Posted : 03 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Ada rencana makeover rumah? Bagian lantai jangan sampai dilewatkan, ya! Sebab, lantai yang cantik akan membuat nuansa rumah jadi lebih nyaman. Daripada harus memakai keramik yang sudah banyak dipakai orang, bagaimana kalau coba vinyl?

Jika belum familier, vinyl adalah serat sintetis yang biasanya bermotif kayu dan terbuat dari plastik. Cara pasang produk ini adalah ditempelkan pada permukaan lantai. Lantai vinyl sering ditemui di lantai rumah, kantor, hingga kafe. 

Sayang, tidak sedikit orang yang belum tahu cara pasangnya. Alhasil, lantai jadi tidak rapi dan menggembung. Nah, agar kasus ini tidak terjadi di rumahmu, yuk ikuti tahapan memasang vinyl yang mudah dan rapi berikut!

Hitung luas ruangan

Besar kecilnya ukuran ruang menentukan jumlah vinyl yang dibutuhkan. Tentu, akan berbeda kuantitasnya saat dipasang pada kamar dan ruang tamu. Untuk mengukur panjang dan lebar lantai, Anda bisa gunakan meteran. Dengan begitu, Anda akan tahu jumlah vinyl yang mesti dibeli. Jangan lupa dicatat agar tidak kelupaan, ya!

Pastikan lantai dalam kondisi baik

    Eits, sebelum membeli vinyl Anda harus memastikan kondisi lantai dalam keadaan baik. Seperti halnya tidak ditemukan lubang dan retakan. Jika ada, tambal agar vinyl lebih rapi. Pastikan pula celah antar keramik juga ditambal, ya. Selain itu, hindari memasang vinyl di lantai terlalu kering atau lembab lantaran bikin lemnya tidak rekat.

    Tentukan pola pemasangan agar lebih menarik

      Memasang vinyl sebetulnya tidak ada pola khusus. Sah-sah saja ditempel random. Namun, sebaiknya pikirkan pola tertentu agar menarik dan berbeda dari yang lain. Sebagai rekomendasi, coba pasang vinyl seperti proses pasang batu bata. Jika bingung, coba lihat referensi di internet atau gunakan jasa profesional Courtina.

      Lakukan pemasangan

        Ukuran ruang ada, lantai aman, vinyl pun tersedia, lanjut ke tahap memasang vinyl yang mudah dan rapi. Sebaiknya sapu lantai terlebih dulu agar tidak ada kerikil. Lalu, pasang vinyl perlahan sesuai pola yang dipilih agar muncul corak. Sediakan potongan keramik untuk memudahkan Anda merapikannya. Namun ingat, vinyl hanya bisa dipakai sekali. Jika bermasalah tentu Anda perlu ganti yang baru, lho!

        Rapikan lantai vinyl sesaat setelah dipasang

          Terakhir, Anda perlu finishing vinyl yang dipasang. Pastikan setiap detail vinyl terpasang rapi tanpa celah. Ratakan vinyl dengan menekan-nekan lantai agar lemnya rekat. Dengan begitu, vinyl akan tahan lama. Akan tetapi, ini tetap bergantung pada kualitas vinyl yang dipakai. Paling tidak, vinyl yang dipakai harus memiliki kualitas premium serta garansi satu tahun seperti yang diberikan Courtina.

          Nah, itulah tahapan memasang vinyl yang mudah dan rapi. Anda bisa mempraktekkannya pada lantai rumah, kantor, ataupun kamar kecil Anda. Namun ingat, vinyl hanya dapat sekali tempel dan perlu ganti baru jika bermasalah. Supaya tidak rugi dan hasilnya lebih rapi, gunakan vinyl sekaligus jasa pemasangan profesional Courtina. Motif vinyl-nya variatif, harga vinyl lantai Coutina pun bersaing.

          Hubungi disini untuk pemesanan dan kunsultasi lebih lanjut!

          Baca Juga : »