Posted : 02 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Pernahkah Anda mendengar Istilah solid wood? Istilah ini sering digunakan pada dunia perkayuan. Lebih lanjut, solid wood turut dikenal sebagai kayu asli atau kayu padat. Karakteristik tipe kayu ini kokoh dan kuat, sehingga banyak dijadikan furnitur rumahan.

Benar saja furnitur berbahan solid wood mempunyai tingkat keawetan tinggi. Bahkan hingga bertahun-tahun, lho. Lantas, bagaimana proses pembuatan solid wood, ya? Utamanya yang punya standar tinggi. Jika butuh informasinya, yuk simak ulasan berikut!

Pemilihan Pohon dengan Kayu Berkualitas

Proses pembuatan solid wood dimulai dari pemilihan kayu yang berkualitas tinggi. Biasanya, kayu yang digunakan berasal dari pohon yang dikenal punya ketahanan baik. Selain itu, kayu juga harus punya sisi menarik. Adapun proses pilih memilih kayu ini terbilang cukup penting. Ini berguna untuk memastikan kualitas hasil akhir produk yang bukan harus kuat tetapi juga estetik.

Proses penebangan pohon

Setelah kayu dipilih, langkah berikutnya adalah melakukan penebangan pohon, yang tidak boleh asal. Proses penebangan pun harus sesuai spesifikasi pohon yang telah ditentukan sebelumnya. Ini bertujuan menghasilkan kualitas solid wood terbaik. Adapun proses penebangan pohon sendiri perlu kehati-hatian yang terbilang tinggi. Upaya tersebut untuk menghasilkan solid wood yang memiliki serat kuat.

Pengeringan Kayu

Setelah penebangan, kayu harus menjalani proses pengeringan. Pengeringan ini berguna buat mengurangi kadar air dalam kayu sehingga mampu mencapai tingkat kelembaban yang ideal. Pengeringan kayu pun memerlukan kehati-hatian sebagai pencegahan perubahan bentuk, retak, atau deformasi selama penggunaan nanti.

Pemotongan dan Pengerjaan Awal

Apabila kayu sudah kering, selanjutnya masuk ke tahapan pemotongan. Siklusnya, kayu yang telah kering lalu dipotong dan olah sesuai dimensi yang diinginkan. Adapun proses pemotongan ini melibatkan pemilihan bagian kayu yang paling sesuai, untuk hasilkan produk akhir kayu yang kuat dan indah maksimal. Permukaan kayu juga dapat dihaluskan atau diberi pola tertentu sesuai desain yang diinginkan agar lebih menarik..

Penggabungan dan Pembentukan

Solid wood umumnya terdiri dari beberapa bagian kayu yang kemudian digabungkan untuk membentuk hasil akhir. Proses ini disebut sebagai penggabungan. Pilihan metode penggabungan melibatkan teknik-teknik seperti finger jointing, mortise-and-tenon, atau bahkan teknologi modern seperti penggunaan lem khusus dan mesin CNC. Pembentukan selanjutnya dilakukan sesuai desain dan tujuan penggunaan produk solid wood tersebut.

Finishing dan Penyelesaian

Proses finishing adalah tahap terakhir dalam pembuatan solid wood. Ini melibatkan aplikasi lapisan pelindung seperti lapisan pelindung, minyak, atau cat untuk melindungi kayu dari kelembaban, noda, dan kerusakan lainnya. Tahap ini juga memberikan sentuhan akhir estetika pada produk, menonjolkan karakter dan keindahan alami kayu.

Pengujian Kualitas

Sebelum produk solid wood dikirim ke konsumen, langkah terakhir melibatkan pengujian kualitas. Produk diuji untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kekuatan, dimensi yang benar, dan tidak memiliki cacat yang dapat mempengaruhi kinerja atau penampilan. Pengujian ini memastikan bahwa solid wood yang dihasilkan memenuhi harapan pelanggan dan standar industri.

Proses pembuatan solid wood menghasilkan produk kayu yang unggul secara estetika dan fungsional. Dari pemilihan kayu hingga finishing, serta pengujian akhir, setiap langkah memainkan peran penting dalam menciptakan produk solid wood yang tahan lama dan mempesona. Nah, untuk informasi solid wood hingga harga kayu jati, Anda bisa klik WhatsApp Kami.

Baca Juga : »