Posted : 17 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Furniture kayu seakan menjadi salah tren populer dalam persoalan dekorasi rumah. Kehangatan serta keindahan alami dari kayu menciptakan tampilan elegan dan menawan di setiap ruangan. Dengan begitu, rumah Anda akan jadi lebih estetik.

Namun, dengan beragam jenis kayu dan desain di pasaran, memilih furnitur kayu yang tepat tidaklah persoalan mudah. Bukannya estetik, bisa jadi Anda memilih furniture berkualitas buruk, lho! Nah, untuk membantu Anda dalam proses mencari furniture kayu untuk menyulap rumah agar lebih estetik, yuk simak caranya pada ulasan berikut!

Pertimbangkan Jenis Kayu

Jenis kayu merupakan faktor pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli furnitur kayu. Mengingat, tiap jenis kayu punya karakteristik uniknya sendiri. Mulai dari warna, tekstur, kekuatan, hingga soal harga. Adapun beberapa jenis kayu yang terkenal untuk dijadikan furniture seperti:

  1. Kayu oak, terkenal kuat serta tampilan serat kayu yang indah.
  2. Kayu mahoni, menawarkan beragam warna dominan serta serat kayu yang halus,. Kayu ini ini sering digunakan untuk furniture dengan detail ukiran.
  3. Kayu walnut, mampu memberikan tampilan elegan dengan warna coklat tua yang dominan serta tekstur serat kayu yang menarik.

Untuk itu, pilihlah jenis kayu yang sesuai dengan preferensi Anda dalam hal penampilan dan keawetan. Pastikan juga untuk mempertimbangkan anggaran Anda, karena harga berbagai jenis kayu dapat bervariasi. Cek Harga papan kayu dari courtina sebagai pilihan unutk bahan furniture Anda.

Perhatikan Kualitas Konstruksi Furnitur

Kualitas konstruksi merupakan faktor kunci dalam menentukan kekuatan dan keawetan furniture kayu. Saat memilih furniture, periksa dengan cermat sambungan-sambungan dan detail konstruksi lainnya. Pastikan bahwa sambungan-sambungan tersebut kuat dan kokoh, tanpa ada retakan atau celah yang terlihat. Teknik pemasangan yang baik meliputi penggunaan paku, sekrup, atau perekat kayu yang berkualitas tinggi.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana bagian-bagian furnitur tersebut dipasang bersama. Jika memungkinkan, pilihlah furniture yang menggunakan teknik pemasangan tradisional seperti sambungan mortise dan tenon, yang menawarkan kekuatan dan keawetan yang lebih baik daripada sambungan yang hanya menggunakan paku atau sekrup.

Periksa Detail Finishing dan pewarnaan Furniture 

Finishing dan pewarnaan tidak hanya mempengaruhi penampilan visual furniture, tetapi juga melindungi kayu dari kerusakan dan keausan. Saat memilih furniture kayu, periksa dengan cermat lapisan finishing yang digunakan. Pastikan bahwa finishing tersebut rata dan halus, tanpa ada bintik-bintik atau goresan yang terlihat. Finishing yang berkualitas tinggi akan memberikan lapisan pelindung yang baik terhadap kelembaban, noda, dan goresan, sehingga memperpanjang umur furnitur.

Selain itu, perhatikan juga warna dan pola pewarnaan furniture. Pewarnaan yang dilakukan dengan hati-hati akan meningkatkan keindahan serat kayu dan menambah kedalaman pada warna kayu. Pastikan bahwa warna dan pola pewarnaan tersebut sesuai dengan preferensi dan gaya dekorasi rumah Anda.

Ukuran dan Proporsi

Saat memilih furniture kayu, penting untuk mempertimbangkan ukuran dan proporsi ruang di mana furnitur tersebut akan ditempatkan. Pertimbangkanlah ukuran ruangan secara keseluruhan serta ukuran furnitur yang ingin Anda beli. Pastikan bahwa furniture tersebut memiliki proporsi yang sesuai dengan ruangan, sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Selain itu, perhatikan juga proporsi furniture tersebut dalam hubungannya dengan furnitur lainnya di ruangan. Pilihlah furniture yang dapat melengkapi dan menyatu dengan furnitur yang sudah ada, sehingga menciptakan tata letak yang seimbang dan harmonis dalam ruangan.

Pertimbankan Harga dan Nilai Furnitur

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah memperhatikan harga dan nilai furnitur kayu yang ingin Anda beli. Harga furniture kayu dapat bervariasi tergantung pada jenis kayu, kualitas konstruksi, dan merek produsen. Sebelum melakukan pembelian, bandingkan harga furniture dari berbagai toko dan produsen untuk mendapatkan penawaran terbaik. Courtina menawarkan kayu premium dengan harga papan kayu yang bervariatif sesuai dengan preferensi Anda.

Namun, selain mempertimbangkan harga, penting juga untuk memperhatikan nilai furnitur yang Anda beli. Pilihlah furnitur yang menawarkan nilai terbaik sesuai dengan anggaran Anda. Pertimbangkan kualitas konstruksi, keindahan desain, dan keawetan furniture tersebut dalam jangka panjang.

Dengan memperhatikan lima cara di atas, Anda dapat memilih furnitur kayu yang tepat untuk melengkapi dan mempercantik rumah Anda. Ingatlah untuk mempertimbangkan jenis kayu, kualitas konstruksi, finishing dan pewarnaan, ukuran dan proporsi, serta harga dan nilai dalam setiap pembelian furniture kayu Anda. 

Bukan hanya menyediakan bahan premium, Courtina juga memberikan layanan pemasangan profesional, Courtina pun punya penawaran harga papan kayu yang kompetitif. Yuk, hubungi Courtina sekarang!

Baca Juga : »