Posted : 18 Feb 2021
Category :
Baca Juga : «

Penggunaan jenis lantai vinyl kini menjadi tren di kalangan masyarakat. Kepopuleran lantai vinyl salah satunya dapat mengubah tampilan interior rumah menjadi lebih cantik tanpa perlu merombak lantai secara keseluruhan. Tidak hanya mudah dalam proses pemasangannya saja, lantai vinyl juga tersedia dengan berbagai motif cantik. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena banyak pilihan corak lantai vinyl yang tersedia di pasaran.

Motif yang menjadi buruan masyarakat biasanya lantai vinyl bercorak serat kayu karena dinilai dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih elegan berkat corak serat kayu yang terkesan nyata. Nah, jika Anda berniat untuk menggantikan tampilan lantai di rumah Anda dengan tampilan baru, lantai vinyl dapat dijadikan pilihan. Sebelum memutuskannya, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis lantai vinyl berikut ini!

Jenis-jenis Lantai Vinyl Terbaik 

Lantai stiker biasanya terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) atau lebih dikenal dengan sebutan lantai vinyl. Bahan PVC dinilai memiliki tekstur yang halus dan elastis yang membuat proses pemasangan menjadi lebih mudah. Selain lebih mudah dipasang, lantai vinyl juga memiliki kelebihan lain yaitu lebih awet dengan harga yang ekonomis. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis lantai vinyl atau stiker lantai kayu, berikut ini jenis-jenisnya:

1. Jenis Vinyl Plank

jenis lantai vinyl
Jenis lantai vinyl plank

Biasanya lantai vinyl plank dengan motif kayu dibuat dengan bentuk persegi panjang yang umumnya berukuran sekitar 10 hingga 20 cm untuk lebarnya dan sekitar 90 cm hingga 100 cm untuk panjangnya. Jika diperhatikan bentuk dari lantai vinyl plank motif kayu memiliki kesamaan dengan lantai kayu asli dari segi tampilannya. Namun jika diperhatikan lebih spesifik lantai vinyl plank memiliki ketebalan yang jauh lebih tipis dibandingkan dengan lantai kayu sungguhan, yaitu sekitar 2 mm hingga 3 mm saja.

2. Lantai Vinyl Roll

Lantai vinyl roll memiliki bentuk yang menyerupai namanya yaitu berbentuk gulungan. Umumnya lantai vinyl roll memiliki ukuran sekitar 2 meter untuk lebarnya dan 25 meter untuk panjangnya. Pada ketebalan lantai vinyl tersebut biasanya berkisar dari 0,5 mm hingga 2,2 mm, dengan ukuran ketebalan tersebut membuatnya terasa cukup lentur. Sehingga membuatnya tidak rusak dan pecah ketika digulung di bagian permukaannya. 

3. Lantai Vinyl Tile

jenis lantai vinyl
Menggunakan lantai vinyl tile

Jenis lantai vinyl tile memiliki dimensi yang menyerupai lantai keramik yang menyerupai bentuk persegi dengan ukuran berkisar mulai dari 30 cm hingga 50 cm. Serta memiliki ketebalan mulai dari 1,5 mm hingga 3 mm tergantung jenis merek yang dibeli. Pemasangannya juga sama seperti lantai vinyl yang lain yaitu dengan ditempelkan menggunakan lem khusus untuk lantai vinyl.

4. Jenis Vinyl Click

Untuk lantai vinyl yang satu ini agak berbeda dengan lantai vinyl lainnya dalam hal pemasangannya karena tidak membutuhkan lem untuk proses pemasangannya. Sehingga membuat lantai vinyl ini lebih mudah dipasang karena menggunakan sistem penguncian khusus yang diletakkan di pinggirannya. Lantai vinyl click biasanya berbentuk lembaran persegi panjang yang memiliki ketebalan sekitar 5 mm.

Itulah tadi beberapa jenis lantai vinyl yang dapat Anda gunakan untuk merombak tampilan lantai rumah menjadi lebih cantik. Penggunaan jenis lantai vinyl juga terbilang lebih hemat waktu dan uang. Jadi sangat sesuai untuk Anda dengan anggaran renovasi yang terbatas.

Baca Juga : »