Posted : 19 May 2021
Category :
Baca Juga : «

Memiliki rumah idaman memang tidak harus berukuran besar. Rumah mungil berdesain minimalis rasanya sudah cukup menjadi hunian yang nyaman di era kini. Apalagi ditambah harga lahan yang kian hari kian meningkat, membuat sebagian orang lebih memilih membangun rumah berukuran kecil dan minimalis untuk menghemat biaya. Selain lebih hemat biaya juga sangat mudah dalam perawatan dan membersihkannya.

Inspirasi Model Rumah Mungil Minimalis

Tidak hanya di kota-kota besar, rumah berukuran minimalis juga cocok diterapkan di daerah pedesaan. Saat ini bangunan-bangunan rumah di daerah pedesaan mulai mengusung konsep bergaya modern, mengikuti perkembangan jaman. Bagi Anda yang ingin membangun rumah mungil, inilah beberapa inspirasi desain yang bisa menjadi pilihan:

1. Model Rumah Minimalis Bergaya Rustic Modern 

rumah mungil
Perpaduan konsep rustic dan modern

Konsep rumah mungil bergaya rustic juga dapat dikombinasikan dengan nuansa modern. Agar tidak terlihat monoton dan lebih kekinian. Rumah dengan konsep modern rustic dapat dibuat dengan tampilan bagian depan didominasi material dari alam. Contohnya seperti kayu dan batu-batuan yang akan memberikan kesan rustic pada tampilan bagian depan rumah. Anda dapat menggunakan papan kayu untuk menutup sebagian besar dinding bagian depan rumah. 

Sedangkan penggunaan material batuan alam dijadikan sebagai frame pintu utama rumah agar tampilannya semakin indah dan memberikan kesan rustic yang kental. Agar tampilan rumah tetap terlihat modern, konstruksi rumah dibuat dengan gaya persegi. Beberapa jendela kaca panjang dengan bentuk minimalis dipasang di sisi-sisi rumah.

2. Model Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Kekurangan memiliki rumah berukuran minimalis memang terasa sempit dan kurang leluasa. Untuk menyiasati rumah mungil agar memiliki ruangan yang lebih luas yaitu dengan membangunnya menjadi bangunan dua lantai. Tampilan keseluruhan bagian depan rumah minimalis modern ini di dominasi warna-warna netral. 

Seperti warna putih, abu-abu, dan cream. Pada bagian depan rumah dipasang jendela kaca besar dengan daun pintu yang terlihat simpel dan sederhana. Tanpa banyak aksen yang menghiasinya. Untuk mempercantik tampilan bagian depan rumah, Anda dapat menggunakan susunan papan kayu yang dipasang di dinding sebelah jendela.

3. Model Rumah Minimalis Modern Klasik

rumah mungil
Gaya rumah yang modern namun tetap klasik

Jika Anda termasuk orang yang menyukai desain rumah bergaya klasik, namun tidak ingin terlihat ketinggalan jaman. Model rumah mungil dengan konsep perpaduan dari gaya modern dan klasik bisa Anda jadikan alternatif. Tampilan pada bagian rumah yang mengusung konsep ini akan terlihat unik dan cantik. 

Anda dapat menggunakan dekorasi bata hitam dan cat berwarna putih pada dinding bagian depan rumah. Rumah bergaya modern klasik ini juga dapat diadaptasikan pada bangunan rumah dua lantai.

4. Model Rumah Minimalis Elegan 3 Lantai

Jika Anda merasa bangunan rumah dua lantai terasa kurang leluasa. Anda dapat mengusung konsep rumah mungil tiga lantai. Agar memiliki cukup banyak ruang di dalam rumah. Konstruksi rumah dibuat dengan gaya persegi dan didominasi warna putih yang memberikan tampilan rumah yang modern. Penggunaan jendela kaca dan pintu yang berbentuk simpel membuatnya terlihat elegan. Anda juga dapat menambahkan elemen kayu dan tanaman untuk melengkapi tampilan eksterior rumah.

5. Model Rumah Minimalis Bergaya Kontemporer

rumah mungil
Rumah gaya kontemporer yang unik

Rumah mungil minimalis dengan konsep kontemporer sangat identik dengan bangunan bergaya geometrik. Sehingga membuat tampilan pada bagian depan rumah tersebut terlihat sangat presisi dalam peletakan elemen-elemen eksteriornya. 

Penggunaan jendela kaca berukuran besar pada bangunan ini dapat memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Konstruksi bangunan rumah juga dibuat dengan gaya persegi. Sehingga tetap memberikan kesan modern yang kekinian.

Semoga beberapa inspirasi model rumah mungil minimalis di atas dapat membantu Anda menemukan ide model rumah idaman yang ideal. Dalam merencanakan konsep rumah tidak hanya keindahan tampilan rumah saja yang dijadikan acuan. Tapi juga menciptakan rumah yang sehat, dengan adanya pencahayaan dan ventilasi udara yang cukup.

Baca Juga : »