Posted : 22 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Kebanyakan orang tentu familier dengan triplek, tapi bagaimana dengan plywood? Kedua  produk ini sama, ya. Lebih jelasnya, plywood atau triplek adalah material dari olahan kayu berupa lembaran tipis. Antar lembarannya lalu dilem, ditumpuk, dan dilakukan penekanan agar lebih rekat.

Plywood sendiri serbaguna sehingga banyak digunakan, contohnya pelapis meja kerja. Namun untuk menambah estetika, sebaiknya gunakan Courtina Panels. Ini adalah decorative plywood yang sudah tertempel veneer kayu asli. 

Pemasangannya terbilang mudah karena telah dilengkapi finishing special UV Coating yang memungkinkan diaplikasikan di semua bidang, termasuk meja kerja. Nah, buat pemasangan decorative plywood dari Courtina di meja kerja, silahkan simak langkah-langkah berikut, ya!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum dimulai, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pemasangan Courtina Panels pada meja kerja. Beberapa di antaranya seperti, Courtina Panels, meja kerja, cat, lap, cairan etanol, amplas 240#, amplas 400#, dan ampelas 900#, juga kuas. Ini harus diperhatikan agar tidak kerepotan nantinya.

2. Rekatkan Flexible Veneer Courtina Panels dan Meja Kerja dengan Adhesive Kayu

Proses pemasangan flexible veneer pada meja dilakukan dengan memakai adhesive kayu. Adhesive adalah lem kuat yang berguna untuk merekatkan meja dan flexible veneer. Sementara flexible veneer merupakan lembaran kayu tipis yang mudah disesuaikan dengan bentuk dan permukaan yang diinginkan

Ketika adhesive kayu dioleskan pada permukaan flexible veneer dan meja kerja, keduanya kemudian di press perlahan untuk memastikan perekatan yang tepat. Proses ini tidak hanya memberikan kekuatan struktural pada sambungan, tetapi juga menciptakan penggabungan sesuai antara flexible veneer dan meja kerja sehingga, menghasilkan hasil akhir yang kuat dan estetis.

3. Ampelas Bagian Potongan Panel

Untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan rapi pada bekas potongan panel, sebaiknya haluskan dengan menggunakan amplas 240# terlebih dahulu. Amplas dengan grit 240# membantu menghilangkan ketidakrataan dan memberikan permukaan yang lebih kasar.

Setelah tahap ini selesai, ulangi proses ampelas menggunakan amplas 400#. Amplas dengan grit 400# akan membantu menghaluskan panel dengan lebih baik.  Dengan mengulangi langkah ini, sudut potongan panel dapat diperhalus secara menyeluruh, hingga menciptakan hasil akhir halus juga estetis.

4. Cat Bagian Ujung Meja Kerja dengan Cat Kayu

Proses pengecatan pada bagian ujung flexible veneer memerlukan perhatian khusus agar hasilnya bagus. Pertama-tama, pastikan permukaan ujung veneer dalam kondisi bersih dan bebas debu. Lalu gunakan cat dengan kualitas baik yang sesuai dengan warna atau finishing yang diinginkan. 

Sebelum mengecat, aplikasikan primer atau sealant kayu untuk penyerapan cat yang merata dan meningkatkan daya tahan warna. Saat mengecat bagian ujung, pakailah kuas cat yang sesuai agar bisa presisi secara maksimal.

Setelah pengecatan selesai, biarkan cat mengering sepenuhnya untuk masuk ke tahap selanjutnya. Dengan memperhatikan detail proses pengecatan, hasil akhir pada meja kerja dengan flexible veneer akan awet dan tampak menawan.

5. Bersihkan Sisa Cat yang Tersisa

Agar hasil meja kerja Anda halus maksimal, coba gunakan amplas 900# untuk melembutkannya. Amplas dengan grit 900# membantu memberikan sentuhan akhir yang halus pada sudut serta menciptakan permukaan yang rapi. 

Lalu, jika Anda masih menemukan sisa cat di permukaan meja, sebaiknya bersihkan menggunakan etanol. Proses pengelapan dengan etanol membantu menghilangkan residu cat tanpa merusak struktur atau kelembutan yang dicapai dengan amplas. 

Sekarang paham, kan langkah pemasangan Courtina Panels pada meja kerja? Mudah pastinya cepat. Namun selain pada meja, Courtina Panels juga bisa diaplikasi pada benda lain, seperti kursi, lemari, atau pintu. Selain Courtina Panels, tersedia juga papan kayu atau vinyl yang pasti premium. Nah, jika juga tertarik mengetahui harga vinyl lantai dan harga papan kayu Courtina, yuk kontak sekarang di nomer ini!

Baca Juga : »