Posted : 11 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Decking kayu adalah pilihan yang populer untuk menciptakan area outdoor yang indah dan berfungsi. Memasang decking kayu sendiri dapat menjadi proyek yang bermanfaat, memberikan sentuhan pribadi pada ruang luar rumah Anda. 

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan decking kayu sebagai pendukung keestikan ruangan outdoor, tentu Anda harus tahu cara pasangnya. Adapun lima langkah praktis untuk memasang decking kayu dengan praktis adalah sebagai berikut.

Perencanaan dan Pengukuran yang Teliti

Sebelum memulai pemasangan decking kayu, perencanaan teliti dan pengukuran yang akurat sangat penting. Tentukan ukuran dan bentuk area decking yang diinginkan. Pertimbangkan juga aspek drainase dan ventilasi untuk mencegah akumulasi air dan mengurangi risiko pengembunan di bawah decking. Pastikan untuk mengukur dan merencanakan sebelum membeli bahan decking.

Pemilihan Bahan dan Jenis Kayu

Pilih bahan dan jenis kayu decking yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Kayu yang umum digunakan untuk decking termasuk cedar, meranti, atau jati. Pastikan bahwa kayu yang Anda pilih telah diawetkan dengan baik atau tahan terhadap elemen-elemen alam seperti hujan, sinar matahari, dan serangga.

Pemasangan Struktur Pendukung

Langkah selanjutnya adalah memasang struktur pendukung atau kerangka untuk decking. Gunakan balok kayu tebal sebagai dasar dan pasang tiang-tiang penyangga pada interval yang sesuai. Pastikan struktur pendukung terletak pada permukaan yang rata dan sejajar.

Pemasangan Decking Kayu

Setelah struktur pendukung terpasang dengan baik, saatnya memasang decking kayu. Mulailah dari satu ujung dan lanjutkan ke arah yang berlawanan. Pastikan untuk memberikan celah kecil antara setiap papan decking untuk ventilasi dan pengembangan alami kayu. Gunakan sekrup khusus untuk decking untuk memastikan pemasangan yang kuat dan tahan lama.

Penyelesaian dan Perawatan

Setelah seluruh decking terpasang, lakukan penyelesaian dengan merawat permukaan kayu. Anda dapat menggunakan minyak kayu atau sealer khusus untuk melindungi dan mempertahankan keindahan kayu. Perawatan rutin termasuk pembersihan berkala, pengecatan ulang, atau penggantian papan decking yang rusak juga boleh dilakukan, ya.

Pemasangan decking kayu dapat menjadi proyek yang memuaskan dan memberikan nilai tambah pada ruang outdoor Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan detail, Anda dapat menciptakan decking kayu yang estetis dan tahan lama. 

Namun agar lebih aman, Anda bisa menggunakan layanan pemasangan decking dari Courtina. Sudah dipastikan anti gagal dan bergaransi, lho. Jika sedang mencari informasi harga lantai vinyl, harga papan kayu, atau harga lantai kayu pun sebaiknya kepada Courtina juga.

Baca Juga : »