Posted : 01 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Coba perhatikan, lantai vinyl seakan telah menjadi pilihan populer di kalangan rumah modern. Bukan hanya soal estetika tapi juga kepraktisan penggunaan, yang turut jadi alasan pemilihannya.

Agar lantai vinyl tetap tahan lama dan kinclong, perawatan yang baik menjadi kunci. Untuk itu, Anda bisa terapkan lima cara merawat lantai vinyl Anda agar tetap awet, terapkan sebelum rusak, ya!

Sering dan Tepat Pembersihan

Membersihkan lantai secara rutin adalah langkah pertama dan terpenting dalam perawatan lantai vinyl. Gunakan sapu lembut atau vakum dengan nozzle lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Hindari penggunaan sapu dengan serat kasar atau memakai sikat yang bisa menyebabkan goresan pada permukaan vinyl. Selain itu, pastikan untuk menghapus noda atau cairan segera setelah terjadi untuk mencegah penetrasi dan kerusakan lebih lanjut.

Gunakan Sabun Pembersih yang Tepat

Memilih sabun pembersih untuk lantai vinyl terbilang krusial, lho. Mengingat, pembersih yang terlalu keras justru bisa merusak keindahan. Sebaiknya hindari menggunakan pembersih berbasis lilin ataupun minyak. Bahan yang demikian dapat meninggalkan residu dan mengurangi kilau alaminya.

Di sisi lain, Anda dapat menggunakan sabun pel yang bisa ditemukan di toko kelontong terdekat. Sabun tersebut sudah cukup baik untuk merawat dan menjaga kualitas lantai vinyl Anda.

Hindarkan Lantai dari Benda Tajam dan Berat

Sebetulnya lantai vinyl dapat tahan terhadap goresan. Akan tetapi, itu bukan alasan untuk meremehkan benda tajam atau berat. Jadi, Anda tetaplah harus berhati-hati. Contohnya saat meletakkan furnitur, mengingat ada yang bagian kakinya tajam. Jika terkena lantai vinyl, potensi kerusakannya besar seiring berjalannya waktu.

Lindungi dari Panas Langsung

Kualitas vinyl bisa terpengaruh oleh sensasi panas yang berlebihan, terutama dari sinar matahari langsung. Sebagai langkah antisipasi, gunakan tirai atau penutup jendela untuk mengurangi paparannya. Ini berguna untuk mencegah perubahan warna pada lantai vinyl, hingga potensi keretakan.

Gunakan Karpet di Area Berisiko Tinggi

Secara umum, ada bagian rumah yang rentan pada kelembaban atau risiko tumpahan cairan. Contohnya seperti area pintu masuk dan dapur. Agar lantai vinyl tidak bermasalah lantaran ketumpahan air, sebaiknya cegah dengan menggunakan karpet. Bukan hanya dari air, karpet juga melindungi lantai vinyl dari potensi goresan atau aus.

Merawat lantai vinyl dengan baik adalah investasi jangka panjang merawat keindahan rumah. Terapkan perawatan ini sebelum ada kerusakan pada lantai vinyl kesayangan. Namun, jika butuh layanan perawatan atau referensi tempat jual vinyl dengan harga vinyl lantai yang miring, kontak Courtina, ya!

Baca Juga : »