Posted : 24 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Perawatan tangga kayu tentu akan berbeda dengan tangga keramik yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tidak semua hal yang diterapkan pada lantai keramik bisa diterima tangga kayu. Alih-alih merawat, tangga kayu justru berpotensi rusak sehingga Anda harus mengganti dengan yang baru.

Pada dasarnya, cara merawat tangga kayu tidak rumit. Namun, Anda memang memerlukan pengetahuan khusus untuk ini. Nah, sebagai informasi cara merawat tangga kayu agar tetap indah dan awet, Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut. Dijamin mudah banget!

Lakukan Pembersihan Lantai Kayu yang Rutin

Rutin membersihkan tangga kayu dari debu, kotoran, dan partikel kecil lainnya sangat penting. Selain menjaga kilauannya tetap oke, ini turut menjaga kualitas lantai kayu dari potensi baret. 

Nah, sebagai tindakan eksekusi, coba gunakan sikat lembut atau sapu. Selain iti pastikan setiap anak tangga yang dibersihkan betul-betul bersih. Utama ya di bagian sudut yang cenderung sulit dijangkau.

Gunakan Kain Basah untuk Membersihkan Noda Membandel

Untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel, Anda bisa memanfaatkan kain basah atau lembab. Bila memungkinkan gunakan sabun pembersih khusus kayu yang sudah banyak dijual di pasaran. Pengaplikasiannya sendiri tidak terlalu rumit, tetapi Anda tetap perlu melakukannya perlahan. 

Untuk diketahui, pastikan Anda tidak membersihkan atau mengepel tangga kayu dengan lap yang benar-benar basah, cukup lembab saja. Selain itu, sebaiknya langsung keringkan tangga setelah dipel. Ini untuk menghindari penetrasi air yang berlebihan.

Aplikasikan Pelindung Kayu

Mengaplikasikan lapisan pelindung kayu secara berkala berpotensi membantu Anda dalam menjaga daya tahan dan keindahan tangga kayu. Untuk itu, sebaiknya pilih pelindung kayu yang sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Mengingat, setiap jenis kayu memiliki karakteristik tersendiri.

Lebih lanjut, hindari mengaplikasikan lapisan pelindung kayu secara asal. Pasalnya, ini berpotensi merusak lapisan serta tampilan tangga kayu Anda di rumah. Supaya lebih aman perhatikan dan lakukan instruksi penggunaan pelindung kayu yang tepat. Pastikan semuanya sesuai anjurannya, ya.

Gunakan Karpet atau Alas Pelindung

Tidak ada salahnya, lho meletakkan karpet atau alas pelindung di atas tangga kayu Anda di rumah. Utamanya bagian yang sering dilalui anggota rumah, seperti bagian tengah tangga atau area landing. 

Selain lebih aman, langkah ini turut menambah kesan dekoratif di rumah. Tampilan tangga pada rumah Anda pun makin eye catching. Cara ini pun turut melindungi tangga kayu dari aus atau goresan yang disebabkan oleh gesekan sepatu atau benda lainnya.

Kontrol Kelembaban Lingkungan

Guna menjaga keawetan dan kestabilan tangga kayu, pastikan Anda memerhatikan kelembaban di sekitar area. Pasalnya, perubahan kelembaban di suhu tertentu lama kelamaan dapat merubah kualitas kayu, tidak cuma tampilan tapi juga ketahanannya.

Sebagai langkah solusi, coba gunakan perangkat seperti dehumidifier atau humidifier yang berguna untuk menjaga kondisi kelembaban tangga kayu Anda. Jika tidak memilikinya, Anda dapat mengakalinya dengan kipas angin walau tidak akan seefektif dehumidifier.

Perawatan Rutin

Setiap beberapa tahun, pertimbangkan untuk melakukan perawatan lanjutan seperti pengamplasan untuk menghilangkan goresan kecil atau noda yang sulit dihilangkan. Setelah itu, aplikasikan ulang lapisan pelindung kayu untuk memastikan perlindungan maksimal.

Periksa tangga secara berkala untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan seperti retak atau perubahan bentuk. Perbaiki masalah segera sebelum menjadi lebih serius.

Merawat tangga kayu dengan menerapkan langkah-langkah di atas, sama halnya Anda mempertahankan kualitas tangganya. Dengan begitu, tangga kayu Anda akan tahan lama. Nah, jika kebetulan butuh rekomendasi tangga kayu atau harga papan kayu terbaik dan berkualitas, serahkan pada Courtina.

Baca Juga : »