Posted : 13 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Pernahkah Anda mendengar istilah solid wood? Kata ini kerap digunakan di dunia arsitektur. Secara sederhana, solid wood merupakan kayu yang diolah secara langsung. Kayu jenis ini cukup disukai lantaran ketahanan dan keawetannya yang tinggi.

Solid wood atau yang juga disebut kayu solid memiliki sejumlah keunggulan. Contohnya ketahanan kayunya mencapai 15 tahun. Akan tetapi, hal ini turut ditentukan oleh perawatan serta cuaca. Selain itu, kayu solid pun memiliki ketahan tinggi terhadap air asal tidak terendam air selama berbulan-bulan. Maka tidak heran,, solid wood turut dijadikan furnitur rumahan. Terlebih pilihan warnanya beragam.

Di sisi lain, solid wood pun mempunyai sejumlah kekurangan. Sebut saja sinar matahari, suhu tinggi, serta tingkat kelembaban yang turut mempengaruhi kualitasnya. Agar lebih paham jenis solid wood premium untuk produk furnitur rumahan, simak uraian jenis solid wood berikut!

Kayu jati

Pertama dan yang paling familiar adalah kayu jati. Kayu jenis ini memiliki lapisan minyak yang mampu membuatnya tahan air. Menariknya lagi, kayu jati bisa bersinar  saat tersorot paparan sinar matahari. Sebagai informasi, kondisi ini memerlukan sedikit waktu agar kilauannya merata.

Keunggulan lain dari kayu solid jati adalah kelunakannya yang tinggi. Kondisi ini menjadikan kayu jati mudah diukir. Kendati demikian, serat pada kayu jati masih terbilang tebal sehingga tahan terhadap benturan. Tidak heran bila banyak tukang dan jasa mebel mematok mahal untuk solid wood satu ini.

Kayu sungkai

Solid wood kayu sungkai banyak digunakan untuk membuat perabot rumah tangga indoor. Sebut saja meja makan, lemari, dan juga dipan. Ini lantaran corak terang yang dimiliki kayu sungkai.

Terkait tampilan, kayu sungkai memiliki warna unik, berupa perpaduan warna kuning dan cokelat muda. Adapun perpaduan tersebut mampu memberi kesan segar dan cerah dalam ruangan. 

Lebih lanjut, kayu sungkai dapat diolah jadi veneer dengan warna serta motif yang ternyata diminati pelanggan. Namun ingat sekali lagi, kayu ini tidak cocok diletakkan di outdoor kecuali dengan perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Kayu bambu

Di Indonesia sendiri, bambu popular sebagai material furnitur. Baik yang diolah secara tradisional maupun modern. Harga papan kayu ini masih cukup terjangkau. Meskipun begitu, kekuatannya terbilang tinggi serta punya bobot ringan.

Keunggulan solid wood lainnya adalah mempunyai keelastisan tinggi dan ramah lingkungan. Jadi, tidak mengherankan bila banyak orang yang memanfaatkannya sebagai perabot. Namun di sisi lain, masih banyak orang yang mengeluhkan proses pengolahan solid bambu yang dirasa sulit. Terlebih bagian bambu yang terdapat sambungan detail, betul-betul rumit. Agar berhasil, Anda perlu menggunakan tenaga profesional. Setelah diproses, perabot kayu bambu harus dijauhkan dari tempat lembab. Selain itu, Anda harus rutin mengaplikasikan finishing pada permukaan kayu agar terhindar dari gangguan serangga maupun jamur.

Kayu Linggua

Solid wood premium untuk produk furnitur rumahan selanjutnya adalah kayu linggua. Kayu ini memiliki tekstur cenderung halus dengan sedikit sensasi kasar. Tekstur yang seperti ini membuatnya punya kekuatan dan ketahanan tinggi. Bobotnya pun ringan

Corak kayu linggua sendiri terbilang unik dengan perpaduan warna cokelat dan kuning khas. Selain itu, ada juga yang berwarna cokelat tua cenderung kemerahan yang justru membuatnya terkesan elegan. Alhasil harganya cukup mahal. Menariknya lagi, kayu linggua cukup mudah diolah dan mudah kering sehingga anti lapuk apalagi jamuran.

Sonokeling

Sonokeling merupakan solid wood eksotis lantaran corak kayu gelap dengan alur hitam. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang menyebut kayu ini sebagai rosewood-nya Indonesia. Solid wood sonokeling sendiri termasuk jenis kayu keras dan juga awet sehingga banyak disulap menjadi furnitur.

Adapun hasil olahan dari kayu sonokeling ini seperti alat rumah tangga, konstruksi, dan kusen. Mengingat kadar air rendah serta kandungan minyaknya yang tinggi, solid wood ini tahan rayap serta jamur yang bikin kayunya cepat membusuk.

Nah, jadi itulah beberapa solid wood yang banyak digunakan sebagai bahan furnitur. Selain kayu jati, kayu sungkai, kayu bambu, kayu linggua, dan kayu sonokeling, masih ada beberapa solid wood yang Courtina jadikan yang terbaik. Beberapa di antaranya adalah merbau, bengkirai, dan ulin.

Jika tertarik melakukan pemesan atau konsultasi terkait solid wood dan harga papan kayu, silakan hubungi Courtina. Kami memiliki produk serta penawaran terbaik untuk 5 orang tercepat setiap harinya!

Baca Juga : »