terang. Ini juga bisa menyulap nuansa ruangan sempit jadi lebih besar. Gampang, kan? Nah, supaya semakin estetik dan rindang, letakkan tanaman atau bunga hias di dekat jendela. Pasti eye catching!

Menggunakan Lantai Apartemen Berwarna Terang 

Warna terang untuk memaksimalkan kesan luas pada apartemen juga dapat Anda terapkan pada lantai, lho. Warna semacam ini tidak akan menimbulkan sekat yang bisa mengilusikan nuansa sempit bagi mata Anda. Sebagai saran, Anda bisa pakai vinyl flooring dengan warna-warna cerah, seperti oak white produk Courtina.

Tampilan oak white produk Courtina mirip kayu asli dengan warna cerah. Ini membuat kesan hangat dan seakan mampu menyempurnakan fungsi utama ruangan apartemen Anda. Sebetulnya selain apartemen, motif vinyl ini pun cocok buat dipakai pada lantai hotel, sekolah, kafe, hingga kantor.

Gunakan Furniture dengan Ukuran Proporsional

Menggunakan furnitur besar untuk apartemen sempit hanya bikin ruangan terkesan penuh. Untuk itu, Anda perlu proporsi yang tepat supaya ruangan terkesan lebih luas. Tips ini juga akan memudahkan Anda berjalan dalam ruangan dengan lebih leluasa. Anda pun bisa melihat lingkup luar tanpa terhalang furniture.

Adapun cara menentukan furnitur yang proporsional, pertama lihatlah langit-langit apartemen. Semakin tinggi ukurannya maka akan terasa lebih bervolume dan luas, dibandingkan apartemen berukuran sama tetapi langit-langitnya rendah. Selain itu, gunakan sofa berukuran sedang. Ingat, furnitur kecil bukan berarti tidak nyaman, ya!

Nah, jadi begitulah tips mudah menyulap apartemen sempit menjadi bernuansa luas. Satu yang penting diperhatikan adalah pemilihan warna dan jenis lantai. Seperti yang disarankan, sebaiknya gunakan lantai vinyl oak white milik Courtina. Motifnya cantik dan harga vinyl lantai di Courtina pun kompetitif. Jadi tunggu apa lagi, yuk pesan segera dengan menghubungi nomer ini!

Baca Juga : »