Posted : 25 Jun 2021
Category :
Baca Juga : «

Beberapa waktu yang lain sempat viral sebuah kayu yang dikenal dengan nama bajakah disebut-sebut bisa mengobati penyakit kanker. Karena informasi ini, kayu bajakah yang berasal dari pulau Kalimantan ini banyak diburu oleh masyarakat, baik masyarakat dari Kalimantan atau luar Kalimantan. 

Meski informasi akan kayu ini sangat viral namun banyak yang belum tahu jika kayu ini memiliki banyak jenis. Dimana tidak semua jenis kayu ini bisa digunakan untuk mengobati kanker. Maka dari itu, supaya Anda tidak salah pilih sebaiknya harus mengenal jenis-jenis kayu ini. 

Apa Itu Kayu Bajakah?

kayu bajakah
Jenis kayu asal Kalimantan yang memiliki banyak manfaat

Kayu bajakah yang memiliki nama latin Spatholobus Littoralis Hassk merupakan salah satu jenis kayu yang sering ditemukan di pedalaman hutan kalimantan, terutama Kalimantan Tengah. Tanaman bajakah memiliki ciri-ciri berupa batang yang besar dan juga kokoh.

Akar dari tanaman ini bisa tumbuh menjadi sangat panjang dan akan merambat hingga lebih dari 5 meter. Dimana bagian akar inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. 

Akan tetapi, tidak hanya bagian akar kayu bajakah saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Melainkan seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan menjadi obat herbal. Banyaknya manfaat dari tanaman ini karena memiliki kandungan senyawa flavonoid, fenolik, tanon dan juga saponin. 

Jenis-Jenis Kayu Bajakah Beserta Ciri dan Karakteristiknya

kayu bajakah
Berbagai jenis kayu bajakah sekaligus karakternya

Supaya masyarakat tidak salah memilih jenis kayu bajakah yang bisa digunakan untuk mengobati kanker,  sebaiknya ketahui apa saja jenis-jenisnya berikut ini:

1. Bajakah Tampala

Bajakah tampala atau Spatholobus Littoralis Hassk menjadi salah satu jenis kayu bajakah. Jenis kayu ini sering digunakan oleh masyarakat yang tinggal di pedalaman Kalimantan Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bagian dari tanaman bajakah yang dimanfaat untuk mengobati berbagai penyakit adalah bagian batangnya. 

Batang tanaman bajakah tampala biasanya digunakan untuk proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan batang bajakah tersebut mengandung beberapa senyawa, seperti flavonoit, fenolik, tannin dan juga saponin. Dimana senyawa-senyawa tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan kolagen serta membentuk epitel baru.

2. Bajakah Kalawit 

Jenis kayu bajakah kalalawit atau Uncaria Gambir Roxb juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat tersebut bisa dirasakan berkat keberadaan kandungan phenol dan juga antibacterial. Selain itu, dalam kayu ini juga terdapat ekstrak gambir yang didalamnya terdapat katekin yang tinggi.

Perlu Anda ketahui jika kandungan katekin selama ini dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan (obesitas), membantu pembentukan kolagen dan berbagai manfaat lainnya. Senyawa catechin juga ditemukan dalam jenis kayu ini. Dimana senyawa tersebut berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. 

3. Bajakah Lamei 

Tanaman bajakah lamei biasanya tumbuh subur di hutan hujan tropis yang merupakan daerah lembab, seperti di Kalimantan. Jenis tanaman ini bisa ditemukan di pulau tersebut. Biasanya masyarakat Kalimantan, terutama Kalimantan Tengah sudah sangat familiar dengan jenis kayu bajakah lamei.

Masyarakat Kalimantan Tengah sering menampung cairan dari tanaman ini untuk diminum. Alasannya karena mereka percaya jika cairan yang ada di tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit diare.

Meski memiliki beberapa jenis, masing-masing jenis kayu bajakah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya untuk menyembuhkan kanker, tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati diare, menyembuhkan luka, mencegah penyakit jantung dan masih banyak lagi manfaatnya.

Nah itulah 3 jenis kayu bajakah beserta ciri dan karakteristiknya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda untuk mengenal lebih dekat mengenai kayu ini beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : »