Posted : 04 Mar 2024
Category :
Baca Juga : «

Ide dekorasi menghias dinding amat banyak jenisnya. Bukan hanya menambahkan lukisan, figura, atau stiker dinding, tapi juga memasang dinding kayu. Dekorasi semacam ini ternyata mampu menambah estetika dan membangun nuansa homey. Untuk itu, perawatan dinding kayu di rumah Anda kudu diperhatikan.

Sebetulnya, cara merawat dinding kayu terbilang mudah. Sayangnya, masih banyak yang belum paham. Apabila dibiarkan tanpa perawatan, bukan tidak mungkin dinding kayu cepat rusak, atau minimal warnanya pudar. Sungguh menjengkelkan, kan? Terlebih jika harganya lumayan. Untuk itu, yuk ketahui cara merawat dinding kayu agar awet dan tampak baru pada ulasan berikut!

Membersihkan Debu yang Menempel

Entah dibuka atau ditutup, potensi debu masuk rumah dan menempel pada dinding kayu tetap ada. Belum lagi sarang laba-laba yang turut ada di sana. Jika tidak segera dibersihkan, bukan tidak mungkin debunya membentuk noda yang sulit dihilangkan. Padahal, Anda dapat mengatasinya mudah dengan kemoceng atau alat penyedot debu. Lakukan secepatnya sebelum terlambat, ya!

Pastikan Permukaan Kayu Kering

cara merawat dinding kayu (pexels.com)

Kendati berada di dalam rumah, dinding kayu juga bisa lembab karena terkena air. Kemungkinannya banyak, bisa jadi karena atap bocor, AC bocor, atau tidak sengaja kecipratan air. Jika ini terjadi, segera lap permukaan kayu agar potensi dinding kayu lapuk atau berjamur tidak pernah ada. Akan lebih baik pakai lap microfiber, ya.

Rutinkan Pemolesan Dinding Kayu

Meskipun harus dalam keadaan kering, bukan berarti kelembaban dinding kayu tidak diperhatikan, ya! Dinding kayu yang terlalu kering juga bisa rapuh dan menampilkan warna tidak segar. Sebagai perawatan, lakukan pemolesan furniture polish secara merata, dan lap hingga kering secara searah. Ini bisa dipraktikkan seminggu sekali. Jangan malas, ya. Kualitas dinding kayu Anda juga bergantung pada perawatan.

Hindari Membuat Goresan

cara merawat dinding kayu (pexels.com)

Selain menjaga dinding kayu dari air, cara merawat dinding kayu agar awet lainnya adalah meminimalisir timbulnya goresan. Adapun goresan sendiri bisa terjadi karena banyak hal, seperti tidak sengaja menabrakkan benda tajam atau memaku dinding kayu untuk memasang figura. Untuk itu, sebaiknya hindari perilaku ini, tetapi apabila terpaksa melakukannya, lakukan perlahan agar tidak muncul goresan. Kalau tidak tertolong, segera cek harga papan kayu Courtina untuk melakukan penggantian.

Olesi Cairan Anti Rayap

Perawatan dinding kayu sudah oke, tetapi masih dimakan rayap? Pasti Anda belum mengolesinya dengan cairan anti rayap. Padahal perlakukannya tidak sulit. Cukup dioleskan pada permukaan dinding kayu, termasuk yang sudah dimakan rayap. Akan tetapi, tetap periksalah kekuatannya. Jika tampaknya sudah rapuh segera ganti dengan dinding kayu Courtina. Harga papan kayu di sana kompetitif banget!

Bersihkan Jamur yang Timbul

cara merawat dinding kayu (pexels.com)

Timbulnya jamu pada dinding kayu disebab karena banyak hal. Entah karena lembab atau jarang dibersihkan. Nah, bila dinding kayu rumah punya masalah sama, segera semprot desinfektan lalu lap. Namun, jika khawatir perlakukannya salah, segera hubungi Courtina. Ini ialah pihak yang melayani pemasangan papan kayu sekaligus penjualnya. Kalau tertarik dengan papan kayunya, cek harga papan kayu Courtina.

Lakukan Coating Bila Perlu

Berhubung jarang dioptimalkan, warna papan kayu juga bisa pudar. Untuk itu, segera lakukan coating. Sebagai informasi, coating ialah proses pelapisan cairan pelindung pada permukaan dinding, baik untuk perlindungan, estetika, isolasi termal, atau berbagai keperluan teknis lainnya. Perlakuannya sendiri tidak boleh asal. Sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional, seperti Courtina.

Terbilang mudah, kan cara merawat dinding kayu agar awet dan tampak baru seperti ulasan di atas? Anda tidak memerlukan perlakuan khusus, hanya perlu rutinitas saja. Namun bila ada perawatan yang memerlukan effort, segera hubungi Courtina. Kalaupun perlu melakukan pergantian, harga papan kayu Courtina pun kompetitif. Hubungi nomor ini sekarang untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut!

Baca Juga : »