Posted : 06 Mar 2024
Category :
Baca Juga : «
cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu (pexels.com)

Pada dasarnya, furnitur kayu tidak hanya punya tampilan menarik tapi juga perawatan yang mudah. Bisa jadi, Anda hanya perlu menyapunya dengan kemoceng untuk menghilangkan debu, atau mengelapnya jika terkena air. Namun perlu Anda ketahui, air ternyata juga dapat membentuk noda layaknya cap pada furnitur kayu, lho!

Sudah tentu, noda semacam ini sangat mengganggu estetika furnitur rumah Anda. Jika tidak tahu cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu dengan tepat, dan melakukannya secara asal, hasilnya pasti sia-sia. Untuk itu, yuk belajar atasi noda air pada furnitur kayu pada ulasan berikut!

Gunakan Minyak Zaitun atau Mayones

Noda bekas air pada furnitur kayu biasanya berwarna putih. Ada kalanya noda itu bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kasus noda bekas air pada furnitur Anda tidak kunjung hilang, cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun atau mayones pada area berwarna putih tersebut. Diamkan noda pengolesannya selama satu jam, lalu segera bersihkan. Menggunakan lap biasa pun tidak masalah, kok!

Oleskan Pasta Gigi Non Gel

cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu (pexels.com)

Cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu lainnya ialah dengan mengoleskan pasta gigi. Eits, ini tidak dilakukan langsung seperti pemakaian minyak zaitun atau mayones, ya. Akan tetapi, Anda perlu meletakkan pasta gigi terlebih dulu pada kain. Baru setelahnya, silakan gosokkan kain tersebut pada noda air pada furnitur kayu hingga hilang. Setelahnya, lap sisa pasta gigi dengan lap basah, lalu keringkan dengan lap lainnya.

Selain itu, Anda dapat menghilangkan noda air pada furnitur kayu dengan campuran pasat gigi non-gel dan baking soda, seperti melansir Real Simple. Adapun perlakuan ini sama. Gosokkan campuran tersebut pada noda bekas air, lalu keringkan dengan lap hingga bersih.

Memakai Setrika

Meskipun bisa juga dipraktikkan, tetapi cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu ini cukup krusial, sehingga Anda harus berhati-hati. Sebelum mempraktikannya pun, Anda perlu mengoleskan furnitir polish atau pembersih furnitur yang lemgut sebelum memberikan panas pada furnitur.

Langkah selanjutnya, letakkan lap basah pada noda bekas air tersebutm dan nyalakan setrika dengan panas rendah dengan uao. Lalu, gosokkan setrika ke arah depan dan belakang di atas basah guna mengilangkan noda. Jadi tidak langsung di atas furnitur kayunya, ya. Lakukan proses terrsebut sampai noda hilang.

Petrolium Jelly

cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu (pexels.com)

Bila stok petrolium jelly Anda di rumah masih ada, ini juga bisa dipakai untuk hilangkan noda bekas air pada furnitur. Praktiknya sendiri cukup simpel dan mudah. Anda cukup mengoleskan petrolium jelly tipis-tipis pada bekas noda air furnitur kayu, lalu diamkan semalaman, dan bersihkan di pagi hari.

Adapun cara kerja petrolium jelly adalah menembus permukaan kayu dan mengganti air yang terperangkan pada furnitur dengan minyak. Setelahnya, jangan lupa untuk dilap guna menghilangkan residunya.Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan noda air pada furnitur kayu di rumah Anda. Ini termasuk simpel daripada harus melakukan coating. Nah, jika masalah furnitur kayu Anda beres dan tertarik memercantik tampilan rumah dengan lantai kayu, pertimbangkan harga vinyl lantai Courtina penting dipertimbangkan.

Baca Juga : »