Posted : 07 Feb 2024
Category :
Baca Juga : «

Dibanding furnitur alumunium atau plastik, furnitur kayu dapat memberikan sentuhan alami serta kehangatan di rumah. Untuk mempertahankan keindahan dan ketahanannya, maka Anda perlu melakukan perawatan terbaik secara rutin.

Perawatan furnitur kayu di rumah pun tidaklah rumit. Terdapat cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan. Nah, berikut adalah lima cara sederhana merawat furnitur di rumah yang efektif. Mudah dan simpel banget, lho!

Bersihkan Furnitur Kayu secara Rutin dengan Lembut

Membersihkan furnitur kayu secara rutin adalah langkah awal dan penting dalam upaya merawat furnitur kayu di rumah. Buat mempraktikannya, silakan gunakan kain lembut atau mikrofiber untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan furnitur. 

Lebih lanjut, hindari penggunaan kain kasar atau sikat yang dapat menyebabkan goresan. Pembersihan furnitur kayu yang rutin bisa bantu mencegah penumpukan debu dan mempertahankan kilau alami kayu.

Mengaplikasikan Pelembab Kayu

Anda perlu tahu, kayu memerlukan kelembaban ekstra untuk mewujudkan tampilan berkilau serta keawetan. Untuk mempraktikkannya, gunakan pelembab kayu secara teratur. Langkah ini dapat mencegah kayu menjadi kering atau pecah. Pelembab kayu diaplikasikan dengan kain lembut atau spons guna bantu mempertahankan integritas serat kayu.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak furnitur kayu dengan memudarkan warnanya. Maka dari itu, tempatkan furnitur kayu di tempat yang tidak langsung kena sinar matahari. Jika tidak, pasang tirai atau gorden pada jendela agar cahaya dapat tertahan. Langkah ini tidak hanya melindungi furnitur dari kerusakan akibat sinar UV tetapi juga mempertahankan warna aslinya.

Pemakaian Coaster dan Alas Pelindung

Untuk mencegah goresan dan noda pada permukaan furnitur kayu, sebaiknya pakai coaster atau alas pelindung ketika menaruh gelas, cangkir, juga barang-barang lainnya. Benda-benda yang memiliki permukaan kasar dapat meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan. Alas pelindung melindungi furnitur dari kerusakan sehari-hari dan mempertahankan penampilan estetisnya.

Merawat furnitur kayu bukan hanya tentang estetika tetapi juga tentang keawetannya. Dengan menjalankan langkah-langkah perawatan ini, Anda dapat memastikan bahwa furnitur kayu di rumah tetap indah dan berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun mendatang. Hubungi kami sekarang dengan klik WhatsApp untuk mengetahui harga papan kayu kebutuhan furniture Anda.

Baca Juga : »